7 Cara Hemat yang Ternyata Eco Friendly

Siapa bilang gaya hidup eco-friendly bisa nguras duit? Justru sebaliknya, ini bisa jadi cara hemat sekaligus bisa nyelametin lingkungan.

Ada banyak kesalahpahaman soal konsep hidup eco-friendly yang dianggap mahal, nggak nyaman buat dilakuin, dan banyak effort-nya. Kenyataannya, nggak susah kok buat ngejalaninnya. Dengan ngejalanin perubahan kecil dalam hidup, kamu udah bisa nyelametin bumi ini dari pemanasan global. Bonusnya? Kamu sebenernya juga bisa menghemat uang kamu lho!

Mungkin kamu berpikir, kalo makanan organik dan mobil hybrid bisa bikin tabungan kamu terkuras. Tapi masih banyak cara yang jauh lebih murah dan jauh lebih mudah untuk ngurangin pengeluaran limbah yang kamu hasilin dalam sehari. Yang perlu kamu inget adalah, gerakan penyelamatan lingkungan nggak hanya tentang nambahin sesuatu dalam hidup kamu, tapi tentang menyederhanakan tindakan kita, berpikir lebih ekonomis, dan mau bergotong royong. Hasilnya: penghematan uang saku kamu. Coba aja beberapa (atau semua!) cara gampang berikut ini, buat lebih bersahabat dengan bumi dan dompet kamu.

1. Pakai shower bertekanan rendah

shower-1502736_1280

Nah, kamu nggak nyangka kan kalau shower itu berpengaruh sama penghematan. Kebanyakan orang pengen mandi dengan shower yang ngucurnya kenceng. Padahal, dengan memakai shower biasa yang lebih murah dengan tekanan air yang nggak terlalu kenceng, malah bisa bikin kamu hemat air sebanyak 25 sampai 60 persen lho! Memilih mandi pake shower ketimbang air dari bak mandi juga bisa ngehemat air lho.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Biar Lebih Hemat Air Di Rumah

2. Cabut semua colokan

electrical-1138056_1280

Segala perangkat elektronik di rumah kamu itu bisa dibilang vampir yang senengnya menghisap pelan-pelan konsumsi listrik kamu, bahkan saat mereka nggak dipake sekalipun. Kalo kamu pake dekorder TV, itu bisa jadi biang kerok pemborosan yang bisa disalahin. Tapi DVD player, modem, dan komputer kamu, mereka seperti drakula kecil yang menyedot tenaga listrik walau mereka seharusnya dalam keadaan “mati”. Tanpa kamu sadari, tagihan listrik jalan terus. Baiknya, cabut semua colokan kalo kamu nggak pake, biar nggak ada tenaga listrik sedikit pun yang tersalur ke perangkat elektronik kamu.

3. Kurangin beli buku cetak

reading-1249273_1280

Kamu nggak hanya nyelametin pohon-pohon dari pembunuhan massal, tapi juga bisa lebih berhemat. Buku elektronik atau dikenal dengan e-book jauh lebih murah ketimbang buku cetak. Bayangin berapa banyak energi dan limbah yang dihasilin dari mengolah pohon jadi selembar kertas sampe dicetak jadi sebuah buku. Nggak suka baca lewat layar LCD? Beli buku bekas, atau mampir ke perpustakaan terlengkap di kota kamu. Siapa tahu kamu bisa ketemu gebetan baru di sini.

4. Biasain pakai serbet kain dari pada tisu

napkins-1090175_1280

Serbet kain, selain bisa kamu pakai berulang-ulang, juga tahan buat ngebersihin tumpahan saus, bekas makanan, dan sebagainya. Kebanyakan orang lebih suka makai tisu buat ngebersihin tumpahan makanan atau apa pun itu. Bayangin, berapa banyak tisu yang kamu pakai buat ngebersihin cairan? Nggak cukup satu kan? Padahal tisu itu dibuat dari batang pohon. Bayangin kalo kamu makai lap atau serbet kain, kamu bakal menghemat pengeluaran tisu dan juga mengurangi limbah pembuangan kamu.

5. Masak dari nol

woman-1979272_1280

Kini zamannya orang nggak mau ribet. Banyak yang pengen segala sesuatunya serba praktis dan cepet. Termasuk dalam nyiapin makanan. Padahal ngurangin makai makanan kemasan bisa mengurangi limbah kaleng, plastik, dan stereofoam yang banyak dipake buat ngebungkus makanan-makanan setengah jadi atau makanan kemasan matang. Biasain deh masak sendiri dari nol. Pakai bahan makanan segar dan buat bumbu yang kamu olah sendiri. Gak susah kan?

6. Tanem sendiri makanan kamu

top-view-1248955_1280

Tahu nggak kalau berkebun itu bisa ningkatin kesehatan kamu dan ngilangin stres? Bahkan menurut penelitian, pasien rumah sakit ternyata bisa lebih cepet sembuh kalo berada di lingkungan hijau atau di dalam ruang yang banyak tanamannya. Nah, nggak ada salahnya kamu bikin taman di rumah kamu jadi lebih hijau dengan nanem sendiri sayuran yang bisa jadi makanan kamu. Tomat, timun, selada, cabai, kol sampai berbagai tanaman bumbu dapur, paling gampang buat ditanam sendiri. Dan tentu aja bikin kamu jadi lebih hemat, kan?

Baca juga: Pelihara 4 Tanaman Bumbu Ini Supaya Acara Masak Kamu Tambah Seru

7. Lebih bijak sama mesin cuci kamu

washing-machine-943363_1280

Kalo kamu baru berniat mau beli mesin cuci, pikirkan ini: mesin cuci front-loader (tabung menghadap ke depan) lebih hemat air dan energi ketimbang mesin cuci top-loading (tabung menghadap ke atas), apalagi mesin cuci twin tube (dua tabung vertikal). Walau harganya sedikit lebih mahal, tapi efek jangka panjangnya bakal bikin kamu hemat lebih banyak duit. Dari mulai tagihan listrik, tagihan air, dan biaya perawatan karena kebanyakan mesin cuci ini lebih awet. Pikirin juga saat mau pakai mesin cuci, pilih proses pencucian yang siklusnya paling dikit buat ngirit air. Sebaiknya kamu skip ngeringin cucian kamu dengan mesin cuci di saat panas matahari lagi terik, karena pengering mesin cuci, apalagi yang pake pemanas, sangat boros listrik.

Nah, gak ribet kan buat membiasakan hidup eco-friendly alias ramah lingkungan. Percaya deh, kamu bakal ngerasain hematnya begitu ngejalaninnya.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza