7 Tempat Mancing Paling Disukai di Indonesia

Kalo kamu memang hobi mancing, kayaknya nggak sah kalo kamu belum nyobain mancing di salah satu dari 7 tempat mancing berikut ini.

Indonesia emang kaya sama keanekaragaman ikan di laut. Nggak heran kalo ada ribuan spot mancing di bumi nusantara ini. Buat kamu yang hobi mancing, laut pasti jadi tempat yang paling seru buat ngelempar kail. Adrenalin kamu bakal terpacu saat kail kamu berhasil dilahap ikan. Bagi para angler alias pemancing yang memakai joran, senar, reel dan umpan, sensasi yang dirasain ketika berhasil menangkap ikan paling besar atau paling banyak, adalah hal yang nggak bakal bisa dilupain.

Tapi, lautan adalah tempat yang sangat luas. Nggak setiap area kamu bisa nemuin banyak ikan untuk dipancing. Apalagi kalo kamu nyari ikan yang lebih spesifik, atau yang berukuran besar. Nah, 7 spot berikut ini adalah lokasi yang paling banyak digemari para angler buat mancing. Nggak hanya karena banyak terdapat ikan dan jaminan kamu bisa strike ikan, tapi lokasi ini juga nawarin petualangan yang mengasyikkan dengan latar belakang keindahan alam Indonesia yang luar biasa. Kalo kamu bener-bener angler sejati, cobain deh salah satu spot ini.

1. Perairan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Untuk menuju spot ini, udah jadi petualangan tersendiri buat para angler. Lokasinya cukup jauh dari pelabuhan Muaro, Padang. Infrastruktur di kepulauan Mentawai bisa dibilang masih belum lengkap. Kamu perlu nyewa kapal nelayan buat bisa sampai ke tengah laut. Dan kadang angin di lokasi ini bisa berembus kencang yang kadang bikin nelayan kesulitan. Tapi, begitu kamu sampai di spot ini, adrenalin kamu bakal mengalir deras. Karena di perairan ini dipenuhi banyak ikan-ikan predator seperti Barrakuda dan Giant Trevally alias ikan Kuwe. Rata-rata ikan di lokasi ini berukuran sedang ke besar. Kamu bakal puas setiap kali strike ikan di sini.

2. Perairan Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

A post shared by sophieklok (@sophieklok) on

Di kepulauan ini memang sangat terkenal dengan spot menyelamnya. Banyak turis lokal hingga mancanegara yang berkunjung ke sini buat nikmatin keindahan biota laut karena di sini kamu bisa menyelam atau snorkeling sambil liat beranekaragam ikan di perairan yang jernih dan pasir putih yang indah. Begitu kayanya spot ini akan ikan-ikannya, nggak heran kalau lambat laun tempat ini jadi salah satu lokasi favorit untuk memancing. Sayangnya, fasilitas mancing di sini masih belum memadai. Padahal, banyak angler yang berkunjung ke sini untuk memancing ikan Tenggiri, Giant Trevally, Kakap hingga Tuna dalam ukuran yang lumayan besar.

Baca juga: Baru Hobi Mancing? Ini 7 Alat Pancing Yang Wajib Kamu Punya!

3. Perairan di Sekitar Pulau Weh, Aceh

A post shared by Sharifah Aljunied (@shhhari) on

Pulau yang terletak di Sabang, bagian paling barat dari Indonesia ini memang terkenal dengan wisata baharinya. Di sini, terdapat banyak gugusan karang, jadi nggak heran kalau ada banyak jenis ikan yang bisa kamu temui di perairan di sekitar pulau Weh. Mulai dari ikan Kerapu, Giant Trevally, Tuna, bisa kamu pancing di sini. Saking banyaknya, nggak heran kalo para pemancing pro sering berkunjung ke spot ini. Keseruan mancing dan indahnya alam dan laut di sekitar kamu bakal jadi pengalaman tersendiri. Walau fasilitas yang ditawarin untuk para pemancing belum begitu memadai, kamu nggak nyesel deh sedikit ‘berjuang’ buat sampai ke lokasi ini.

4. Perairan di Sekitar FakFak hingga Kaimana, Papua Barat

A post shared by Op_37 (@andialfian.op37) on

Lokasi ini adalah surganya para angler atau pemancing. Karena dengan sarana dan infrastruktur yang tersedia di FakFak, kamu bisa leluasa untuk memancing tanpa kesulitan apa pun. Ada banyak kapal yang disewakan dengan anak buah kapal yang berpengalaman. Selain itu resor yang nyaman untuk penginapan juga sudah banyak tersedia. Nggak hanya itu, di spot ini, kedalaman lautnya mencapai 1000 meter dan merupakan rumah buat Giant Trevally dan Tuna. Bayangin, ada ribuan Tuna yang beratnya nyaris 100kg ada di spot ini! Kalo kamu berencana buat berkunjung ke lokasi ini, para pemancing menyarankan untuk dateng di bulan November. Karena saat itulah kamu bisa panen ikan.

5. Laut Banda, Maluku

A post shared by Jef Stevens (@jefstevens87) on

Buat kamu yang pengen mancing ikan berukuran jumbo, spot ini adalah tempat yang paling tepat! Dengan kedalaman laut yang mencapai 5000 meter, ombak yang besar dan angin yang selalu berubah, udah dipastiin tempat ini dihuni sama ikan-ikan raksasa. Kalau kamu nyewa kapan tradisional nelayan, kamu bakal di ajak ke zona drop-off di mana tempat ikan-ikan besar itu menanti. Nggak heran kalo banyak pemancing profesional yang bela-belain mancing ke sini. Walau infrastruktur di lokasi ini masih belum sempurna, tapi kapal-kapal nelayan banyak yang tersedia buat kamu sewa.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Baru Buat Solo Traveling

6. Perairan di Sekitar Pelabuhan Ratu, Malimping hingga Ujung Kulon, Jawa Barat

A post shared by Ryan Juardi (@ryanjuardi) on

Kalo kamu nggak pengen traveling jauh-jauh dari Jakarta, kamu bisa berkendara ke lokasi di ujung Selatan pulau Jawa ini. Bisa dibilang, lokasi ini adalah tempat memancing yang paling lengkap dan memadai infrastrukturnya. Kamu bisa nyewa kapal khusus buat mancing yang dilengkapi dengan GPS dan Fish Finder. Kamu juga bakal ditemenin sama anak buah kapal yang hebat dan berpengalaman buat memandu kamu nyari lokasi mancing terbaik. Mungkin karena kedekatan lokasinya dengan ibukota, spot ini sering dijadikan sebagai tempat kejuaraan mancing tingkat Nasional.

7. Perairan di Sekitar Pulau Biak, Papua Barat

A post shared by Hein Rogi (@heinrogi_92) on

Bagi kamu yang pengen mancing di lokasi ini, kamu nggak perlu khawatir dengan sarana yang tersedia di sini. Banyak tersedia resor-resor bagus dan resor tersebut juga menawarkan kapal untuk disewa. Spot ini punya kedalaman laut hingga 1000 meter dengan ombak yang tenang dan angin yang sering berubah-ubah, sehingga menarik banyak ikan berukuran besar. Karakter ombak yang tenang memungkinkan kamu memainkan berbagai teknik memancing, seperti trolling, popping hingga jigging. Tapi yang jelas, ikan-ikan besar seperti Tuna yang ada di lokasi ini udah nggak sabar buat nyamber kail yang kamu lempar.

Nah, kalo kamu pengen ngerasain mancing dengan sensasi yang lebih asyik dan menyenangkan, coba aja dateng ke salah satu atau beberapa spot di atas. Dijamin kamu pengen balik lagi dengan umpan yang lebih banyak lagi.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza