6 Hal Yang Bisa Bikin Kamu Makin Cerdas Tiap Hari

Kamu perlu memicu diri kamu sendiri agar bisa jadi lebih pintar dari hari ke hari, kalau mau jadi orang hebat. Ini yang bisa bikin kamu makin cerdas.

Siapa pun nggak bisa menjadi pintar dalam sehari. Kalau kamu ingin memperkaya diri dan meningkatkan wawasan, kamu perlu mengasah kecerdasan kamu setiap hari. Ini ada hal-hal kecil, alias sederhana yang bisa kamu lakukan, untuk bikin kamu makin cerdas dari hari ke hari tanpa harus repot.

BACA JUGA: Cara Benar Biar Kamu Bisa Cepat Lulus Kuliah

Ngide tiap hari.

notes-514998_1920

Ide ini bisa apa aja, seperti gimana cara memberantas kemiskinan, bagaimana mecahin masalah yang lagi kamu hadapi hari itu, atau bagaimana bikin startup baru yang seru. Nggak masalah ide itu mengarah ke mana, asalkan kamu bisa selalu menstimulasi otak kamu dengan ide-ide segar tiap harinya. Siapa tahu ide kamu bisa nguntungin atau menghasilkan duit buat kamu.

Dapet ilmu baru? Share ke orang lain!

workplace-1245776_1920

Membagi, menjelaskan, dan mendebat sebuah ide bakal bikin kamu paham dan memproses lebih dalam topik-topik yang baru kamu pelajari itu. Ditambah lagi, kamu bisa nyerap hal-hal baru dari orang yang kamu ajak berbagi ilmu tersebut, ketika mereka ikut membahas apa yang kamu ucapin.

Hang out sama orang yang lebih pinter dari kamu.

people-1209916_1920

Hang out sama cowok yang lebih keren bakal bikin kamu tenggelam, hang out sama cewek yang cantik bakal bakal bikin cowok-cowok lain cemburu. Tapi hang out sama orang yang lebih pinter, pasti bikin kamu bakal jadi pinter juga. Coba serap semua yang ia ucapin. Banyaklah bertanya. Tunjukin ketertarikan kamu. Gaul sama orang-orang pinter bakal ngasih kamu banyak wawasan baru dan juga inspirasi hidup.

Bengong ada baiknya!

boy-1149957_1920

Kadang, duduk bengong di tempat sepi tanpa melakukan apa pun, bisa ngasih inspirasi kamu. Ketenangan kadang bisa bikin kamu lebih kreatif. Nggak perlu liburan ke tempat terpencil. Cukup luangin waktu untuk duduk di kamar tanpa gangguan televisi dan musik. Biarkan pikiran kamu melayang -bukan ke rumah gebetan- tapi buat nyari ide-ide baru.

Baca satu bab buku fiksi atau non fiksi.

man-571051_1920

Tiap hari, buat target untuk baca satu bab buku. Kamu pasti punya banyak waktu buat baca buku, baik waktu kamu sedang di dalam taksi atau sedang nungguin barista bikin kopi. Buku fiksi bakal bikin kamu mampu memahami karakter dan mencoba menyerap situasi dari segala perspektif. Sementara buku non fiksi bantuin kamu nyerap ilmu baru dari berbagai sumber, baik politik sampai psikologi.

Main game.

chess-79638_1280

Repot bawa papan catur? Beberapa aplikasi game seperti catur dan Scrabble, juga bisa ngasah otak kamu. Tantang diri kamu dengan bermain melawan teman atau komputer. Selain itu, kamu juga bisa bermain puzzle, Sudoku, 2048 dan masih banyak lagi permainan buat ngasah otak kamu.

BACA JUGA: Biar Rajin Kuliah, Ini 7 Tipsnya

Nah, jadikan ini kebiasaan kamu bila kamu ingin bertambah pintar setiap harinya. Nggak harus dikerjain semua dalam satu hari. Pilih yang paling gampang menurut kamu.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza