• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Fashion
  • >
  • 7 Produk Fashion Lokal yang Bisa Bikin Kamu Berhenti Beli Produk Impor

7 Produk Fashion Lokal yang Bisa Bikin Kamu Berhenti Beli Produk Impor

Gerakan mencintai produk lokal yang digembar-gemborkan beberapa tahun lalu rasanya sudah mulai menunjukkan hasilnya sekarang. Buktinya, banyak produk lokal dalam segala lini yang makin disukai bangsa sendiri.

Perkembangan sosial media beberapa tahun terakhir sedikit banyak mendukung industri kreatif lokal. Akhirnya, kita jadi membuka mata dan menyadari, bahwa banyak produk lokal yang keren di luar sana dan sebenarnya nggak kalah dengan barang-barang impor yang mungkin biasanya kita pakai. Gerakan memakai produk lokal semakin marak karena didukung sosial media yang membuat kita mudah menemukan produk-produk keren ini. Dan bukannya nggak mungkin, dengan semakin bagusnya produk lokal, bisa saja suatu hari nanti kita benar-benar hanya akan memakai produk buatan negeri sendiri.

Sepatu kulit

A photo posted by sandi sepriyadi (@sandies10) on


Di kategori ini ada Seba Shoes yang terhitung sebagai pionir untuk sepatu-sepatu lokal dengan model kece, kualitas cihuy, dan harga nggak terlalu bikin kantong bolong. Bila dibandingkan brand-brand lokal lain yang membuat sepatu dengan model mirip-mirip, brand satu ini cukup unggul soal kualitas kulit yang mereka pakai. Yang paling penting juga adalah nggak kelihatan murah.

Sneakers

A photo posted by @somearethieves on


Brand lokal yang membuat sepatu sneakers masih belum banyak. Some Are Thieves adalah salah satu yang paling kece, dibuat dari bahan bagus, dan sudah dikenal banyak orang. Meski yang membuatnya adalah bule, tapi sepatu satu ini asli Indonesia. Ya, karena si bule sudah berdomisili di sini. Kalau pengen sepatu sneakers yang nggak banyak orang punya, asli lokal, sepatu satu ini boleh dicari.

BACA JUGA: Belanja Sepatu Online Juga Ada Triknya, Daripada Menyesal Karena Ukuran yang Nggak Pas. Baca Tipsnya di Sini.

Jam tangan

A photo posted by MATOA INDONESIA® (@matoa_id) on


Jam tangan satu ini unik karena terbuat dari kayu, detailnya diperhatikan dengan rapi, dan konsep dari alamnya juga keren. Ditambah, para pembuat jam Matoa berkomitmen untuk mengganti setiap material yang mereka gunakan dalam pembuatan jam dengan menanam lebih banyak pohon. Yang bikin rumit itu ngurusin perizinan untuk menggunakan material pohon ini ke pemerintah yang harus sangat diyakinkan terlebih dahulu. Hasilnya? Jam tangan dengan konsep alam yang khas dan keren. Bahkan, banyak yang meniru konsep jam buatan mereka ini.

Aksesori


Bagi penggemar cincin dan gelang dengan bahan metal, brand lokal Xuri ini bisa diintip. Kalo ngeliat dari desainnya, Xuri ini nggak bakal kalah dengan produk-produk luar yang sudah terkenal lebih dulu dan pasti dengan harga lebih mahal, sehingga harganya juga nggak sembarangan.. Istilahnya, versi lokalnya ada, jadinggak perlu belanja online di label yang lebih mahal. Lihat saja katalog atau Instagram mereka.

Kaos dan kemeja polo

A photo posted by HARU (@worldofharu) on


Ada satu brand lokal yang fokus pada kaos dan kemeja polo dengan desain minimalis, cocok untuk cowok yang nggak suka pakai yang aneh-aneh serba lempeng, yang sedang banyak dibicarakan. Plus, kaos dan kemeja polo brand lokal bernama Haru ini juga sudah dipakai oleh Ernanda Putra dan Keenan Pearce. Dengan bordiran wajah musang di bagian dada, yang menjadi ciri khas brand ini, bisa banget dipakai sehari-hari, lagipula sekarang kemeja polo sedang kembali trendy. Harganya juga nggak mahal.

Tas

A photo posted by CRAVAR (@cravar) on


Material kulit memang cukup berlimpah di Indonesia jadi nggak heran bila kemudian banyak muncul brand lokal yang membuat produk-produk tas, dompet, hingga sepatu dari kulit. Di pasar tas kerja, Cravar menjadi salah satu yang unggul. Kalau harganya agak tinggi, bisa jadi karena proses dan jenis kulit yang dipakai. Lihat saja modelnya, keren banget untuk dibawa ke kantor, kan.

BACA JUGA: Hanya Ada 4 Jenis Tas yang Membuat Kamu Tetap Terlihat Manly Saat Memakainya.

Jeans

A photo posted by elhaus (@elhaus) on


Elhaus adalah sedikit dari brand jeans lokal yang sudah mulai merambah pasar internasional. Dengan berbagai macam model, brand satu ini juga sudah membuat jaket-jaket jeans bergaya trendy yang lagi banyak dipakai anak muda. Khususnya yang modelnya terpengaruh dengan apa yang sedang kece di Jepang sana.

BACA JUGA: Semua Produk di Atas Bisa Ditemukan di Instagram, Sebelum Berbelanja, Perhatikan Dulu Panduan Belanja Online Berikut, Guys.

Tujuh pilihan brand yang bisa ditemukan di media sosial ini adalah bukti industri di negara kita sebenarnya cukup bagus. Kita punya bakat, bahan, dan atmosfir belanja yang bisa mendukung brand-brand lokal untuk maju, dan bersaing dengan brand-brand impor yang harganya pasti lebih mahal. Nah, sekarang waktunya kamu buat membuat gerakan cinta produk lokal itu menjadi nyata!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza