7 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa (Sesuai Jurusan)

Kamu ingin cari uang tambahan? Banyak kok jenis kerja sampingan yang bisa kamu tekunin, coba intip deh apa saja.

Sebagai seorang mahasiswa, ada banyak penderitaan yang harus kamu hadapi. Bukan cuma tugas dan presentasi yang nggak ada habisnya sampai wisuda menjelang, tapi juga kebutuhan finansial. Itulah kenapa kata “bokek” sering terlontar dari mulut seorang mahasiswa, kamu pun nggak terkecuali. Tapi itu bukan berarti kamu harus mengeluh. Kamu masih bisa dapat penghasilan tambahan dari kerja sampingan atau freelance yang sesuai jurusan kamu. Apa aja?

Content Writer

kodok

Perkembangan teknologi patut kamu syukuri. Eits, bukan karena adanya Instagram sebagai ajang eksis. Tapi, dengan kemudahan mengakses informasi secara online. Kebanyakan media online ini bersaing untuk mendekatkan diri dengan pembaca. Nah, ini adalah peluang kamu yang kuliah jurusan jurnalistik atau bahasa, untuk jadi content writer. Nantinya, kamu akan dibayar per tulisan yang kamu bikin.

Tour guide

via GIPHY

Umumnya pekerjaan paruh waktu ini dilakoni oleh mahasiswa yang jurusannya menyangkut hospitality. Tapi kalau kampus kamu kebetulan terletak di daerah wisata, nggak ada salahnya mencoba. Kamu bisa melamar ke travel agent atau tempat wisata yang membutuhkan seorang pemandu. Pastikan ambil waktu kerja saat weekend supaya perkuliahan nggak terganggu. Selain tambah uang jajan, kamu juga bisa jalan-jalan gratis dan ketemu orang baru.

Tutor privat

via GIPHY

Jurusan MIPA? Manfaatkan ilmu yang kamu punya untuk jadi tutor alias guru les untuk murid SD, SMP, atau SMA. Ada banyak lho, orangtua yang rela mengeluarkan uang banyak supaya anak-anak mereka bisa dapat bimbingan khusus di luar sekolah. Jam kerjanya pun bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah kamu. Selain bisa dapat dana tambahan, kamu juga akan dapat semakin banyak ilmu karena kamu senantiasa mengasah ilmu tersebut dan mencari pengetahuan lebih dalam lagi dari proses mengajar tadi.

Reporter

via GIPHY

Pekerjaan satu ini cocok untuk kamu yang kuliah di jurusan jurnalistik. Coba melamar ke media cetak yang membuka loker ini bagi mahasiswa yang bersedia untuk jadi reporter di daerah kecil. Tugasnya sendiri adalah memberikan laporan pandangan mata atau kontribusi berita tentang kondisi di daerah tersebut. Walaupun honornya nggak seberapa, tapi ini berguna untuk pengalaman kerja kamu.

Translator

writer

Mahasiswa jurusan bahasa asing pasti sudah familiar dengan pekerjaan ini. Bahkan mungkin kamu sendiri sudah sering dapat tugas menerjemahkan artikel dari dosen. Kenapa nggak coba gunakan kemampuan kamu untuk menambah penghasilan? Yup, ada banyak perusahaan-perusahaan di luar sana yang membutuhkan jasamu, lho. Honor yang ditawarkan pun lumayan. Per lembar bisa dihargai sampai 25 ribu. Bayangkan kalau satu buku yang harus kamu kerjakan. Menggiurkan, bukan?

Desain Grafis

via GIPHY

Jangan biarkan skill desain kamu hanya digunakan untuk tugas kuliah aja. Promosikan ke rekan atau perusahaan yang butuh jasa desain. Jangan salah, jasa kamu ini bisa dihargai mahal oleh perusahaan, apalagi kalau kamu bisa dapat klien perusahaan yang besar. Untuk gambaran aja nih, sebuah logo bisa dihargai uang ratusan juta oleh perusahaan besar. Mau mulai dari yang kecil dulu? Tawarkan jasa kamu ke bisnis percetakan atau rekan yang punya proyek kecil-kecilan tapi menguntungkan.

Programmer

guk

Jadi programmer adalah pekerjaan paling fleksibel. Kamu bisa kerja sendiri dengan memulai dari membuka jasa pembuatan website. Jangan pesimis dulu. Buktinya, sudah ada banyak kisah sukses dari seorang freelance programmer. Contohnya Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Mau coba lamar ke perusahaan seperti software house? Boleh banget. Hitung-hitung tambah pengalaman di CV kamu.

Ternyata, ada banyak solusi untuk masalah uang jajan kamu. Bukan cuma itu aja, kamu juga jadi punya segudang pengalaman di dunia kerja. Selamat berjuang!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza