7 Kesalahan Konyol Cowok yang Sering Kamu Lakuin

Kadang kamu nggak nyadar kalau hal-hal yang udah kamu lakuin ternyata justru bisa ngerugiin kamu, seperti kesalahan cowok pada umumnya ini.

Cowok itu terkenal sebagai makhluk paling sembrono. Kadang sifat sembrono cowok ini justru muncul dari rasa pede yang berlebihan dan merasa paling bener sendiri. Kalo udah gini, cowok biasanya ngerasa tahu segalanya dan ngerasa punya jawaban buat semua hal. Hasilnya, cowok lebih sering ngelakuin hal-hal konyol yang seharusnya nggak mereka lakuin karena tanpa sadar, hal-hal itu malah bisa ngerugiin diri sendiri.

Mungkin kamu masih belum sadar apakah kamu termasuk salah satu dari cowok seperti itu. Coba deh kamu ingat-ingat, seberapa sering kamu skip sarapan? Kamu ngerasa kalo kamu nggak terlalu laper dan lebih mending sekalian makan siang, itung-itung kamu bisa diet dengan ngelewatin sarapan. Nah, ini adalah salah satu contoh cowok yang sok tahu alias ngerasa paling bener sendiri. Tahu nggak kalo ngelewatin sarapan itu sebenernya nggak baik buat kesehatan kamu? Lebih lengkapnya, silahkan baca berikut ini, sekaligus beberapa kesalahan konyol lainnya yang sebaiknya nggak kamu lakuin.

1. Skip sarapan

breakfast-1149903_1280

Biasanya, ada banyak alasan yang muncul dalam otak kamu saat kamu ngerasa harus ngelewatin sarapan pagi. Pertama, kamu ngerasa nggak laper, kedua kamu nggak punya waktu karena udah harus berangkat kerja, ketiga, kamu pengen diet, dan sarapan pagi dianggap paling gampang buat dilewatin atau digabung sama makan siang. Padahal, sarapan pagi sangat kamu butuhin untuk memulai aktivitas kamu pada hari itu. Kamu seharusnya nambahin energi ke tubuh kamu, bukan malah ngandalin sisa glukosa dari hari sebelumnya buat dibakar pagi-pagi. Menurut para ahli nutrisi, ngelewatin sarapan sama aja bikin lemah daya tahan tubuh kamu yang akibatnya bisa bikin gampang kena flu atau penyakin lain yang nyerang daya tahan tubuh kamu. Walau waktu kamu sempit, paling nggak kamu bisa sarapan telor sebelum beraktivitas. Nggak sempet juga? Coba ngemil kacang segenggam di perjalanan.

Baca juga: Selalu Tak Sempat Sarapan? Yuk, Buat Overnight Oats!

2. Nyisain antibiotik dari dokter

hands-1903104_1280

Lagi-lagi kamu pikir kamu udah sehat dan nggak perlu lagi minum obat yang dikasih sama dokter. Padahal salah satu obat yang tersisa itu adalah antibiotik yang wajib buat dihabisin. Karena di dalam tubuh kamu masih ada kuman yang belum dibunuh, hanya saja nggak sebanyak sebelumnya. Itulah kenapa kamu udah ngerasa seperti nggak sakit lagi. Dengan adanya kuman-kuman yang tersisa, sementara efek obat antibiotik mulai berkurang, kuman-kuman atau bakteri penyebab sakit itu bisa belajar kebal dari obat antibiotik yang tersisa di tubuh kamu. Jadi, nggak ada alasan buat nyisain antibiotik dari dokter kalo kamu nggak pengen sakit kamu jadi lebih susah diobatin ke depannya.

3. Males potong kuku kaki

foot-1575105_1280

Ngebiarin kuku kaki tumbuh itu sama aja bikin sarang buat kuman dan bakteri di sela-sela kuku kaki kamu. Tapi, asal-asalan memotong kuku kaki juga bakal bikin masalah baru. Terutama kuku di bagian ibu jari. Emang susah buat motong kuku bagian ini, biasanya bakal ada sisa kuku yang nggak kepotong. Nah, sisa kuku, terutama di bagian ujung ibu jari, biasanya tajam dan bisa bahaya. Kalau kamu main bola atau lari pagi, bagian yang tajam ini bakal ngelukain ibu jari kamu. Hasilnya? Rasa nyeri yang ngeganggu aktivitas kamu. Sebaiknya, coba tuntasin motong kuku kaki kamu. Kalau masalah di atas kejadian sama kamu, segera kasih antiseptik biar nggak infeksi.

4. Nunda kerjaan

files-1614223_1280

Biasanya saat kamu ngerasa bahwa hari ini jadwal kamu terlalu padat, kamu pikir kalo sebagian kerjaan bisa kamu tunda buat besok harinya. Ini adalah kesalahan fatal yang banyak terjadi sama orang di kantor. Sekali kamu nunda pekerjaan, efeknya seperti efek domino. Pekerjaan kamu esok harinya bakal keganggu sama sisa-sisa kerjaan yang harus kamu selesaiin duluan dari hari sebelumnya. Setelah kerjaan ini selesai, kamu jadi kurang fokus sama kerjaan berikutnya, gara-gara lelah dan energi banyak terkuras buat sisa kerjaan kemarin. Jadi, jangan pernah sesekali nunda kerjaan kamu walau hanya satu kerjaan sekali pun. Buat timeline untuk nyelesaiinnya dan pastiin kamu nepatin waktunya.

5. Ngurangin karbohidrat demi sixpack

naked-1847866_1280

Emang bener, kalo kamu ngganti karbohidrat dengan protein, kamu bakal bisa nurunin berat badan kamu. Tapi tentusnya dalam porsi yang bener. Terlalu parah ngurangin karbohidrat justru bisa bikin kamu kena diabetes. Selain itu, kekurangan karbohidrat juga bisa bikin kamu ngerasa lapar, ini artinya kamu jadi pengen makan lebih banyak. Parahnya lagi, dalam jangka panjang, kamu bakal ngalamin masalah sama ginjal kamu, seperti munculnya batu ginjal. Nggak hanya sampe di situ, dengan diet seperti ini, kamu cenderung numpuk lemak jenuh di badan, sehingga keseimbangan jumlah bakteri baik dan buruk jadi terganggu di dalam usus. Jadi, pastikan kamu makan dalam porsi cukup karbohidrat.

6. Nelan banyak suplemen

vitamin-b-871135_1280

Mungkin kamu pikir mengonsumsi semua suplemen bakal bikin benteng buat tubuh kamu biar nggak kena penyakit. Padahal, satu butir multivitamin sehari udah cukup. Kalo kamu tambahin dengan suplemen lain, kamu bakal overdosis vitamin. Kelebihan vitamin tertentu bisa bahaya buat tubuh kamu, dan efeknya beda-beda buat tiap vitamin. Kelebihan vitamin A bisa bikin ruam-ruam di kulit, sementara vitamin B bikin otot kamu kekurangan refleksnya, vitamin C bikin kram dan diare, sementara vitamin D bikin kamu terkena batu ginjal. Jadi, cukup pilih satu multivitamin terbaik dan terlengkap buat tubuh kamu.

Baca juga: 7 Suplemen yang Bisa Bikin Lemak Kamu Minggat

7. Makan fast food

burger-500054_1280

Atas nama praktis dan rasanya yang enak dan ngenyangin, kamu nggak mikir panjang saat makan fast food. Tanpa sadar, kamu bisa makan lebih dari 5 porsi fastfood dalam seminggu. Padahal, banyak makanan sehat yang nggak butuh waktu lama kok buat bikinnya, dan nggak perlu keahlian ala chef buat bisa ngeracik makanan sehat. Atau, kamu juga bisa pesen makanan restoran yang lebih sehat ketimbang fast food. Dalam hal ini, kamu cuma cari-cari alasan aja supaya bisa makan lebih nikmat dan kenyang tanpa peduli kalo makanan kamu itu bisa bikin tekanan darah kamu naik drastis dan potensi kamu terkena sakit jantung.

Jadi, cobalah buat lebih bijak dalam berpikir. Hal-hal kecil pun nggak boleh kamu sepelein kecuali kamu mau ngerugiin diri kamu sendiri.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza