7 Ciri Hotel Eco Friendly yang Kekinian

Dengan semua tren yang ramah pada alam, bisnis pariwisata pun mulai mengadopsinya. Menginap di hotel eco friendly pun menjadi tren baru.

Sama seperti semua gerakan ramah lingkungan lainnya, apa pun yang ada embel-embel eco friendly menginginkan agar ada sedikit mungkin pengaruh usaha mereka pada lingkungan. Dan membuat hotel yang eco friendly itu nggak mudah, karena cukup banyak aturannya. Pada dasarnya, hotel yang ramah lingkungan atau eco friendly haruslah mendorong kelangsungan alam di sekitarnya, menunjukkan kontribusi pada pelestarian alam, memiliki aturan-aturan yang sangat mempertimbangkan kondisi alam, dan juga berdonasi pada warga di sekitar hotel.

Sementara ciri-cirinya, yang mudah kita temukan seperti di bawah ini:

Alat mandi yang menggunakan bahan organik tanpa racun

Ini salah satu yang utama. Karena biasanya, sabun, sampo, detergen, perlengkapan mandi terbuat dari bahan-bahan yang bisa menjadi limbah. Ditambah lagi, sebisa mungkin perlengkapan mandi diarahkan untuk hemat air, atau limbah air di hotel bisa diolah kembali.

Furnitur terbuat dari bahan daur ulang atau bahan ramah lingkungan

A post shared by In Bed With (@inbedwith.me) on

Tempat tidur, kursi, meja sebisa mungkin dibuat dari kayu daur ulang, atau bahan-bahan yang tidak meninggalkan jejak limbah.

Penggunaan lampu yang hemat energi

A post shared by @dereisenhofer on

Salah satu yang paling penting bagi sebuah hotel ramah lingkungan, karena penyinaran tentu menjadi bagian terpenting bagi sebuah penginapan. Selain hemat energi, kalau bisa lampu yang dipilih juga dari merek yang terkenal ramah lingkungan.

Seprai, kasur, handuk terbuat dari bahan organik

Sama seperti ciri-ciri bahan pakaian yang ramah lingkungan, kelengkapan di kamar juga harus dibuat dari bahan kain yang ramah lingkungan. Biasanya terbuat dari katun organik.

Punya aliran udara yang banyak

A post shared by Rhandy Halim (@rhandyhalim) on

Sebuah hotel hijau yang konsisten biasanya menginginkan agar para tamu tak tergantung dengan pendingin ruangan. Sehingga gaya bangunan dibuat sebisa mungkin untuk menangkap dan menyimpan aliran udara. Karena itu, biasanya hotel hijau dibuat dengan gara arsitek yang cukup unik. Semua demi menangkap udara yang banyak.

Baca juga: Mau Lebih Dekat Dengan Alam? Coba 4 Wisata Air Panas di Bogor Ini

Menggunakan sumber energi yang diperbaharui

A post shared by Andreas Nenniger (@nenna_nana) on

Ini syarat yang juga mahal, karena hotel hijau biasanya punya salah satu dari sumber energi terbarukan seperti solar panel atau panel angin. Walau pun kabarnya, panel surya sekarang sudah nggak begitu mahal.

Bebas asap rokok sama sekali

A post shared by K!@T (@1mkiat) on

Karena rokok adalah salah satu limbah karbon, biasanya di area hotel akan dilarang merokok sama sekali.

Baca juga: 5 Wisata Alam di Tanah Air yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Ini baru sebagian dari karakteristik sebuah hotel hijau, masih banyak sebenarnya, tapi ini cukup prinsipil. Tentu bila biasa menginap di hotel yang umum, menginap di hotel seperti ini cukup punya tantangan. Apalagi kalau kamu tipe tamu yang manja.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza