• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Fashion
  • >
  • 7 Panduan Gaya Keren untuk Para Pekerja Profesional

7 Panduan Gaya Keren untuk Para Pekerja Profesional

Dengan banyaknya bidang pekerjaan zaman sekarang, tentu dibutuhkan panduan gaya untuk tampil profesional menurut bidang pekerjaan tersebut.

Beberapa jenis pekerjaan baru mulai sepi beberapa tahun terakhir. Dan di saat jenis pekerjaan masih terbatas, gaya kantoran alias gaya berpakaian yang profesional dan pantas dipakai ke kantor mungkin terlihat sama saja. Tentu saja. Ada batas-batas kepantasan dari jenis pakaian yang layak dibawa ke kantor untuk bidang pekerjaan tertentu. Tapi ada pula yang pakaian kantornya terbilang cukup bebas, mereka yang bekerja di industri kreatif misalnya. Meski gaya pakaian kerja yang pantas dan profesional sebenarnya kurang lebih sama di mana-mana, kita bisa memberikan sentuhan yang akan memberikan sedikit perbedaan. Mungkin sentuhan yang menunjukkan bidang pekerjaan yang kita geluti?

Banker

Karena pekerjaan ini berkaitan dengan manajemen keuangan yang jumlahnya biasanya nggak pernah sedikit, setidaknya kita harus menunjukkan bahwa penampilan kita cukup meyakinkan untuk seseorang yang mengolah uang dalam jumlah banyak itu. Kemeja, celana yang rapi dan klimis, ditambah blazer atau jas dan sepatu yang sama licinnya.

Fotografer

A photo posted by RAJA SIREGAR (@rajaregar) on

Dengan gerak yang banyak, seorang fotografer harus memakai pakaian yang keren tapi juga tak membatasi semua aktivitasnya. Paduan jeans dan tee shirt alias kaos sudah paling pas memang. Tinggal sempurnakan gaya kamu dengan sepatu yang sesuai. Bisa boots, sneakers, atau bahkan dress shoes seperti loafers yang nyaman.

Advertising

A photo posted by ABDI (@omabdi) on

Bekerja di bidang periklanan semacam ada keharusan menggabungkan elemen kreatif dan penampilan yang rapi. Semacam, orang kantoran tapi ada aksen “nyeni”-nya. Dan biasanya, anak-anak periklanan punya gaya yang sangat up to date. Apa yang sedang keren, biasanya mereka sudah pakai duluan. Bisa paduan celana jogger dengan sneakers terbaru dan kemeja rapi – jadi rapi, tapi tetap kasual.

Pengacara

A photo posted by Kyle (@detroitsbirdman) on

Saat bekerja menjadi seorang pengacara, rapi dan tegas adalah dua hal yang harus bisa disampaikan lewat gaya berpakaian profesional kita. Setelan dalam warna-warna konservatif atau maskulin biasanya menjadi favorit pengacara-pengacara jaman sekarang. Sedikit sentuhan mewah bisa ditonjolkan. Entah itu sepatumu yang paling bagus, jas klimis, dasi yang oke, atau jam tangan mahal punyamu satu-satunya. Dengan penampilan profesional ini, tak sedikit pengacara yang juga sekalian ingin menunjukkan kekuatan negosiasinya.

Jurnalis

Kecuali kamu bekerja di kantor berita yang diharuskan menggunakan seragam, punya status jurnalis yang jelas tidak punya panduan gaya berpakaian yang khusus. Yang penting, semua berita harus dikejar. Rapi atau tidak itu belakangan. Atau, kecuali kamu bekerja untuk media fashion dan gaya hidup – atau muncul di layar televisi. Agar nyaman bekerja di panas dan hujan, jaket dengan hoodie bisa dipakai. Padukan dengan jogger, atau celana kargo, celana khaki, jeans, dan kaos atau kemeja. Pakai sepatu yang nyaman seperti sneakers untuk mengejar beritamu.

Baca juga: Kamu Bisa Temukan Pakaian Kerja yang Oke di Brand-Brand Lokal Ini

Marketing

A photo posted by Aryo Permadi (@aryopermadi) on

Karena bertugas menjual produk, maka penampilan sang penjual pun harus menjual. Penampilan menarik tim sales marketing biasanya cukup sama di kantor mana pun. Kemeja dan celana yang rapi, lebih baik bukan jeans, didukung dengan cardigan dan sepatu yang juga rapi. Karena selalu bertemu klien, mewakili perusahaan, maka tampilan yang rapi wajib hukumnya. Biasanya, agar identitas perusahaan terwakilkan, tim marketing juga menyisipkan elemen atau simbol perusahaan di gaya kantornya.

Baca juga: Sempurnakan Gaya Berpakaianmu dengan Gaya Rambut yang Sesuai

Arsitek

Seorang arsitek juga punya gaya kantoran yang bisa dibilang mirip dengan pekerja kreatif lainnya. Separuh rapi, separuh lagi bisa cukup kasual. Dengan anggapan bahwa seorang arsitek paham betul dengan estetika, maka biasanya arsitek itu selalu stylish, atau setidaknya gayanya enak dilihat. Kombinasi celana khaki dengan kemeja putih, hitam atau biru sudah cukup standar. Saat bekerja di balik komputer atau meja desain, kaos bisa jadi pilihan. Tapi saat bertemu klien, penampilan rapi wajib. Sempurnakan penampilan dengan blazer kasual atau cardigan dalam warna-warna yang kalem.

Baca juga: Kalau Jadi Stylish di Tahun 2017 adalah Resolusimu, Baca Ini

Pilihannya hanya 2 sebenarnya. Rapi atau tidak. Kasual atau formal. Dan beberapa pekerjaan mampu mempertemukan dua situasi itu untuk gaya kantor. Tapi ada juga yang tegas, harus rapi. Beruntung bila kita cukup bebas untuk berekspresi di kantor.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza