5 Tips yang Perlu Kamu Tahu Agar Selamat Bermain Pokemon GO

Bermain Pokemon GO mendorong para pemainnya berpetualang di luar rumah. Ingin petualangan yang aman? Simak selengkapnya di sini.

Pokemon GO nggak seperti video games pada umumnya. Game ini merupakan sebuah ‘augmented reality’ di mana kamu dapat menangkap pokemon di lokasi nyata. Hanya melalui layar smartphone, kamu dapat bertualang dan mencari pokemon favoritmu di lingkungan terdekat.

Anak-anak dan orang dewasa dari berbagai penjuru dunia menggandrungi permainan ini. Pokemon GO bahkan mendapat banyak pujian karena berhasil mendorong masyarakat luas untuk melakukan aktivitas outdoor.

Tentu saja Pokemon GO membawakan permainan inovatif yang menyenangkan, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kamu bermain di luar rumah.

Jangan jalan sambil menangkap pokemon

5 Tips Penting Agar Selamat Bermain Pokemon GO 2

Sumber: Sadie Hernandez
Apa yang akan kamu lakukan ketika salah satu pokemon favoritmu muncul di layar smartphone? Apa kamu akan mengejarnya? Apa kamu berhenti untuk menangkapnya?

5 detik kamu menatap layar smartphone sambil mengejar pokemon sama dengan melaju 10 meter tanpa melihat jalan. Menangkap pokemon dalam Pokemon GO memang membutuhkan sejumlah konsentrasi. Kamu perlu mencari pokemon tersebut melalui layar smartphone, kamu juga perlu melempar beberapa pokeball dengan sejumlah jentikan jari.

Mempertahankan konsentrasi berjalan kaki dan pada pokemon incaranmu akan jadi hal yang sulit. Oleh karena itu, ketika pokemon incaranmu muncul, berhenti dan pindahlah ke pinggir jalan. Pastikan kamu berada di posisi yang nyaman dan aman sebelum mulai melempar poke ball.

Smartphone-mu akan selalu mengingatkan

5 Tips Penting Agar Selamat Bermain Pokemon GO 3

Sumber: Matthew Hurst
Kamu nggak perlu melihat layar sepanjang waktu dalam bermain Pokemon GO. Sebagian besar permainan Pokemon GO dapat ditinggalkan dan umumnya hanya membutuhkan perhatianmu ketika seekor pokemon muncul dan kamu ingin menangkapnya.

Taruh dulu smartphone-mu dan berjalan saja dengan santai. Ketika permainan Pokemon GO berjalan, smartphone-mu akan berdering sendiri bila ada pokemon muncul. Atau kamu bisa melihat peta dalam permainan dan mencari lokasi pokemon yang kamu inginkan. Taruh dulu smartphone-mu hingga kamu mencapai lokasi tersebut.

Baca juga: Sisi Gelap Pokemon GO: 6 Bahaya Pokemon GO yang sedang Heboh Ini!

Asyik boleh, tapi jangan mengganggu

5 Tips Penting Agar Selamat Bermain Pokemon GO 5

Sumber: Robert Couse-Baker
Bertualang untuk mencari pokemon di dunia nyata memang jadi permainan seru, tetapi kamu juga perlu ingat tempat. Jangan karena terlalu seru di layar, kamu malah mengganggu publik.

Baru-baru ini , sebuah kantor polisi di Australia harus membuat pengumuman publik untuk para pemain Pokemon GO. Ternyata ada banyak orang yang datang ke kantor polisi tersebut hanya demi menangkap pokemon bernama sandshrew. Tentu saja para polisi yang bertugas jadi merasa terganggu oleh ‘kunjungan’ para pemain Pokemon GO.

Tentu game ini mengharuskan kamu untuk berpetualang, tapi ingat untuk nggak asal masuk ke suatu tempat dan mengganggu aktivitas di sana. Bermainlah secara dewasa dan bertanggung jawab.

Berpetualanglah secara aman

5 Tips Penting Agar Selamat Bermain Pokemon GO 9

Sumber: Kokoro Wa Shinjin
Berbeda dari permainan digital umumnya, Pokemon GO mendorong pemainnya untuk berpergian dan bertualang di dunia nyata. Dalam sebagian kasus, petualangan ini membawa si pemain ke tempat-tempat yang baru dan belum pernah mereka kunjungi.

Dalam kasus ini bahkan pihak pengembang permainan Pokemon GO menegaskan perlunya kesadaran akan lingkungan sekitar untuk keamanan pemain. “Kita mendorong para pemain untuk pergi bersama teman ketika mengunjungi tempat yang nggak dikenal. Tolong untuk bermain secara aman dan selalu peka dengan keadaan sekitar,” kata pihak developer pada wawancaranya dengan media Venturebeat .

Sekali lagi perlu diingat untuk bermain secara bertanggung jawab, bukan hanya dengan nggak mengganggu orang lain, namun juga bertanggung jawab pada diri sendiri. Jangan berpergian ke tempat yang sepertinya berbahaya dan berpetualanglah di tempat-tempat umum yang aman.

Jaga kesehatan untuk petualangan optimal

5 Tips Penting Agar Selamat Bermain Pokemon GO 1

Sumber: Kokoro Wa Shinjin
Dengan cuaca yang seringkali terik dan terkadang hujan, ada baiknya kamu membuat persiapan sebelum bertualang. Namun satu hal yang paling penting adalah untuk menyiapkan botol air kemanapun kamu pergi. Jangan biarkan tubuhmu mengalami dehidrasi hanya karena kamu terlalu seru mengejar pokemon. Tentu saja jangan sampai lupa makan ya! Kan nggak lucu kalau pingsan di jalan gara-gara keasikan main Pokemon Go.

Ada baiknya juga kamu memeriksa laporan cuaca dan membawa perlengkapan yang sesuai. Topi ataupun hoodie di cuaca terik. Payung dan jas hujan di cuaca mendung. Bukankah rasanya akan seperti menjadi Pokemon trainer beneran bila kamu memulai petualangan dengan siap?

Sumber Gambar Utama: Eduardo Woo

Categorised in: , ,

This post was written by Maximilian Marcel Surjadi