7 Tips Liburan Murah Ke Jepang Tanpa Nguras Tabungan​

Siapa bilang liburan ke Jepang itu super mahal? Kamu juga bisa kok liburan murah ke Jepang tanpa nguras semua duit yang ada di tabungan kamu.

Iri liat temen-temen kamu udah pada liburan ke Jepang? Kalo mereka aja bisa pergi ke sana, kamu pasti juga bisa. Sekarang Jepang udah jadi negara tujuan para traveler backpacker karena udah banyak penerbangan low cost yang terbang ke Jepang. Ditambah banyaknya promo tiket murah dari berbagai maskapai penerbangan dengan tujuan ke Tokyo atau Osaka, kamu bisa kok liburan murah ke Jepang.

Nah, bagaimana dengan akomodasi selama di Jepang? Jangan khawatir, pemerintah Jepang saat ini sepertinya pengen manjain para turis yang dateng ke negaranya dan sekalian pengen ngubah mind set orang kalo Jepang itu super mahal. Banyak banget tempat-tempat wisata gratis yang bisa kamu kunjungi, transportasi murah khusus wisatawan, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa bikin strategi cerdas buat ngirit pengeluaran kamu selama liburan di Jepang. Caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Berburu tiket penerbangan murah

airplane-926744_1280

Ini adalah hal wajib yang perlu kamu lakuin. Kamu bisa ikutan promo berburu tiket murah dari maskapai seperti AirAsia. Bahkan kadang AirAsia ngasih tiket gratis dimomen-momen tertentu. Ini udah pasti bakal ngurangin beban biaya perjalanan kamu ke Jepang. Dengan kursi Gratis, kadang kamu cuma perlu bayar pajak dan bahan bakar yang nilainya kurang dari Rp2,5juta untuk pulang/pergi. Selain itu, berburu tiket di musim Travel Fair juga bisa jadi pilihan terbaik. Kamu juga perlu menghindari tanggal-tanggal “keramat” seperti hari libur nasional di Jepang, musim Sakura (kecuali kamu beruntung dapet promo kursi murah), dan liburan musim panas. Waktu terbaik buat dapet harga yang murah adalah di musim gugur sampai awal musim dingin, yaitu bulan Oktober dan November. Pada bulan ini, kurang banyak diminati wisatawan, padahal Jepang lagi indah-indahnya. Pepohonan di awal musim gugur bakal keliatan warna warni, dari merah, jingga, kuning sampai cokelat.

Baca juga: Sebelum kamu pergi liburan, baca dulu 5 hal berikut!

2. Hostel masih lebih murah

kimono-1986491_1280

Untuk penginapan, mungkin banyak yang bilang kalo hotel kapsul adalah tempat nginep yang murah. Memang, kalo dibandingkan hotel konvensional, hotel kapsul bisa dibilang lebih murah. Tapi, hostel sebenernya lebih murah lagi. Saat ini, kebanyakan traveler backpacker nganggep kalo hotel kapsul adalah salah satu pengalaman yang wajib dicoba. Karena itulah banyak hotel kapsul yang harganya udah nggak bersahabat lagi. Nah, hostel justru bisa jauh lebih murah. Bahkan biasanya hostel punya banyak program yang seru buat para backpackers, seperti barbeque night, gathering night, dan banyak lagi yang bikin suasana kebersamaan antar traveler jadi lebih kekeluargaan. Beberapa grup hostel yang tekenal murah di Jepang yaitu Khaosan (Tokyo, Osaka, Kyoto, Hokkaido), J-Hoppers (Kyoto, Osaka, Hiroshima), dan K’s House (Tokyo, Kyoto, Hiroshima, Gunung Fuji). Semalam, kamu bisa dapat harga sekitar Rp200ribuan.

Baca juga: 5 Trik buat dapetin harga hotel termurah.

3. Manfaatin tiket terusan

train-1692379_1280

Jangan pernah naik taksi di Jepang, kalo kamu nggak pengen duit kamu terkuras. Di Jepang, sistem transportasi umum udah bagus banget. Semua terintegrasi, dari mulai kereta JR (seperti Commuter Line di Jakarta), Subway (MRT), bus, bahkan Waterway, dengan jadwal keberangkatan yang tepat waktu banget. Di Jepang, banyak jenis tiket terusan yang bisa kamu beli, dan tiket terusan ini sebaiknya kamu beli sesuai kebutuhan rute kamu. Kalau dalam sehari kamu mau keliling kota dengan make lintas jenis transportasi, kamu mending beli Tokyo One-Day Free Ticket. Tapi kalo semua tujuan kamu bisa ditempuh pake subway, mending beli Tokyo Subway Ticket yang jauh lebih murah. Kalo nggak pengen ribet, ada tiket isi ulang lintas transportasi, namanya Pasmo dan Suica. Kamu bisa isi ulang kalo nilainya sudah mau habis.

4. Makan di convenience store

gunpowder-2160055_1280

Di Jepang, bukan hal yang aneh kalo kamu makan di convenience store. Banyak yang beli makanan di Seven Eleven atau Lawson buat di makan di tempat atau di bawa. Makanan di sini jauh lebih murah dan gak kalah ngenyangin. Kalo di-kurs ke rupiah, kamu bisa makan set sushi dengan harga nggak sampe Rp20ribuan, atau makan bento (nasi kotak Jepang) dengan harga Rp40ribuan. Nggak jauh beda sama di sini kan? Dijamin kenyang kok!

5. Gunakan bus antar-kota

bus-708743_1280

Sayang banget kalo jauh-jauh ke Jepang, kamu cuma berkunjung ke Tokyo. Manfaatin liburan kamu buat berkunjung ke kota-kota lain di Jepang yang gak kalah kerennya. Seperti Osaka, Kyoto, Kobe, dan masih banyak lagi. Untuk mencapai kota lain, lupakan naik kereta. Karena Shinkansen di Jepang harganya mahal banget. Ada cara lebih cerdas, yaitu naik Bus malam. Tenang, hapus bayangan kamu tentang bus malam di Indonesia yang bau dan sering ugal-ugalan. Bus ini bersih dan nyaman. Terlebih lagi, karena bus ini berangkat malam, kamu bisa ngirit tempat nginep, karena kamu bakal bermalam di bus dan sampai di kota tujuan pagi harinya. Bus malam murah yang bisa kamu pesan adalah Willer Express. Untuk dapetin tiketnya, kamu perlu memesan 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan, biar nggak kehabisan.

6. Beli Japan Rail Pass buat yang pengen berpetualang

taiwan-kotetsu-2003550_1280

Kalo kamu berniat menjelajahi Jepang dari ujung ke ujung, cara terdah da termurah adalah membeli Japan Rail Pass atau JR Pass. JR Pass ini bisa dipakai buat naik kereta JR, dari kereta dalam kota, sampai kereta luar kota yang super cepet alias Shinkansen, sepuasnya! JR Pass seharga Rp 3 jutaan ini nggak boleh dipakai sama orang Jepang, karena dikhususkan buat turis dari luar Jepang. Oya, biar kamu nggak ketinggalan kereta atau transportasi lainnya, sebaiknya kamu rajin cek jadwalnya di hyperdia.com. Jadwal ini akurat banget. Jadi jangan harap kamu bisa naik kereta, bus atau boat kalo kelewatan beberapa detik aja.

7. Sewa Wi-Fi sebelum berangkat

mobile-1317504_1280

Daripada kamu sewa handphone atau wifi di sana, lebih irit dan praktis kalo kamu sewa wifi dari Indonesia. Ketika sampe sana, wifi bisa kamu gunain rame-rame alias sharing sama temen-temen kamu. Jadi bakal lebih murah pengeluarannya, dari pada satu per satu sewa wi-fi atau beli sim card sendiri. Beberapa tour di Indonesia nyediain jasa penyewaan wifi, seperti H.I.S Travel, yang emang berasal dari Jepang.

Gimana guys? Udah nggak sabar pengen buru-buru ke Jepang kan? Dijamin bakal jadi pengalaman yang nggak bakal kamu lupain seumur hidup.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza