Tambah Wawasan Kamu dengan 7 Channel Youtube ini!

Channel-channel Youtube edukasi ini menyediakan berbagai video sains dengan ilustrasi yang menarik. Ada yang berbahasa Indonesia juga, loh!

Belanja nggak harus selalu ke pasar. Sama seperti belajar yang nggak harus selalu di sekolah. Karena zaman sekarang, internet telah menawarkan banyak sekali platform untuk menambah ilmu dan wawasan—secara gratis! Salah satunya adalah YouTube!

YouTube? Masa sih? Pasti kebanyakan dari kamu mengunjungi YouTube untuk menonton video Vevo dari channel artis kesukaan kamu. Atau menonton channel kocak seperti Last Day Prod, WahBanana!, dan CollegeHumor. Akan tetapi, kamu tahu nggak kalau ternyata YouTube punya banyak channel sains loh.

Namun nggak seperti pelajaran sains di sekolah, karena sejumlah video sains di YouTube mempunyai ilustrasi, videografi, bahkan sketsa yang sangat menarik! Yang akan membuat kamu betah menonton, sekaligus mengisi waktu luang dan menambah wawasanmu.

Mengingat ada banyak channel sains di YouTube, kami memberikan sejumlah rekomendasi channel sains yang bisa kamu nikmati.

Veritasium—Element of truth

Channel satu ini adalah favorit saya karena dua alasan. Pertama, channel yang memiliki lebih dari 3,5 juta subscriber ini banyak membicarakan tentang pertanyaan-pertanyaan sains yang belum terpikirkan bagi kita sebelumnya. Misalnya, salah satu video Veritasium yang berjudul “The Speed of Life” bercerita tentang bagaimana orang tua dan muda mempersepsikan waktu secara berbeda. Ada juga video berjudul “What is Not Random?” yang bercerita tentang apa saja hal yang kita bisa atau nggak prediksi.

Kedua adalah karena sang host channel ini, yaitu Derrick yang sering mengajak penonton bertualang dan melihat fenomena fisika sampai psikologi di dunia nyata. Misalnya dalam video yang berjudul “A Walk around Chernobyl”, Derrick mengajak para penonton berkeliling kota Chernobyl yang terkenal karena terkena radiasi nuklir.

Vsauce—Our world is Amazing.

Pernahkah kamu berpikir, apa sih warna cermin itu? Bila penasaran, kamu bisa mendapatkan jawabannya di channel Youtube edukasi ini. Vsauce merupakan channel sains yang telah memiliki lebih dari 10 juta subscriber. Sang pemilik, yaitu Michael Stevens sangat terkenal karena kemampuannya menjawab pertanyaan ilmu pengetahuan yang tidak pernah terpikirkan selama ini.

Bahkan nggak jarang ketika kamu menonton videonya, kamu akan merasakan sensasi yang mind-blowing. Misalnya dalam video yang berjudul “What is the Speed of Dark?” dan “How Much Does a Shadow Weigh?”, Vsauce menjelaskan bagaimana cara mengukur kecepatan cahaya dan beratnya bayangan manusia.

ASAPScience—Senang dalam Sains

Jika kamu suka sains dengan ilustrasi menarik dan penjelasan sederhana,ASAPSciencemerupakan channel Youtube edukasi yang cocok buat kamu. Channel dengan 5,3 juta subscriber ini memiliki video menarik seputar biologi yang bisa membuat kamu penasaran! Misalnya, kamu nggak perlu mencoba ganja untuk mengetahui efeknya, cukup tonton video “Your Brain on Drugs: Marijuana”. Kamu juga bisa membela diri ketika kamu dikritik karena suka main game, setelah menonton video: “Can Video Game Make You Smarter?”.

Kedua host channel ini, yaitu Mitchell dan Gregory juga nggak jarang membuat video yang berkaitan dengan anak muda. Misalnya, ASAPScience pernah membuat video yang menceritakan alasan dibalik mengapa kita baper ketika patah hati dalam video The Science of Heartbreak. Atau video tentang mengapa orang bisa selingkuh dalam video Why do We Cheat?.

MinutePhysics—Cool Physics, Sweet Science

Jika kamu pecinta fisika, atau hanya penasaran, MinutePhysics merupakan tontonan yang cocok untuk kamu. Dengan lebih dari 140 video yang dimiliki, Henry Reich mencoba menjelaskan fenomena-fenomena fisika yang hadir di sekitar kita hanya dalam kurun waktu 1-3 menit.

Tanpa menggunakan hitung angka atau rumus yang ribet, hampir semua video dari MinutePhysics dibuat sesederhana mungkin agar mudah dipahami. Misalnya kamu bisa mengetahui bagaimana cara kerja laser melalui video How Laser Works. Atau kamu bisa mengetahui 6 cara untuk menjelajah waktu melalui video yang berjudul 3 Simple Ways to Time travel and 3 Complicated Ones di channel yang satu ini.

Crash Course—Kursus di Youtube

Saya kehabisan kata-kata untuk mendeskripsikan channel YouTube edukasi ini. Di balik Channel yang memiliki 4,5 juta subscriber ini, terdapat dua saudara cerdas Hank Green dan John Green (penulis buku The Fault in Our Stars), dan sejumlah tim ilmuwan yang mendedikasikan waktu mereka untuk ilmu pengetahuan cabang APAPUN! Jadi CrashCourse sangat cocok buat kamu yang haus akan wawasan, atau kamu yang penasaran dengan apa yang dipelajari oleh ilmu pengetahuan lain.

Channel Youtube edukasi ini mempunyai banyak playlist video sains yang sangat lengkap. Mulai dari sejarah, biologi, psikologi, hukum, ekonomi, politik, kimia, lingkungan, games, literatur, dan bahkan filosofi. Setiap playlist menyediakan konten yang sangat komprehensif dalam membahas ilmu dan dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasinya.

Kok Bisa?—Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Indonesia

Bisa dibilang semua channel YouTube edukasi yang saya rekomendasikan di atas hadir dalam bahasa Inggris. Namun channel satu ini berasal dari YouTuber—sebutan bagi pembuat video YouTube—Indonesia. Sehingga video yang disajikan pun menggunakan bahasa Indonesia.

Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri karena ada YouTuber dari Indonesia yang mendedikasikan dirinya untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan. Ia melakukannya melalui sebuah video yang sangat menarik dan mampu mengundang minat generasi muda Indonesia melalui channel “Kok bisa?”

Selain menguak misteri seputar dunia dan manusia, seperti melalui video Kenapa kita cegukan?, Kenapa golongan darah kita bisa berbeda?, dan Apa itu Cinta?. Channel Youtube edukasi dengan lebih dari 200.000 subscriber ini juga membuat beberapa video eksklusif tentang fenomena-fenomena yang terjadi di Indonesia.

Misalnya dalam video berjudul Kenapa Rupiah Kita Melemah?, menjelaskan tentang mengapa nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika. Ada juga video yang berjudul Kenapa Jakarta Macet Banget?, yang menjelaskan alasan-alasan mengapa Jakarta bisa macet.

ColdFusion—Perkembangan Teknologi Termutakhir

Menambah wawasan nggak selalu dengan membaca, tapi bisa juga dengan mendengarkan dan menonton Dagogo, sang host channel ColdFusion. Ia memiliki suara yang lembut saat menceritakan hal-hal penting di dunia teknologi di dalam videonya. Sejauh ini ColdFusion telah memiliki lebih dari 680.000 subscriber.

ColdFusion memiliki banyak video, sehingga cukup sulit bagi saya untuk memilih mana yang menjadi favorit. Namun ada dua playlist video yang menarik perhatian saya, yaitu Technology History dan How Big.

Dalam playlist Technology History, ColdFusion menceritakan banyak sejarah teknologi dengan sederhana, seperti sejarah PlayStation atau Android vs iOS. Sedangkan di dalam playlist How Big, ColdFusion menceritakan seberapa besar sebenarnya perusahaan teknologi seperti Google, Samsung, dan Apple itu, dan mengapa kamu harus tau.

Jadi bagaimana, apakah kamu ingin menambah wawasan? Tunggu apa lagi? Segera masuk ke salah satu dari kumpulan channel Youtube edukasi di atas. Bila kamu tertarik jangan lupa subscribe juga untuk mendapat informasi video-video terbaru dari mereka.

Sumber Gambar Utama: Brick 101

Categorised in: , ,

This post was written by Tommy Prayoga