5 Tips Fotografi Analog Buat Pemula

Ini dia nih yang lagi ngetren banget, foto pakai kamera analog! Coba deh ikutin tips foto analog ini, kamu juga bisa kok.

Kamera analog belakangan ini jadi trend. Buktinya, tanda pagar #35mm sempat viral di media sosial khususnya Instagram. Penasaran dan pengin ikutan hastag #35mm? Berikut ini tips bagi kamu yang ingin mengikuti trend menggunakan kamera analog:

1. Siapkan Peralatannya

A post shared by Pointer film (@pointer_film) on

Untuk mengambil gambar dengan kamera analog, kamu harus mengetahui tiga alat yang digunakan. Ketiganya adalah kamera, film, dan lampu kilat. Kamu bisa membelinya secara online atau di toko-toko kamera bekas. Bisa juga memakai kamera warisan orang tua ataupun kakek nenek. Jenis film biasanya bermacam seperti format 35 milimeter hingga 120 mm.

Baca juga: Bebas Berekspresi di Segala Medan dengan Kamera Mirrorless Lumix

2. Mengatur ASA

A post shared by Natalie Oberg (@natalieanalog) on

Hal pertama yang dilakukan ketika mulai menggunakan kamera analog adalah mengatur ISO atau ASA sesuai dengan filmnya. Biasanya pengaturan tersebut terdapat di dekat tombol shutter. ASA bisa diatur dengan menyesuaikan shutter speed dan aperture agar foto terlihat sempurna.

3. Membuka Panel Belakang

Panel belakang digunakan sebagai pembuka untuk memasukkan film ke dalam kamera. Di sebelah kiri kamera terdapat tombol yang biasa digunakan untuk memutar ulang film. Angkat tombol itu hingga sekitar 1 cm, panel belakang akan terbuka agar kamu bisa memasukkan kamera,

4. Memasukkan Film ke Panel

kameraanalog

Memasukkan film ke panel butuh keterampilan khusus. Kamu harus memastikan film negatif yang kamu tarik ke tempat pemutar tidak terlalu panjang. Sebab, jika terlalu panjang, kamu sama saja membuang-buang film. Pemasangan film pun sebaiknya tidak langsung di bawah sorotan matahari lantaran bisa rusak atau terbakar.

5. Gunakan Lightmeter

Memotret dengan light meter sangat membantu agar cahaya foto tidak terlalu rendah ataupun terlalu malas. Light meter menghitung cahaya yang dipantulkan supaya tampilannya sempurna. Cara menggunakan light meter adalah menekan shutter setengah.

Selain lima tips di atas kamu tentu harus mengetaui perkiraan biaya untuk memulai hobi ini. Sebab, hobi ini membutuhkan biaya seperti membeli film atau mencetak film. Jadi siapkah kamu memotret?

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza