5 Tempat Hunting Action Figure Lengkap di Sekitar Jakarta

Buat kamu yang doyan hunting action figure, coba deh dateng ke beberapa tempat berikut. Dijamin koleksi kamu makin lengkap dan bikin iri.

Berburu barang langka itu emang seru banget. Apalagi kalau barang langka itu adalah mainan yang dibuat terbatas atau udah nggak diproduksi lagi. Salah satu jenis mainan yang sering jadi buruan kolektor adalah action figure. Ini adalah miniature karakter yang bentuknya mengikuti tokoh dalam film, komik atau video game, yang sedang berpose. Bagi kebanyakan kolektor, action figure lebih sering menjadi pajangan ketimbang mainan.

Kalau kamu adalah salah seorang yang hobi banget ngoleksi action figure, sekarang ini udah banyak banget toko-toko yang khusus ngejual action figure dari yang paling langka hingga yang kekinian. Dari toko-toko kecil, hingga modern market. Dari yang baru hingga yang bekas. Apa pun yang kamu cari, coba aja kamu mulai perburuan kamu dari tempat-tempat berikut ini.

1. Kampoeng Mainan

Lokasi: Blok M Square lantai 3A Blok A

Jl. Melawai V. Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta

Di sini adalah tempat kumpulnya para pedagang action figure, die cast, dan sebagainya. Mereka ini awalnya sering ikutan pameran-pameran mainan yang rutin digelar baik di Jakarta atau luar kota. Lalu akhirnya mereka ditawarkan untuk buka toko di Blok M Square secara bersama-sama. Akhirnya mereka membentuk semacam perkumpulan yang sering ngegelar pameran sendiri.

Di sini, kamu bisa nemuin banyak banget action figure yang rare alias langka. Bahkan sama beberapa pedagang, kamu bisa pesen kalau action figure yang kamu cari nggak bisa kamu temuin di sana. Kebanyakan action figure yang dijual di sini biasanya bekas, namun collectable. Jadi, layak buat diburu dan dikoleksi.

2. Main District

Lokasi: Kuningan City, Kav 18 Lantai 2 Unit 50

Jl. Prof. DR. Satrio No. 18, Karet Kuningan, Jakarta

Ini sebenernya adalah wadah yang dibuka oleh Kuningan City buat para kolektor dan pencinta mainan, termasuk action figure, model kit, RC, komik, video games, Lego, dan sebagainya. Di sini biasanya jadi ajang kumpul para komunitas dan penjual serta tempat diadakannnya aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan hobi.

Nah, kamu yang pengen berburu action figure, cobain deh dateng ke sini. Kamu bisa nemuin berbagai macam action figure khas Jepang hingga Amerika dari beberapa penjual yang udah sering ikutan pameran mainan. Jangan kaget kalo kamu ketemu sama temen-temen dari KAFI (Komunitas Action Figure Indonesia) di sini. Karena mereka sering jadikan tempat ini sebagai base camp mereka karena lokasinya yang strategis dan tempatnya yang nyaman buat kumpul-kumpul.

Baca juga: 7 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Toys Photography

3. Multi Toys Games

A post shared by MULTI TOYS & GAME (@multitoys) on

Lokasi: Mall Of Indonesia Lt. GF

Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

(dan beberapa lokasi lainnya di Jakarta, Surabaya dan kota-kota besar di Indonesia)

Buat para kolektor mainan dan para hobi action figure, Multi Toys Games adalah salah satu toko mainan favorit yang gampang dijumpain di mal-mal besar di Jakarta. Di sini, kamu bakal nemuin banyak action figure karakter-karakter anime dan superhero dari Amerika. Karena Multi Toys Games ini merupakan distributor resmi brand-brand mainan ternama seperti Bandai, Goodsmile, Kotobukiya, Beast Kingdom dan masih banyak lagi, maka action figure yang dijual di toko ini biasanya baru.

Tapi jangan salah, kamu juga bisa pesen atau request action figure langka yang nggak banyak bisa dijumpain di Indonesia. Kadang lewat website atau media sosial Multi Toys Games, mereka sering buka PO atau Pre Order action figure limited edition pada musim-musim tertentu.

4. Diabolique Toys Shop

A post shared by Diaboliquetoys (@diaboliquetoys) on

Lokasi: Mal Ciputra Lt. 4 B#09

Jl. S. Parman, Grogol, Jakarta Barat

(dan beberapa lokasi lainnya di Jakarta)

Sejak lama, Mal Ciputra memang terkenal banyak terdapat tempat jualan action figure. Namun yang paling dikenal dan banyak jadi sasaran para kolektor adalah Diabolique Toys Shop. Nah, di sini kamu bisa nemuin banyak banget action figure dari film-film Hollywood. Mulai dari The Walking Dead, Predator, Star Wars, super hero DC dan Marvel, hingga Ghostbusters.

Selain itu, kamu juga bisa nemunin karakter-karakter dari anime Jepang atau karakter pemain-pemain NBA di sini. Senang koleksi action figure dari film horor? Diabolique punya banyak yang bisa kamu koleksi. Kalo kebetulan kamu ada di luar kota Jakarta, Diaboliquetoys.com melayani pembelian secara online.

Baca juga: 5 Area Rumah Yang Bisa Disulap Jadi Ruang Hobi

5. AEON Store

A post shared by @harindraputra2ndy on

Lokasi: AEON Mall Lt. 2

Jl. BSD Raya Utama, Tangerang, Banten

Kalau kamu jalan-jalan ke BSD, jangan lupa mampir di AEON Mall. Mal asal Jepang yang belum lama dibuka ini seperti gudangnya mainan. Ada banyak toko mainan yang dibuka di sini. Tapi, di AEON Store sendiri, kamu bisa nemuin berbagai action figure dari banyak brand ternama baik dari Jepang maupun Amerika. Areanya sangat luas dan display-nya juga dibikin menarik.

Karena AEON Store ini berasal dari Jepang, jadi kebanyakan action figure yang dijual di sini adalah karakter-karakter dari anime atau manga Jepang. Kamu bisa nemunin action figure Dragon Ball dari berbagai pose, atau One Piece yang fenomenal itu. Atau buat kamu yang suka dengan Saint Seiya, di sini bahkan dijual action figure plus dioramanya! Dijamin display koleksi kamu di rumah jadi super keren dan makin bikin iri temen-temen kamu.

Walau banyak toko-toko online yang jual action figure yang bisa kamu pesan, akan lebih seru kalo kamu bisa berburu langsung ke tokonya, biar tau lebih jelas bagaimana detil action figure itu dibuat. Selamat hunting!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza