• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 7 Panduan Buat Smartphone Lebih Awet Berkat Memilih Casing yang Tepat

7 Panduan Buat Smartphone Lebih Awet Berkat Memilih Casing yang Tepat

Pilih casing smartphone nggak sekadar untuk lucu-lucuan belaka. Casing juga bisa membuat smartphone kamu terlindungi dan tahan lama. Ini tips memilihnya.

Bila kamu termasuk penggemar kegiatan luar ruang, terlebih lagi yang berkategori ekstrem, nggak sembarang gadget bisa kamu bawa-bawa. Gadget yang ‘standar’ mungkin akan mendapat banyak cobaan seperti terpercik atau tersiram air, terkena debu, atau bahkan terjatuh. Kalau sudah begini, casing yang digunakan jadi hal utama yang harus diperhatikan. Nah, sebelum membeli casing yang dimau, simak dulu kiat-kiat dari kami agar kamu nggak salah beli!

1. Yang Penting Fungsi, bukan Tampilan

Kadang kala, casing smartphone yang menawarkan perlindungan terbaik, tak memiliki desain yang pas di hati. Bentuknya cenderung kaku yang membuat casing-casing ini mungkin jadi tak terlalu laku. Namun mengingat fungsinya yang paling penting untuk melindungi smartphone dari air, debu, dan saat terjatuh, kamu wajib banget punya casing yang khusus ini, khususnya untuk kamu yang memiliki aktivitas tinggi. Beberapa casing juga punya fungsi tambahan seperti bisa membuat smartphone berdiri untuk menonton film atau musik, atau jadi bisa berdiri seperti dipancangkan di tripod yang membuat casing ini jadi lebih menggiurkan untuk dimiliki.

2. Bagaimanapun, Perhatikan juga Desain

Bukan. Poin ini bukan bermaksud jadi bertentangan dengan poin nomor satu di atas. Tapi, kalau ada dua casing yang menawarkan perlindungan serupa, tentu saja pilihlah casing yang desainnya lebih cocok di hati ya. Untuk casing smartphone yang akan dipakai untuk snorkeling atau diving, perhatikan juga apakah desainnya memudahkan kamu untuk memencet tombol shutter untuk mengambil gambar. Ini penting agar momen diving-mu tetap terekam sempurna saat berada di bawah lautan lepas.

3. Perhatikan Material Pembuatnya

Material ini nggak cuma berpengaruh kepada tingkat perlindungan yang ditawarkan sebuah casing, tapi juga memengaruhi kenyamanan smartphone saat dipegang. Perhatikan apakah logam atau karet yang dipakai sebagai bahan nyaman digenggam dan tak licin di tangan. Percuma saja bila kuat tapi malah membuat smartphonemu jadi mudah tergelincir, bukan?

phone casing

4. Sejauh Apa Perlindungannya

Beda jenis casing, beda tingkat perlindungan yang ditawarkan. Kalau kamu ‘hanya’ sering menjatuhkan smartphone ketika di rumah, tentu tingkat proteksi yang dibutuhkan nggak setinggi seperti jika kamu membawa sering membawa-bawa smartphonemu buat mendaki gunung, memanjat tebing, atau rafting. Biasanya, makin tinggi tingkat perlindungan yang ditawarkan, casingnya jadi lebih besar dan berat. Tentu saja ini memengaruhi kenyamanan saat membawa smartphone. Sementara, untuk casing smartphone yang khusus untuk kegiatan bawah air, perhatikan juga sampai seberapa jauh kedalaman air yang bisa dicapai. Kalau kamu seringnya snorkeling, proteksi yang dibutuhkan nggak sampai setinggi proteksi untuk scuba diving.

5. Pahami Arti Angka IP Code

Bedakan IP Code dengan angka IP yang berarti Internet Protocol. IP Code berarti Ingress Protection Marking alias skor perlindungan terhadap debu, air dan benturan. IP Code biasanya terdiri dari dua digit angka. Digit pertama menunjukkan perlindungan dari debu dan benda padat, sedangkan digit kedua menunjukkan perlindungan dari air. Angka 5 atau 6 pada digit pertama sudah cukup baik, sedangkan untuk digit kedua, angka 4-7 sudah cukup baik.

Untuk lengkapnya, silakan merujuk ke beberapa situs seperti situs DSM & T pada tab Resources untuk mengetahui apa arti IP Code di casing yang mau kamu beli.

6. Perhatikan Detail pada Casing

Ketika kamu sudah menentukan akan membeli casing yang mana, pada akhirnya perhatikan perlekatannya dengan smartphonemu. Sesuai dengan fungsinya sebagai pelindung, jangan sampai ada celah yang bisa membuat smartphone kemasukan air atau debu. Bila sudah terlihat tak ada celah, artinya casing itu sudah melindungi secara sempurna.

7. Masalah Harga

Tentu saja, harga harus jadi pertimbangan. Biasanya, makin bagus tingkat proteksinya yang ditawarkan, harganya juga makin mahal. Lagi-lagi, sesuaikan dengan kemampuan dompetmu dan kebutuhannya. Jangan sekadar membeli casing smartphone dengan proteksi tinggi hanya untuk menaikkan harga diri saat hangout dengan teman.

Bagaimana, sudah mantap untuk memilih casing yang akan kamu pasang di smartphone kesayanganmu? Jangan salah pilih ya!

Baca Juga :
Pilihan Smartphone Tahan Air dan Debu
Ketika Ponsel Kesayangan Terkena Air

Categorised in: , , , , ,

This post was written by Kak Moza