6 Game Luar yang Memiliki Unsur Indonesia

Nggak cuma di film, dalam game terkenal juga banyak yang menyelipkan unsur Indonesia, baik itu suasananya maupun tokohnya.

Indonesia tidak hanya sering disinggung di film-film Hollywood. Game-game yang diproduksi di luar negeri juga kerap memasukkan unsur Indonesia. Entah lokasi ataupun tokohnya.

Uncharted Drake’s Fortune

Screen Shot 2017-08-13 at 2.13.38 AM
Game ini menghadirkan tokoh antagonis bernama Eddy Raja yang merupakan bajak laut asal Indonesia. Eddy diburu tokoh utama dalam game ini, Nathan Drake. Eddy bersama dua pentolan teroris internasional lainnya mencari harta karun El Dorado yang juga diincar Drake. Dalam beberapa adegan, Edy juga berbicara bahasa Indonesia lho.

Baca juga: Main Game Jangan Coba-coba, Pilih 5 Laptop Ini supaya Gaming Lancar

 

Splinter Cell: Pandora Tomorrow

Screen Shot 2017-08-13 at 2.16.41 AM
Tokoh protagonis dalam game ini, Sam Fisher, mendapat misi menghadapi pasukan teroris di Timor Timur. Nah pemimpin pasukan teroris tersebut bernama Suhadi Sadono. Dia merupakan pemimpin pasukan gerilya dengan nama Darah dan Doa. Awalnya, pasukan pimpinan Suhadi merupakan tentara bikinan CIA selama konflik Timor Timur. Saat Amerika Serikat diam-diam tidak mendukung Indonesia lagi di Timor Timur, Suhadi menjadikan Amerika Serikat sebagai musuh.


Front Mission 3

front-mission-3
Selain mengambil setting di Asia Tenggara termasuk Indonesia, dalam game ini juga terdapat tokoh asal Indonesia yaitu Linny Barilar. Ceritanya, Linny adalah petinggi perusahaan agrikultur, Barilar Cooperation. Dia berusaha mengenalkan produk perusahannya, Methane Wanzer, ke dunia.

Far Cry 3

5574-5-game-yang-ada-unsur-indonesianya
Dalam game ini, hewan khas Indonesia, komodo, ditampilkan. Selain komodo yang tampil dengan nama komodo dragon, ada pula binatang Indonesia lain seperti kasuari. Latar game ini juga diambil di antara Samudera India dan Pasifik.

 

Mobile Legends

cc443629-3f8f-4609-a936-b8506d00e996_169
Mobile Legends merupakan aplikasi games besutan Shanghai Moonton Technology Co Ltd. Pada Juni lalu, Mobile Legends meluncurkan karakter baru yakni legenda pahlawan asli Indonesia, GatotKaca. Jika kamu memainkannya, bakal ada kalimat-kalimat khas Indonesia yang bisa kamu dengar dari karakter GatotKaca. Contohnya unity in diversity yang diambil dari Bhinneka Tunggal Ika hingga Om Telolet Om.

Ragnarok Online

600
Game dari Korea Selatan ini menampilkan peta Pulau Comodo alias Pulau Komodo dan Pulau Dewata alias Bali. Di dalam game ini, ada setting berupa miniatur Candi Borobudur. Ada pula karakter monster khas Indonesia seperti Comodo dan Butoijo.

Terbukti, budaya dan kekayaan negeri Indonesia sudah diakui di dunia luar ya.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza