5 Trik Mudik yang Nyaman dan Bebas Repot

Memang lebaran masih sebulan lagi, tapi bila kamu baru merencanakan mudik sekarang sebenarnya justru sudah sangat terlambat. Mengapa bisa begitu?

Mudik adalah fenomena budaya. Rasanya tidak ada negara lain di dunia ini – selain Indonesia -yang secara reguler setiap tahunnya, warganya melakukan perjalanan ke kampung halaman, berbondong-bondong sehingga bisa menjadi tontonan, keseruan tersendiri. Bagi yang sudah sering mudik, tentu akan semakin mahir dalam mempersiapkan perjalanan mudik setiap tahunnya. Nah, semua pemudik yang mahir biasanya sudah melakukan 5 hal untuk trik mudik, jauh hari, bahkan ada yang sebelum Ramadhan benar-benar datang.

Pilih moda transportasi yang akan digunakan


Kalau setiap tahun kita mudik ke tujuan yang itu-itu saja, kecuali sudah menikah beda lagi kasusnya, maka kita harusnya sudah tahu pasti, moda transportasi apa saja yang bisa membawa kita ke kampung halaman. Misalnya, akan mudik ke Yogyakarta. Tinggal pilih, mau naik bis, naik kereta, pesawat terbang, atau mengendarai kendaraan sendiri bersama rombongan keluarga yang lain.

Sudah beli tiket atau mempersiapkan kondisi kendaraan


Jika sudah tahu akan mudik melalui jalur yang mana, maka sebaiknya segera membeli tiket. Tiket kereta api bahkan kabarnya sudah ludes dari 3 bulan sebelum lebaran. Karena orang-orang mengincar harga tiket murah. Dan karena ini adalah momen hari raya, sudah pasti semakin mendekati hari besar, harga tiket melambung. Jadi bila sudah tahu akan mudik, mulailah menyisihkan uangmu. Kecuali kamu tidak keberatan menyisihkan sebagian uang THR untuk mudik. Dan bila akan mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan semua kelengkapan kendaraan dalam keadaan prima, jauh hari sebelum mudik.

Baca juga: Kalau kamu gemar mencari tiket pesawat murah, ini ada 5 tipsnya

Trik mudik pilih tanggal cuti yang pas

A photo posted by Gaby (@gaby.barreda) on


Bila ingin cuti libur lebaran yang panjang, mungkin ada baiknya kamu tidak mengambil cuti kantor untuk urusan yang kurang penting. Mengajukan cuti lebaran dari jauh hari, yang jelas mengurangi salah satu kekhawatiran. Kalau tiket mudik sudah di tangan, langsung ajukan cuti. Bila cutimu sudah disetujui jauh hari, maka kekhawatiran lain juga sudah berkurang. Tinggal belanja oleh-oleh, packing, dan persiapan detail lainnya.

Baca juga: Sudah siap cuti lebaran? Jaga kondisi rumahmu dengan 5 langkah ini.

Daftar barang bawaan


Setidaknya 2 minggu sebelum mudik, oleh-oleh untuk keluarga di kampung harus sudah terkumpul. Bila oleh-oleh sudah lengkap, sesuai daftar belanjaan, kamu tinggal mendaftar barang pribadi apa saja yang akan dibawa saat mudik nanti. Berapa banyak pakaian yang akan dibawa, sepatu, obat-obatan, hiburan di jalan, surat-surat, kunci, berapa banyak uang yang akan dibawa, sampai powerbank.

Kamu harus segar bugar untuk bisa mudik


Perjalanan mudik akan cukup menyita energi. Terutama kalau kamu membawa kendaraan pribadi, karena akan sangat melelahkan. Naik kereta, meski hanya duduk, juga bisa membuat capek karena durasinya cukup panjang. Naik bis juga biasanya tidak sebentar, belum lagi bila terjebak kemacetan arus mudik. Perjalanan yang harusnya bisa sehari, jangan kaget, bisa jadi berhari-hari. Ini berdasarkan kisah nyata. Naik pesawat juga bisa melelahkan, khususnya bila kamu mengambil jadwal pagi. Baiknya, jaga kondisi tubuh sejak jauh hari. Bila kamu tahu tujuan mudikmu agak berat rutenya, mungkin kamu bisa mengonsumsi suplemen, atau vitamin, khususnya saat hari mudik sudah dekat.

Baca juga: Jaga kebugaran selama puasa, agar persiapan mudik kamu lebih lancar.

Mumpung Ramadhan baru mulai, mari kita cek lagi. Dengan apa kamu akan mudik tahun ini? sudah membeli tiket mudik? Sudah siap mengajukan cuti? Mulai persiapan mudikmu dari 3 pertanyaan ini saja.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza