7 Cara Menangkan Hati Calon Mertua

Disukai sama camer ama aja dengan dapet restu dari mereka. Tapi, menangin hati calon mertua sama susahnya dengan menangin hati pacar kamu.

Setelah kamu berhasil menaklukkan hati pacar kamu, ada hal lain yang perlu kamu taklukkan: hati calon mertua kamu. Kadang, kamu nggak perlu banyak usaha, calon mertua biasanya udah percaya sama pilihan anak mereka. Tapi realita yang bakal kamu temuin adalah, kamu musti ekstra usaha hanya untuk bisa diterima oleh calon mertua. Ini belum masuk tahap di mana kamu bisa disenangi dan berhasil ngambil hati mereka. Salah langkah, apalagi salah ucap, bisa berantakan semuanya.

Gagal dapet respect dari calon mertua, berarti kamu harus siap-siap nggak dapet restu buat pacaran. Apalagi ke jenjang yang lebih serius. Nah, kalo kamu emang pengen serius sama pacar kamu, saatnya buat caper sama sang calon mertua. Jangan khawatir, ikutin langkah-langkah berikut ini, dan bersiaplah diterima jadi mantu.

1. Cari persamaan

via GIPHY

Ini adalah hal paling mendasar yang biasa orang lakuin untuk membuat obrolan atau percakapan dengan orang baru. Termasuk juga waktu kamu sedang ngedeketin atau terlibat obrolan dengan calon mertua kamu. Ketika nggak ada satu persamaan yang bisa dijadiin percakapan, maka obrolan jadi tersendat. Coba gali lebih dalam lagi, cari objek yang paling disukain sama calon mertua kamu. Masih belum dapet juga? Coba obrolin soal makanan. Siapa pun suka makan, dan kamu bisa jadiin topik persamaan makanan kesukaan sebagai bahan omongan. Begitu obrolan udah nyambung, semuanya jadi lebih gampang dan ikatan pun mulai terjalin.

2. Coba lebih terbuka, tapi hati-hati

via GIPHY

Calon mertua kamu bakal langsung menilai karakter kamu begitu pertama kali ketemu. Cobalah buat terbuka sama mereka. Mereka akan tau langsung kalo kamu ada yang ditutup-tutupi, atau kalo kamu adalah orang yang tertutup. Ortu pacar kamu pasti nggak akan nyaman ketemu sama orang yang tertutup, kamu bakal seperti punya agenda tersembunyi buat anak mereka. Tapi menjadi orang yang terbuka jangan sampai kebablasan. Nggak semua hal perlu kamu umbar, apalagi jika itu nyangkut keburukan kamu. Coba buat sedikit ngerem kalo kamu udah mulai kelewatan.

Baca juga5 Hadiah Sempurna Untuk si Calon Mertua

3. Minta pendapat mereka

via GIPHY

Saat kamu terlibat percakapan dengan calon mertua kamu, cobalah sesekali minta pendapat mereka soal apa pun. Ketika kamu minta pendapat mereka, mereka bakal ngerasa dihargain. Ini cara yang bagus buat dapetin respect mereka. Nggak peduli apakah kamu setuju atau enggak dengan pendapat mereka. Yang penting kamu harus menunjukkan rasa terima kasih kamu karena telah dibantu lewat pendapat mereka.

4. Perlakukan mereka seperti orangtua sendiri

via GIPHY

Tunjukin bertapa spesialnya mereka di mata kamu, seolah mereka adalah orangtua kamu sendiri. Ketika ayahnya ulangtahun, bawalah kado dan berikan ucapan selamat yang spesial. Saat hari ibu, bawakanlah bunga dan berikan ucapan selamat hari ibu yang tulus buat ibunya. Cara ini akan menghilangkan jarak di antara kamu dan calon mertua, sekaligus bikin kalian jadi lebih akrab lagi dari sebelumnya. Mereka akan mulai nganggep kalau kamu adalah bagian dari keluarga.

5. Jangan pernah mengkritik anaknya

via GIPHY

Kadang sebagai orangtua, mereka sering cerita tentang kejelekan-kejelekan anaknya. Hati-hati, ini bisa jadi jebakan atau bahkan bisa seperti bumerang yang bakal berbalik ngerugiin kamu. Ingat, jangan pernah mengkritik pacar kamu di hadapan orangtuanya. Jangan pernah juga ngomongin keburukan anak mereka. Bagaimana pun juga, kamu sebagai pacarnya seharusnya bisa ngejaga harga diri pacar kamu di hadapan siapa pun, termasuk orangtuanya sendiri. Jika memang pacar kamu ada salah, kamu yang bertugas ngebimbing dia untuk bisa berubah jadi lebih baik.

6. Selalu tunjukin kebahagiaan kamu

via GIPHY

Nggak ada yang lebih membahagiakan buat orangtua selain ngeliat anaknya bahagia. Kamu sebagai pasangan harus nunjukin kalo hubungnan kamu dengan anak mereka selalu dipenuhi kebahagiaan. Selalu tersenyum di depan mereka, karena diam-diam sesungguhnya mereka memerhatikan kamu berdua. Tunjukin kalo hubungan yang kalian jalanin selalu dipenuhi sebahagiaan.

Baca juga4 Modal Gampang Menjadi Pria Sholeh Yang Siap Nikah

7. Banyak meluangkan waktu buat kumpul bersama calon mertua

via GIPHY

Kebanyakan orangtua sering protektif pada anak mereka. Tentu saja ini bukan hal yang aneh. Daripada selalu bikin orangtuanya khawatir karena kamu dan dia sering pulang telat kalo kelar pulang kencan, lebih baik kamu kencan di rumahnya, biar kalian berdua lebih banyak ngeluangin waktu yang berkualitas bersama orangtua. Mereka jadi lebih seneng, karena dengan begitu, mereka nggak perlu lagi khawatir tiap kali kamu pergi kencan dengan anak mereka.

Lakukan semua hal di atas, dijamin calon mertua kamu bakal nggak sabaran buat ngangkat kamu jadi menantu.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza