7 Taktik Ngilangin Rasa Takut Kamu

Pelajari taktik ampuh ngatasin kegelisahan dan rasa takut kamu ini dan nikmati hidup yang lebih baik.

Bruce Wayne menjadi Batman karena dia ingin mengubah rasa takutnya pada kelelawar jadi sebuah kekuatan. Setiap orang pasti punya ketakutannya masing-masing, termasuk kamu. Bahkan orang paling berani pun punya rasa takut. Rasa takut ini bisa karena bermacam-macam sebab. Bisa karena serangga atau ketinggian, bisa juga karena takut gagal atau perubahan, atau hal-hal yang sulit buat kamu taklukkan. Yang jelas, rasa takut ngebatasin kita dalam ngelakuin sesuatu. Jadi, nggak peduli apa pun sumber rasa takut kamu, coba untuk memahaminya, hadapi dan ambil alih rasa takut itu biar nggak ada lagi yang menghadang perjalanan hidup kamu. Ikuti langkahnya berikut ini.

Kepoin rasa takut kamu

spider-850145_1920

Kebanyakan cowok sering nyuekin rasa takutnya. Padahal keberanian nggak bakal bisa muncul kecuali kamu berhadapan sama rasa takut. Jadi, cari mtahu apa yang bikin kamu takut. Kadang rasa takut bisa muncul secara nyata, tapi kadang sulit mengindentifikasinya. Kamu harus biarkan rasa takut itu muncul ke permukaan sehingga kamu tau “nama” dari rasa takut itu.

Bersiap kalau mulai dag dig dug

hand-984170_1920

Rasa takut sering dihubungin sama fobia. Ada macem-macem pemicunya, bisa situasi (takut bicara di depan publik), binatang (takut sama ular, laba-laba), takut disuntik, dan sebagainya. Waktu kamu ngerasa takut, kamu bakal ngerasain detak jantung berdegup kencang, susah bernapas, pusing, keringetan, panik, mendadak ilang tenaga bahkan pengen pingsan. Jadi kalau kamu ngerasain ciri-ciri seperti diatas, be prepared ya guys!

Tarik lebih dikit, keluar lebih banyak

sky-114446_1280

Kamu pasti pernah denger kalau narik napas dalem-dalem bisa bikin kamu lebih relaks. Napas yang cepat dan nggak teratur adalah gejala kamu mau panik karena rasa takut. Cara ampuh adalah dengan melepas napas lebih panjang daripada menarik napas. Cara ini bakal bikin badan kamu jadi lebih tenang. Jadi, waktu kamu dihadapin sama rasa takut, cobalah berenti sejenak, fokus sama napas kamu, tarik napas (selama 7 kali hitungan dalam hati), lalu perlahan buang napas (selama 11 hitungan dalam hati). Dalam semenit, kamu bakal kaget betapa cara ini bisa bikin kamu lebih tenang.

Pakai bagian lain otak kamu

man-65049_1920

Waktu rasa takut mulai muncul, sulit bagi kita buat berpikir jernih. Tapi kamu bisa memaksa bagian ‘otak mikir’ kamu untuk bekerja, dengan begitu kamu bisa meredam emosi dan mulai tenang. Cara paling gampang yaitu pakai angka. Misalnya kamu bisa ngasih skala dari 1 sampai 10 rasa takut itu. 10 buat yang paling mengerikan, dan 1 yang paling ringan. Kalau ketakutan muncul, mulailah mikir, “Ok, saya sekarang lagi di level berapa ya? Level 7 atau 3?” Lalu pikirkan kalau kamu sedang menuju ke level terendah saat itu, dan tentuin lagi kamu sudah di level berapa sesaat kemudian. Dengan mikir seperti ini saja, udah bikin emosi kamu berkurang dan kamu jadi lebih tenang.

Kendaliin imajinasi kamu

man-1276242_1920

Rasa takut dan gelisah biasanya dipicu saat kamu ngebayangin hal paling parah yang mungkin bakal kejadian. Kita sendiri yang menciptakan imajinasi itu yang awalnya untuk memprediksi sesuatu yang belum terjadi, dan kadang justru malah ngebayangin hal-hal yang buruk duluan. Karena itu, kalau kamu berhadapan sama rasa takut, bayangin kamu berada di situasi itu, tapi kamu ngeliat kalau diri kamu sendiri lagi tenang, terkendali, nyaman, dan segala sesuatunya aman. Cara ini bisa memerintah otak kamu buat lebih tenang dan kalem.

Ubah rasa takut kamu jadi mengasyikkan

scuba-728201_1280

Rasa takut kamu bisa memicu adrenalin yang juga bisa munculin perasaan seneng dan gairah. Itu sebabnya banyak orang yang suka banget sama olahraga ekstrim, film horor, atau berenang sama hiu waktu liburan. Cobalah kamu berusaha ngebingkai rasa takut kamu sebagai sesuatu yang positif. Kalau kamu berhasil ngubah getaran-getaran yang dihasilin dari rasa takut menjadi sumber energi, maka kamu dijamin kamu bakal dapet manfaatnya buat hidup kamu.

Munculin kekuatan dari rasa takut

teacher-424739_1920

Percaya nggak percaya, tapi takut bisa munculin kekuatan yang luar biasa, seperti indera menjadi lebih sensitif, insting yang lebih tajam dan sebagainya. Memahami manfaat dari rasa takut bisa bantu kamu ngedapetin manfaatnya. Misalnya buat kamu yang takut bicara di muka umum, biasanya bakal bikin kamu jadi lebih fokus dengan persiapan dan apa yang kamu kerjakan sebelumnya.

Nah, kamu tinggal praktekin langkah di atas kalau kamu berhadapan dengan rasa takut itu. Dan ingat, belajar mengakui rasa takut lalu mengarahkannya ke hal lain bisa menguntungkan kamu diri kamu sendiri.

Tags: ,
Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza