5 Tempat Wisata Di Sekitar Jakarta Buat Long Weekend

Long weekend di sekitar Jakarta? Bisa banget. Banyak lho tempat wisata yang seru buat dikunjungi kalau dan nggak gitu jauh kok dari Jakarta.

Lima destinasi travel seru yang enggak jauh dari Jakarta ini bisa jadi pilihan untuk kamu mengisi libur akhir pekan yang panjang. Letaknya pun enggak terlalu jauh sehingga kamu enggak perlu naik pesawat. Jadi buruan ambil cuti tanggal 22 bulan ini dan nikmati libur panjang ke tempat-tempat ini.

Geopark Ciletuh

Bagi kamu yang suka berwisata ke pantai, tetapi juga doyan naik gunung, Geopark Ciletuh bisa jadi pilihan tepat loh. Sebab, kawasan ini memang terdiri dari gunung dan pantai. Letaknya di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Keunggulan geopark ini adalah pemandangan geo-ekologi yang luar biasa indah. Mau foto-foto dengan smartphone terkerenmu seperti iPhone 7 untuk pamer di Instagram? Dijamin teman-temanmu bakal iri. Di dalam Geopark Ciletuh dapat dijumpai komposisi batuan purba yang muncul aerena terendapkan dalam palung laut hasil penunjaman lempeng samudera di bawah lempeng benua pada Zaman Kapur, 50-65 juta tahun silam.

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng terletak di Kota Sukabumi atau berjarak 213,6 kilometer dari Jakarta. Seperti pantai lain, kamu bisa membunuh penat dengan menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam. Kalau kamu doyan, berselancar, ombak di pantai ini pun sangat menantang. Kamu juga bisa melihat penyu bertelur di pantai ini. Dengan sejumlah suguhan yang disajikan, kamu dapat membuat vlog beragam soal Pantai Ujung Genteng dengan kamera yang tidak perlu mahal seperti Canon EOS M10.

Green Canyon: Cukang Taneuh, Pangandaran

Selain Pantai Pangandaran yang sudah tenar di kawasan selatan Jawa Barat, Pangandaran menyuguhkan Green Canyon atau bahasa aslinya Cukang Taneuh sebagai tempat wisata favorit. Letaknya 334,5 kilometer dari Jakarta. Di sini, matamu akan dimanjakan pemandangan pepohonan yang rindang, tebing hijau, dan goa penuh stalakmit dan stalaktit. Caranya dengan menjelajahi memakai perahu tempel atau perahu kayuh.

Pulau Biawak Indramayu

Pulau Biawak sangat cocok bagi kamu yang doyan wisata bahari. Letaknya di Semenangjung Indramayu, Jawa Barat, atau sekitar 264 kilometer dari Jakarta. Pulau ini memiliki luas 120 hektar. Primadona wisata di pulau ini tentu saja wisata bahari. Kamu bisa snorkeling menikmati pemandangan bunga karang maupun ikan beraneka ragam. Tentu kamu pun harus mempersiapkan peralatan snorkeling yang bagus jika ingin mendapat kepuasan maksimal. Kamu pun bisa melihat biawak yang banyak terdapat di pulau ini dan mengunggah fotonya ke media sosialmu. Tak perlu jauh-jauh naik pesawat ke Pulau Komodo di NTT, kamu bisa melihat saudara komodo di sini.

Situs Gunung Padang Cianjur

A post shared by @paula_siauw on

Kalau kamu suka wisata sejarah, Situs Gunung Padang adalah pilihannya. Situs ini berada di perbukitan perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dari Jakarta ke Situs Gunung Padang jaraknya 135,8 kilometer. Luas situsnya diperkirakan 3 hektar. Situs ini merupakan kompleks punden berundak di Asia Tenggara yang diperkirakan sebagai peninggalan kebudayaan megalitikum.

Dari kelima situs tersebut, mana yang membuatmu tergiur? Tentu semua sesuai minat dan budget-mu.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza