• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • 8 Cara Hemat Pulsa Saat Liburan Lebaran di Luar Negeri

8 Cara Hemat Pulsa Saat Liburan Lebaran di Luar Negeri

Liburan di luar negeri bisa bikin pulsa handphone kita cepet banget abisnya, tapi ada lho cara hemat pulsa yang bisa kamu tiru.

Banyak orang yang merayakan lebaran di luar negeri. Ada yang umrah, ada pula yang jalan-jalan ke Eropa. Meski berada di luar negeri, saling mengucapkan Lebaran kepada sanak saudara dan sahabat jangan ditinggalkan. Di antaranya dengan pesan melalui ponselmu. Lantas bagaimana cara hemat pulsa di luar negeri?

Unduh Peta dan Petunjuk Perjalanan


via GIPHY

Sebelum pergi, kamu perlu bikin riset kecil tentang negara yang bakal dikunjungi. Lalu kamu bisa mengunduh peta dan petunjuk perjalanan di smartphone agar bisa digunakan offline ketika tiba di tempat tujuan. Kamu juga bisa melakukan hal serupa untuk hiburan selama perjalanan. Unduh hiburan yang kamu butuhkan selama pelesiran seperti musik ataupun video.

Cek Pengaturan Smartphone

via GIPHY
Beberapa aplikasi di smartphone terus mengunduh data yang bisa menelan biaya saat di luar negeri, meski kamu tidak aktif memakainya. Cara terbaik untuk menghindari hal tersebut terjadi adalah mematikan ‘data roaming’ dalam pengaturan smartphone-mu. Tanyakan operator telepon untuk mengetahui cara mematikan data roaming jika kamu kesulitan.

Baca juga: Selain Berburu Tiket Murah, Ini 7 Cara Biar Jalan-jalan Bisa Lebih Hemat

Cari Wi-Fi


via GIPHY

Mengakses internet lewat jaringan 3G atau 4G di ponselmu akan menyedot pulsa. Tetapi jika kamu menggunakan wi-fi di tempat tujuanmu, pulsamu tidak akan tersedot. Karena itu, sebaiknya mencari tempat yang memiliki akses wi-fi gratis.

Beli Paket Data Internasional via Provider


via GIPHY

Paket ini biasanya disebut “add-ons” atau juga paket roaming internasional. Dengan membeli paket data internasional, kamu bisa menggunakan internet tanpa harus mencari Wi-Fi gratis di negara tujuanmu.

Beli Kartu SIM Pra-Bayar di Negara Tujuan


via GIPHY

Kamu bisa membeli kartu SIM pra-bayar yang menawarkan paket data di luar negeri. Jika kamu memutuskan untuk membeli kartu SIM pra-bayar saat berplesiran ke luar negeri, smartphone-mu harus “world-compatible”. Kalau ponselmu belum “world-compatible”, tidak ada salahnya kamu membeli smartphone yang world-compatible. MatahariMall.com kebetulan ada promo Beli HP Gratis Pulsa pada 13-19 Juni ini. Jadi, selain punya HP yang bisa dibawa ke luar negeri, kamu juga dapat pulsa gratis.

Gunakan Mobile Site


via GIPHY

Sejumlah situs-situs populer memiliki versi mobil yang dirancang untuk smartphone. Situs versi mobile tersebut biasanya tidak memakan banyak data ketimbang versi web standar. Jika situs-situs favoritmu punya versi mobile, pakailah untuk meminimalisasi penggunaan data.

Baca juga: Ini Cara Menyiasati Lemotnya Paket Data di Jakarta

Jangan Buka Attachments

via GIPHY

Menggunggah attachments dari email bisa menguras penggunaan data di ponselmu. Kecuali attachments tersebut penting, kamu sebaiknya tidak mengunggahnya.

Matikan Push Notification


via GIPHY

Jika ponselmu mengirim pesan pemberitahuan setiap kali ada email masuk, itu akan menyedot data. Karena itu, disarankan untuk mematikan push notification. Jika memakai iPhone, kamu bisa melakukannya dengan Settings > Mail, Contacts, Calendars > Fetch New Data. Kalau kamu menggunakan Android, kamu bisa mematikannya lewat Settings > Accounts & Synch.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza