6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Belajar Surfing

Surfing nggak hanya keren di mata para perempuan, tapi juga bisa ngasih banyak manfaat buat hidup kamu. Cari tau alasannya!

Surfing nggak hanya keren di mata para perempuan, tapi juga bisa ngasih banyak manfaat buat hidup kamu. Cari tau alasannya!

Indonesia memang kaya akan pantainya yang indah. Nggak heran kalau para peselancar dunia bela-belain mampir buat nyobain ombak Indonesia yang nggak kalah menantang. Memang, berselancar atau surfing bukanlah hal yang gampang. Makanya kamu bakal jadi perhatian para cewek kalau berhasil berdiri di atas papan surfing. Ngaku aja, kamu pasti juga suka kagum sama para surfer yang berhasil “menunggangi
papan selancar dan menaklukkan liarnya ombak.

Tapi, ngedapetin respek dari orang lain nggak hanya nilai plus yang bisa kamu dapat dari olahraga yang satu ini. Siapa sangka kalau surfing ternyata punya banyak manfaat yang nggak kamu sadari sebelumnya. Nah, buat kamu yang udah hobi surfing, mungkin manfaat ini bisa jadi nilai tambah buat hidup kamu, sementara bagi kamu yang belum pernah surfing, mungkin bisa jadi alasan untuk nyobain olahraga yang keren ini!

1. Mencegah kamu supaya nggak jantungan

via GIPHY

Berselancar bisa dianggap sebagai latihan kardiovaskular yang bagus buat kesehatan jantung kamu, karena jantung kamu bakal terus terpompa sepanjang kamu bermain surfing. Ini sama aja seperti latihan di mesin kardio dalam intensitas yang cukup tinggi. Kamu bakal ngerasain kalau tenaga kamu bakal terkuras lebih cepat dibandingkan olahraga lain. Dan dengan melatih jantung kamu, itu artinya kamu memperkuat kerja jantung, melancarkan peredaran darah, dan mengurangi risiko diri kamu terkena penyakit jantung.

Baca juga: Kalau Lagi ke Pantai Buat Surfing, 5 Aksesori Ponsel Ini Jangan Ketinggalan

2. Bikin body kamu jadi makin keren

via GIPHY

Saat berselancar, kamu bakal makai tangan kamu buat mendayung, sehingga otot bagian tangan kamu jadi lebih kekar. Dan ketika kamu berhasil nangkap ombak, kamu bakal memakai seluruh otot inti kamu buat jaga keseimbangan tubuh biar bisa tetap berdiri di atas papan selancar. Ketika sedang beraksi pun, kaki kamu tetep aktif ngejaga keseimbangan dan sekaligus ngarahin arah papan kamu. Bisa dibilang, surfing itu adalah latihan untuk seluruh tubuh.

3. Nurunin berat badan kamu secara drastis

via GIPHY

Rata-rata kebanyakan orang bisa ngebakar kalori mereka hingga 400 kalori per jam selama mereka surfing. Serunya main surfing adalah, kamu nggak akan ngerasain kalau waktu akan berlalu dengan cepatnya. Jadi kamu cenderung ngerasa ingin nambah sejam lagi berada di atas papan surfing. Bayangin berapa banyak kalori yang bisa kamu bakar setiap kali kamu berselancar!

4. Kamu bakal belajar keseimbangan hidup

Wave GIF - Find & Share on GIPHY

Di zaman sekarang ini, banyak orang yang lupa pentingnya keseimbangan hidup. Mereka terlalu fokus dengan pekerjaan. Hidup terlalu lama dihabisin di depan layar komputer. Para peselancar selalu berusaha menjaga keseimbangan mereka di atas papan selancar. Bahkan mendayung dan duduk di atas papan selancar butuh keseimbangan. Ngedapetin keseimbangan itu bukan hal yang mudah, tapi begitu kamu ngerti, kamu bakal terbiasa dan tau betul bagaimana ngedapetinnya. Dan pemahaman akan keseimbangan ini bakal akan kebawa ke semua aspek hidup kamu. Kamu jadi ngerti betapa pentingnya keseimbangan hidup. Dan kamu bakal berusaha nyoba untuk ngejalaninnya.

5. Kamu jadi lebih sabar

Surfer GIF - Find & Share on GIPHY

Kamu nggak bakal bisa berharap setiap ombak yang dateng bakal sempurna untuk ditunggangi. Kamu juga nggak bakal bisa belajar surfing dalam sehari –bahkan ada yang sampai setahun. Semuanya butuh waktu dan jauh di luar kendali kamu. Kemauan untuk menerima hal-hal yang nggak terduga ini bakal ngubah diri kamu jadi lebih sabar.

6. Hidup kamu bakal jadi lebih bahagia

One Direction GIF - Find & Share on GIPHY

Beruntung kamu tinggal di negara tropis yang sepanjang tahun bisa ketemu sama hangatnya sinar matahari. Tau nggak kalau hampir sekitar 18 juta orang Amerika menderita depresi musiman hanya karena mereka jarang terpapar sinar matahari? Berselancar membuat kamu terpapar lebih lama di bawah matahari, yang nyediain kamu vitamin D. Tubuh kamu nggak bisa memproduksi sendiri vitamin D ini, dan vitamin ini ngejamin kekebalan tubuh kamu dari penyakit. Rasa bersyukur kamu karena punya tubuh yang lebih kuat bakal bikin hidup kamu lebih bahagia dan merasa mampu ngelakuin apa pun.

Makin nggak sabar kan pengen nyobain surfing? Nggak usah banyak mikir, kamu tinggal milih pantai terbaik dari ribuan pantai indah di Indonesia buat mulai surfing.

Baca juga: Cinta Indonesia, Sudah Injakkan Kaki ke 7 Pantai Ini?

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza