7 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Toys Photography

Suka koleksi mainan di rumah? Wajib banget baca artikel yang satu ini.

Siapa yang di rumahnya masih koleksi mainan? Mau itu diecast, tamiya, sampai lego, rasanya sudah banyak banget yang rela menghabiskan uang jajannya untuk beli mainan super keren ini. Nah, kalau sudah punya mainan keren begitu, rasanya pengin pamer juga ke semua orang! Salah satu cara pamernya adalah dengan memfoto deretan koleksi mainan yang kamu punya. Tapi, sudah pernah dengar istilah Toy Photography?

Di Toy Photography, mainanmu nggak difoto begitu aja, ada tekniknya yang bikin koleksi mainanmu bakal lebih keren dan dramatis! Buat kamu yang pengin coba Toy Photography ini, ada 7 hal yang perlu kamu tahu nih!

A photo posted by @thenoobcollector on

Semua Jenis Mainan Bisa Difoto

Mainan yang kamu punya bentuknya vinyl, bukan action figure? Ukurannya kecil? Ada yang gede banget juga? Tenang, semua jenis mainan pada dasarnya bisa kok difoto. Tergantung penempatan mainan (background) dan angle yang kamu pilih. Mainan sekecil apapun, kayak minifigure misalnya, bisa jadi objek keren kalau kamu banyak mengambil gambar dari berbagai angle. Apalagi kalau dengan cahaya yang tepat, meskipun di malam hari.

Pakai Smartphone? Fotonya Jangan Pake Zoom

Foto pakai smartphone emang lebih enak. Selain bisa langsung diedit dan di-upload dengan cepat ke media sosial kita, bawaannya tuh nggak ribet dan kita bisa lebih mengeksplor angle foto kita. Tapi jangan pernah deh pas lagi motret kamu nge-zoom ke mainannya, kecuali dalam kondisi tertentu, misalnya mainan yang difoto di pameran terhalang kaca pelindung.

Caranya biar hasil fotonya kayak di-zoom, dan tentunya lebih baik plus biar hasilnya nggak pecah, ya kamu mesti deketin smartphone kamu ke objek atau mainan kamu. Pasti foto yang lebih tajam, meskipun kamera smartphone kamu cuma 8MP!

Baca Juga: Foto Mainanmu dengan Smartphone dengan Kamera yang berkualitas Super Ini!

A photo posted by Eka Saputra (@_ekhasaputra) on

Pakai DSLR/Mirrorless Lebih Oke, Tapi Edit di Smartphone Cukup

Hasil foto apapun akan lebih bagus kalau pakai DSLR/Mirrorless–sudah pernah baca 5 kamera mirrorless rekomendasi kami kan? Dengan menggunakan dua kamera tersebut hasil foto akan jadi lebih tajam dibandingkan dengan smartphone. Tapi menurut kami, sebaiknya edit foto mainanmu pakai smartphone aja. Bersyukurlah dengan keberadaan microSD wireless dan aplikasinya bisa diinstall di smartphone-mu, jadi edit foto nggak pakai ribet lagi. Kamu bisa coba beberapa aplikasi edit foto yang sudah pernah kami bahas sebelumnya, mulai dari VSCOcam sampai Snapseed. Kamera udah oke, editing juga udah oke, hasil foto oke, tinggal upload deh ke Instagram. Siap-siap bakal dapet banjir likes!

Baca Juga: Buat yang Suka Pakai VSCOcam, Ini Filter Pilihan Kami yang Paling Oke!

Jangan Pusing Sama Lighting

Baik memotret dengan smartphone maupun pakai DSLR/Mirrorless, tapi nggak punya atau males pakai flash, jangan pusing sama urusan lighting. Pasti kalau dateng ke Toys Fair, setiap diorama ada lighting-nya. Tergantung bagaimana kamu setting kamera atau smartphone kamu aja–dan tentu bagaimana kamu memotretnya. Saran , foto mainan andalanmu itu di outdoor, nggak masalah mau pagi atau sore hari. Di waktu-waktu ini, cahaya matahari lagi bagus-bagusnya! Psst, ini caranya supaya fotomu nggak backlight!

Barang Apa Aja bisa Jadi Properti!

Kalau kamu nggak punya miniatur kecil untuk dijadiin properti untuk diorama atau nggak bisa bikin diorama, kamu bisa memotret di mana aja–bahkan di halaman rumah, dengan properti apa saja. Tapi semua tergantung tema atau “cerita” apa yang mau dibuat berkaitan sama mainan kamu. Biasanya halaman rumah memang jadi properti paling sering dipakai sama kebanyakan Toy Photographer kok. Atau kamu juga bisa banget pakai meja makan dan piring-piring di rumah untuk kesan yang beda. Intinya mah, eksplorasi terus aja!

A photo posted by rahmat budiman (@matetampan) on

Atur Pose yang Menarik dan Keren

Misal mainan kamu itu bentuknya statue, vinyl, atau mainan yang posenya nggak bisa diapa-apain lagi alias “pajangan”, kamu harus pinter-pinter cari angle yang berbeda untuk bisa menghasilkan beberapa foto oke dari mainan kamu itu. Biasanya sih, mainan statue gitu bisa menghasilkan 3-4 angle berbeda yang keren. Tapi kalau mainan kamu bisa digerakin atau action figure yang engselnya bisa dipose macam-macam, kamu bisa bikin pose layaknya superhero, orang lagi makan, lagi lari-lari, atau lagi memandang. Apa aja!

Gabung Komunitasnya!

Sudah foto-foto mainan, tapi merasa ilmu kamu kurang? Gabung komunitas Toy Photography aja! Salah satu yang paling eksis itu adalah @ToyGraphyID yang bisa kamu cek di Instagram. Dalam komunitas ini, kamu bisa melihat referensi foto-foto mainan keren. Mereka juga suka bikin gathering dan juga berpartisipasi dalam acara pameran mainan, plus suka bikin pameran di Instagram untuk foto terbaik di waktu-waktu tertentu. Siapa tau mereka bisa membantu kamu menambah skill juga.

Pokkoknya, jangan berhenti eksplorasi dengan berbagai macam angle dan background. Bikin semua orang suka sama hasil karyamu. Siapa tahu bisa ikutan lomba nantinya!

Photo Credit: m.id.mobogenie.com

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza