• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Lifestyle
  • >
  • 7 Kuliner Khas Indonesia Ini Bikin Bule Ketagihan dan Kangen Balik Lagi

7 Kuliner Khas Indonesia Ini Bikin Bule Ketagihan dan Kangen Balik Lagi

Nggak cuma rendang dan nasi goreng lho yang udah go international, Indomie juga salah satu kuliner khas Indonesia yang ngetop.

Cita rasa masakan Indonesia memang kaya akan rempah-rempah, sesuatu yang paling diburu para penjajah di masa lampau. Jadi nggak heran kalo para turis yang wisata ke Indonesia seneng banget dengan masakan Indonesia. Beberapa kuliner ini bikin mereka ketagihan dan kangen balik lagi.

Penjajahan ratusan tahun yang sempat terjadi di Indonesia hanya karena satu hal: rempah-rempah. Di luar negeri harganya memang menjadi sangat mahal, plus rempah-rempah yang hanya ada di negeri kita ini membuat makanan Indonesia begitu kaya rasa. Jadi jangan heran, kalau ke luar negeri, makanannya terasa hambar dan kita jadi makin kangen kuliner negeri sendiri. Kuliner kaya rasa ini juga mulai makin disukai oleh orang luar lho, apalagi yang punya lidah Asia. Dari beberapa jenis kuliner Indonesia, ada beberapa nih yang sudah cukup melekat di lidah orang luar yang pernah berkunjung kemari dan biasanya membuat mereka langsung jatuh cinta. Karena memang, soal masakan, orang Indonesia punya sentuhan istimewa.

Rendang, hidangan paling enak nomor 1 di dunia

Jenis kuliner yang mengolah daging ini memang super favorit. Mau orang Indonesia mana pun rasanya nggak akan ada yang nggak suka rendang. Dimasak begitu lama, dengan bumbu khas, tambahan santan kelapa, rendang selain jadi makanan sehari-hari juga sering jadi bintang saat hari raya Idul Fitri. Bumbu yang bgitu kaya meresap dalam serat daging inilah yang membuat rendang menjadi makanan paling enak nomor 1 di dunia versi CNN (ini hasil voting seluruh dunia) tahun ini. Rendang susah-susah gampang dibuatnya. Salah sedikit, malah jadi kari (karena banyak olahan rendang di luar negeri yang rasanya justru lebih mirip kari). Hanya orang Indonesia yang bisa melakukannya dengan benar.

Nasi Padang

Setelah melihat salah satu elemennya, mari melihat dalam lingkup lebih luas. Rendang adalah salah satu bagian dari menu nasi Padang. Dan nasi Padang memang tak lengkap bila tak ada rendang. Pendeknya sih, kalau bule udah pernah makan rendang, maka dia sudah pernah merasakan nikmatnya nasi padang. Nasi padang dengan semua paket lengkap hidangannya. Jutaan rasa rempah yang mewah. Paduan nasi putih, cabe hijau, segala macam gulai (ikan sampai ayam), ati ampela, perkedel, rendang, daun singkong rebus. Dengan rasa yang memang sangat kaya, juga kadang pedas, kayaknya cuma bule berselera Asia yang akan doyan.

Nasi goreng

A post shared by artem zverev (@elmotivodelsur) on

Satu alasan utama kenapa orang luar suka kuliner Indonesia satu ini mungkin karena pengaruh Chinese food. Di luar negeri juga ada sih fried rice, tapi memang sekali lagi, hanya orang Indonesia yang bisa membuat nasi goreng kaya rasa. Dan di Indonesia, ada banyak jenis nasi goreng. Dari yang dengan ayam, sapi, seafood, sampai daging kambing, atau bahkan cuma dengan telor ceplok. Dari yang digoreng dengan banyak kecap sampai berwarna agak hitam, sampai yang digoreng biasa saja tanpa kecap tapi dengan irisan cabe hijau (lalu populer dengan istilah nasi goreng cabe hijau). Atau yang paling pop, nasi goreng dengan katsu (penyatuan kuliner Indonesia dengan Jepang). Dan nasi goreng yang kita makan dengan acar mulai disukai di kawasan Asia lainnya. We have everything!

Sate

Sama kayak rendang, di luar negeri juga ada sih makanan mirip sate. Tapi, nggak ada yang sama kayak sate Madura khas Indonesia pastinya. Di Indonesia, dari ayam, sapi, sampai kambing jadi daging pilihan untuk hidangan khas yang disajikan dengan tusukan ini. Satu hal kunci dari sate adalah bumbu kacang yang membuatnya gampang-gampang susah. Ada titik konsistensi yang harus dicapai, kalau nggak ya nggak jadi bumbu kacang yang pas untuk dimakan dengan sate. Bahkan bumbu kacang untuk sate aja beda konsistensinya dengan bumbu kacang untuk lotek atau gado-gado. Ya, kan? Kita belum bicara soal sate Padang yang bumbunya beda lagi. Sehebat itulah kuliner Indonesia.

Baca juga: Orang Indonesia memang paling bisa, selain semua sate di atas ada lagi sate taichan. 

Gado-gado

A post shared by @eatwellandtraveltheworld on

Kalau orang luar bersentuhan pertama kali dengan gado-gado, mereka dengan mudah mengasosiasikan kuliner kita satu ini dengan salad sayur. Ya, memang benar sih, isi gado-gado biasanya didominasi oleh sayuran. Ini juga yang membuat bule bisa suka dengan kuliner satu ini dengan mudahnya. Dan seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, gado-gado punya peanut sauce dressing alias bumbu kacang sebagai teman untuk makan semua sayur, lontong dan telur di dalam sepiring gado-gado. Terus, beberapa daerah di Indonesia membuat gado-gado dengan aksen yang cukup beda. Gado-gado di Jawa Timur, Yogyakarta, Jakarta beda rasanya. Bisa buktikan sendiri.

Bakso

Tentu, di luar negeri, ada meat balls, yang secara prinsip memang bakso, tapi justru berasal dari makanan Italia yang biasanya dimakan dengan spaghetti. Di Indonesia, bola-bola daging ini juga dimakan dengan mie (ada alternatif seperti kwetiau, bihun, atau mie kuning), tapi dalam semangkuk sup yang terbuat dari rendaman tulang sapi yang hasilnya sudah pasti lezat. Kuahnya bisa digabung atau dipisah. Dan bakso di Indonesia rasanya jelas beda dengan meat balls khas Italia itu. Pertama kali orang luar melihat semangkuk bakso mungkin mereka akan ingat dengan meat balls dan spaghetti. Tapi setelah merasakan bakso, mereka akan selamanya teringat dengan bakso. Selain karena nama kuliner ini juga mudah disebutkan oleh lidah bule mereka. Coba makan semangkuk bakso dari Pontianak, atau Medan, itu 2 daerah terbaik untuk mencari bakso terenak di Indonesia.

Indomie

Terpaksa menyebut merek. Tapi, bahkan orang luar pun mengakui, mie instant asli Indonesia ini memang bumbunya enak banget (sebagian mengatakan rasa enak itu berasal dari MSG-nya). Tak ada yang bisa menolak sepiring indomie goreng di tengah malam bersama telor ceplok, atau semangkuk indomie rebus di tengah hujan deras. Rasa yang kuat dan nikmat ini membuat Indomie pun laris dijual di luar negeri. Meski kabarnya, Indomie yang dijual di luar negeri sengaja dibuat dengan menyesuaikan lidah mereka (yang takutnya rasanya nggak seperti yang kita punya di Indonesia sih).

Baca juga: Bahkan Indomie pun bisa dimasak dengan banyak gaya, nih ada 6 alternatif.

Melihat daftar di atas, susah untuk nggak merasa lapar bukan? Setiap jenis makanan di atas punya rasanya yang khas masing-masing. Bukan sembarang rasa, karena memang sangat-sangat berbeda. Kalau lagi di luar negeri, pasti setuju, semua makanan rasanya cenderung sama saja: hambar.

Image cover: Instagram Anak Jajan

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza