5 Tips Camping Hacks Biar Pendakianmu Lancar

Jangan biarkan camping kamu kacau balau cuma gara-gara hal kecil! Ikuti 5 tips camping berikut ini biar pendakian kamu sukses.

Dari segala barang-barang untuk mendaki gunung sampai kekuatan fisik, pasti sudah kamu siapkan dari jauh-jauh hari. Namanya mendaki, kamu bakal jauh dari rumah selama berhari-hari dan segalanya harus kamu siapkan sendiri di atas gunung nanti. Salah sedikit, bisa jadi celaka. Tapi selain packing dan persiapan fisik, ada juga beberapa camping hacks yang nggak boleh kamu lewatkan demi kelancaran pendakian. Apa aja?

DIY Toilet


Ngebayangin BAB di tempat liar aja sudah bikin bingung sendiri, apalagi ketika praktiknya nanti. Tenang, ada cara gampang, kok. Bikin aja toilet sendiri! Caranya, masukkan kantong plastik ke dalam ember kecil. Lalu, tempelkan pool noodle atau foam berbentuk silinder ke atas ember tersebut. Jangan lupa sisipkan gulungan tisu di bagian gagang ember supaya proses “membersihkan’’ juga lancar. Hehe.

Hindari telur pecah


Telur memang makanan wajib buat para pendaki gunung. Selain gampang diolah, murah pula! Tapi, bawa beberapa butir telur juga pasti jadi PR. Secara, bakal gawat kalau pecah di jalan. Nah, untuk menghindari hal tadi, pecahkan telur lalu masukkan isinya ke dalam botol. Sekarang baru deh aman untuk disimpan di tas. Kalau mau masak nanti, cukup tumpahkan isinya ke atas penggorengan.

Baca juga: 7 Masakan Praktis Bikin Kamu Kenyang Saat Camping

Alas tidur empuk nan simpel


Pasti kamu tahu dong, karpet berbentuk puzzle yang biasa jadi alas duduk di rumah. Barang ini bisa jadi alat berguna untuk camping nanti, lho. Kalau kamu merasa nggak nyaman tidur di dalam sleeping bag yang alasnya pun seadanya, siasati dengan karpet puzzle ini. Taruh karpet puzzle di bawah sleeping bag. Dijamin tidur nyenyak semalaman walaupun di tengah hutan. Biar nggak repot, bawa tiga keping puzzle aja (sepanjang badan kamu).

Supaya kaki nggak lecet


Kaki lecet selama mendaki gunung memang satu hal yang nggak bisa dihindari. Gimana nggak? Kamu bakal jalan sejauh puluhan kilometer dan boots yang dipakai pun nggak selamanya nyaman di kaki. Triknya, oleskan petroleum jelly di bagian kaki yang mudah lecet serta bagian dalam sepatu. Bisa juga kamu siasati dengan pakai toe-sock alias kaus kaki yang punya bentuk jari-jari kaki di ujungnya. Nggak punya juga? Tempelkan lakban di bagian kaki, deh.

Baca juga: 5 Trik Bertahan di Alam Liar Waktu Camping

Duct tape is your new best friend

A photo posted by Campingtips (@campingtips) on


Percaya deh, lakban itu banyak banget gunanya saat kamu ada di gunung nanti. Lakban jadi barang ampuh untuk melapisi boots kamu supaya jadi waterproof, memperbaiki tenda yang bolong, bahkan menutupi luka lecet sekalipun. Bawa lakban selama camping pun nggak perlu ribet, kok. Tempelkan lakban di sekeliling botol minum kamu supaya nggak terlalu berat dan irit space kosong di dalam tas. Kalau mau pakai, tinggal buka lilitan lakban di botol minum deh.

Hal-hal di atas tadi memang nggak bakal kepikiran sama kamu, tapi bakal membantu banget selama mendaki gunung nanti. Selamat camping!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza