7 Cara Bikin Motor Kamu Hemat Bensin

Hal kecil yang kamu lakuin untuk bikin motor irit bensin ini ternyata juga bisa ngurangin efek polusi. Plus kamu jadi lebih hemat deh.

Siapa sih yang nggak pengen punya motor irit bahan bakar? Tentu aja tujuan utama kamu buat bikin pengeluaran kamu lebih irit ketimbang punya motor yang boros bensin. Tapi, kalau tujuan mulia kamu ini ternyata juga bisa ngebantu nyelametin lingkungan, tentu jadi nilai plus tersendiri. Dengan bikin motor kamu hemat bahan bakar, kamu udah ngurangin juga pengeluaran gas buang dari motor kamu itu.

Kamu nggak perlu ganti motor kamu sama yang baru buat dapetin irinya. Cukup lakuin beberapa trik dan modivikasi ini biar bensin motor kamu jadi lebih irit dan nggak nguras bersih uang di kantong kamu. Nah, cobalah mulai dengan cara kecil berikut ini.

1. Ubah kebiasaan kamu berkendara

A post shared by Denis Borges (@denisborges78) on

Sebenernya yang bikin motor kamu awet itu tergantung dari kamu yang biasa memakainya tiap hari. Tapi, kebiasaan kamu nyetir motor juga mempengaruhi boros nggaknya motor kamu. Kebiasaan ini termasuk cara kamu ngejaga kecepatan motor. Banyak cowok yang seneng kebut-kebutan dengan motor kesayangan mereka. Selain bahaya buat keselematan kamu dan bisa bikin kecelakaan, bensin kamu jadi lebih boros dan mesin jadi cepet rusak. Supaya ini nggak terjadi, sebaiknya kamu jaga kecepatan motor antara 40-60 km/jam.

2. Jangan menarik gas dengan mendadak

Kebiasaan lain adalah cara narik gas saat kamu berkendara. Kadang kamu sering narik gas secara mendadak. Cara ini bikin bahan bakar yang akan dihisap ke ruang pembakaran jadi lebih banyak, sementara putaran mesin saat itu masih rendah. Akhirnya banyak bahan bakar yang nggak terbakar malah terbuang lewat knalpot. Ini jadinya pemborosan buat bensin motor kamu. Jadi, cobalah untuk menarik gas secara stabil dan bertahap.

Baca juga: 8 Bengkel Wajib Para Vespa Mania di Jabodetabek

3. Ganti dan bersihin busi kamu secara rutin

A post shared by SAMotoshop (@samotoshop) on

Busi motor gampang banget kotor akibat bekas pembakaran. Padahal, kualitas pembakaran bensin bergantung banget sama kualitas pengapian dari busi. Kalau pengapiannya jelek, maka kualitas di ruang pembakaran jadi nggak optimal, akhirnya tenaga yang dihasilin jadi berkurang, dan bahan bakar pun tersedor lebih banyak untuk ningkatin tenaga motor kamu. Karena itu, pastiin busi kamu nggak kotor biar pembakarannya nggak terganggu, atau kalau memang udah parah, ganti aja sama yang baru. Oya, cek juga jangan sampai posisi busi terlalu renggang karena bakal bikin masalah yang sama dengan busi kotor.

4. Pilih oli mesin yang berkualitas

Semua juga tau, kualitas menentukan performa. Semakin bagus kualitasnya, semakin bagus juga performa mesin motor kamu. Kalau kamu pilih oli berkualitas jelek, tentu motor jadi nggak awet dan mesin jadi nggak bekerja maksimal. Oli dengan kualitas bagus bakal bikin gesekan mesin motor jadi lebih halus dan suhu panas di dalam mesin juga bisa berkurang. Nah, kalau dapur pacu di dalem mesin motor bisa lebih ringan, maka konsumsi bahan bakar motor kamu pun bisa lebih hemat.

5. Atur kerapatan Klep Motor

A post shared by DwiiAntika (@panjul_02) on

Kalo motor kamu termasuk jenis motor 4 tak, ada trik yang bisa kamu lakuin buat ngirit bensin, yaitu dengan ngubah setelan klep atau valve. Bagian mesin yang satu ini fungsinya buat ngatur campuran bahan bakar dan udara yang bakal masuk ke ruang pembakaran. Cobalah atur setelan klep ini agar bukaannya jadi kecil sehingga semburan bensin jadi lebih sedikit. Ini artinya kamu bisa jadi lebih menghemat bahan bakar motor kamu.

Baca juga: Perangkat Wajib Buat Biker yang Punya Pacar

6. Ubah setelan pelampung karburator

Kamu juga bisa lebih ngirit bensin dengan nyetel ulang pelampung karburator. Jadi, sebelum bahan bakar masuk ke ruang pembakaran, biasanya bakal ditampung dulu di karburator. Pelampung ini fungsinya buat ngatur seberapa banyak bensin yang masuk ke mangkuk reservoir. Untuk bikin asupan bensin lebih irit, kamu bisa ngatur ketinggian pelampung karburator dengan jarak kurang lebih 1-2 milimeter. Tapi cara ini butuh kesabaran karena harus tepat. Kalau salah, bisa jadi mesin batuk-batuk, atau bensin malah jadi banjir ke mesin.

7. Pasang Power Booster

Cara ini berlaku buat semua jenis mesin motor, baik 2 tak maupun 4 tak. Dengan memasang power booster, kamu udah memperbesar pengapian motor kamu. Ini artinya, bahan bakar yang diletupin busi jadi makin sempurna. Logikanya, kalo pengapian besar, maka nggak perlu menarik gas motor terlalu besar, karena tenaga yang dihasilin udah besar juga. Nah buat masang power booster ini, kamu tinggal beli alatnya di toko onderdil motor dan bisa minta dipasangin sekalian.

Bayangin kalo kamu dalam seminggu bisa ngirit 30% dari penggunaan bensin yang biasa kamu beli, selain hemat, polusi udara yang dihasilin dari gas buang motor kamu pun bisa ditekan.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza