7 Trik agar Kamu Jago Foto Underwater

Tertarik pengin coba foto underwater? Intip trik suksesnya!

Foto-foto waktu liburan memang wajib hukumnya. Apalagi kalau kamu liburan ke daerah pantai, pemandangan berupa langit yang cerah dan air yang jernih adalah objek foto yang bisa mengundang banyak likes di instagram kamu.

Kalau ingin liburan kamu ini terlihat makin seru dan instagram kamu makin keren, kamu harus coba yang namanya foto underwater. Kehadrian si action cam kayak GoPro dan Xiaomi Yi yang bisa kamu pakai di dalam air ini turut berkontribusi foto underwater makin banyak kelihatan di Instagram. Beda dengan jenis foto lainnya, untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

A photo posted by @gospotasia on

Pakai Underwater Case

Belum banyak kamera yang bisa kamu gunakan langsung di dalam air–tapi ada smartphone bisa tahan air sampai kedalaman 1 meter sih. Kebanyakan kamu harus menggunakan case underwater untuk melindungi kamera kamu dari air. Layaknya barang elektronik lain, kamera kamu sangat sensitif dengan air. Terlebih air pantai karena garam yang terkandung di dalamnya bisa merusak kamera kamu. Pastikan underwater case yang kamu punya nggak bocor dan bisa melindungi kamu dari air. Coba dulu di rumah sebelum dicemplungin ke pantai.

Awas Kabut!

Hal yang perlu kamu perhatikan saat mengambil foto di dalam air adalah kabut. Karena nggak ada udara di dalam underwatercase kamera kamu, perbedaan suhu antara kamera dan air bisa menyebabkan kabut (fog). Kalau kamu nggak perhatikan ini baik-baik, bisa jadi semua foto underwater yang kamu ambil blur semua. Nggak mau, kan, foto yang kamu jepret nggak ada yang bisa kamu sombongin di Instagram? Biasanya ada anti fog lagi yang perlu kamu masukkan di underwater case yang kamu punya.

Jangan Terlalu Dalam

Foto sangat bergantung kepada cahaya. Dalam kasus foto underwater, kamu harus perhatikan baik-baik jumlah cahaya yang tersedia di dalam air. Semakin dalam kamu menyelam di dalam air semakin sedikit cahaya yang tersedia. Untuk menyiasatinya, ambil foto underwater kamu nggak terlalu jauh dari permukaan air dan sebisa mungkin kamu berada dekat dengan objek foto kamu. Kalau masih di kolam, renang aja sih, amanlah.  

A photo posted by Muhammad Ahya (@ahyaa__) on

Menghadap Matahari

Tahu kan istilah backlight? Backlight itu adalah foto yang kamu ambil saat objek yang kamu foto berada tepat di depan sumber cahaya. Dalam foto biasanya kamu selalu menghindari foto backlight, tapi saat mengambil foto underwater hasilnya akan lebih bagus kalau objek kamu menghadap matahari.

Baca Juga: Buat yang Nggak Suka Foto Backlight, Kami Punya Triknya!

A photo posted by Reza Arianda (@rezaarianda) on

Hindari Arus yang Besar

Arus yang tenang adalah spot foto underwater terbaik. Makanya foto di kolam renang biasanya akan lebih sering suksesnya dibanding foto di lautan lepas. Jika arus besar, jangankan untuk foto, untuk kamu bisa pose keren pun pasti akan sulit. Nggak cuma itu, arus yang terlalu kencang bikin besar kemungkinan foto yang kamu ambil jadi blur. Duh, blur lagi, blur lagi.

A photo posted by Sub Water Gadget (@swgdome) on

Seting Kamera yang Pas

Yang ini berlaku buat foto pakai kamera mirrorless atau DSLR, bukan kamera smartphone biasa. Saat kamu akan mengambil foto underwater pastikan setting kamera kamu sudah pas. Mulai dari shutter speed, ISO, dan f-numbernya. Kalau ingin foto undewater kamu keren, gunakan ISO dan shutter speed yang tinggi. Dengan setingan kamera yang pas, kecil kemungkinannya kalau foto kamu blur atau gagal.

Baca Juga: Ini Smartphone yang Punya Kualitas Kamera Paling Oke!

Terus Latihan!

Practice makes perfect! Nggak masalah foto underwater-mu gagal terus nggak ada yang oke buat di-upload di Instagram. Tapi kalau nggak salah, nggak akan belajar. Sebelum kamu pergi ke pantai untuk ambil foto underwater, kamu bisa latihan banyak di kolam renang. Latihan untuk membiasakan diri mengambil foto di dalam air sambil mengenal karakter kamera kamu. Jadi waktu kamu liburan, kamu sudah lumayan jago untuk bisa ambil foto underwater keren!

Foto underwater yang keren bakalan jadi magnet yang kuat untuk menarik likes di Instagram kamu–termasuk menarik perhatian gebetan. Selamat liburan!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza