5 Tantangan Berat Bagi Mahasiswa Saat Ramadhan

Apakah Ramadhan sama bagi semua orang? Ternyata ada tantangan tersendiri loh, bagi mahasiswa. Simak selengkapnya di sini.

Ramadhan, sebuah bulan suci bagi umat muslim dan juga bulan yang penting bagi warga Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar, sebagian besar dari kita memiliki kewajiban-kewajiban yang perlu dipenuhi. Utamanya adalah menjaga hawa nafsu dan melawan godaan dengan beribadah puasa, serta menjalankan ibadah sholat.

Kewajiban itu juga berlaku bagi kamu para mahasiswa yang memeluk agama islam. Bahkan selama bulan Ramadhan ini, tantangan dalam melawan godaan puasa akan semakin berat. Karena kamu tentunya harus tetap menjalankan kewajiban menuntut ilmu sebagai seorang mahasiswa. Nah untuk melancarkan puasa kamu, berikut adalah 5 tantangan berat yang sering melanda mahasiswa selama Ramadhan yang patut kamu hindari.

Tantangan bangun super pagi

5 Tantangan Berat Bagi Mahasiswa Saat Ramadhan

Sumber gambar: luiscdiaz

Misalnya kamu memiliki kebiasaan bermain bersama teman-teman baikmu hingga larut malam, seperti ngobrol di beranda kost atau bermain kartu sambil ngopi. Kebiasaan ini mungkin sering kamu lakukan pada masa-masa sebelum Ramadhan.

Namun, dengan datangnya bulan puasa ini, ada baiknya kamu mulai membatasi kebiasaan ini. Karena sebagai umat muslim yang baik, terdapat kewajiban bangun di pagi hari pukul 3 pagi untuk melakukan sahur dan sholat. Jadi untuk melancarkan aktivitas ini, kamu tentunya harus mengurangi kebiasaan begadang hingga larut malam, supaya bisa bangun tepat waktu nanti.
Nah untuk melakukan hal tersebut, beberapa tip yang bisa kamu lakukan adalah dengan berkomitmen dan selalu ingat esok hari kamu harus bangung pagi untuk sahur dan solat. Hal ini harus selalu ada dalam pikiran kamu saat sedang keluar dan bermain dengan teman-teman kamu.

Lapar dan haus bisa bikin kamu nggak fokus

5 Tantangan Berat Bagi Mahasiswa Saat Ramadhan2

Sumber gambar: Vanderbilt MPH Program

Rangkaian menjalankan puasa dimulai dengan bangun pada dini hari. Kemudian kamu melakukan sahur sebagai persiapan untuk melakukan aktivitas kamu sehari-hari. Yaitu sebagai mahasiswa adalah mengikuti perkuliahan.

Mengingat kamu sedang menjalankan puasa, selama mengikut perkuliahan kamu tentunya nggak bisa fokus seperti biasanya. Karena kamu merasa lapar, di saat bersamaan tubuh kamu kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.

Jadi untuk menghindari hal ini, solusi yang bisa kamu persiapkan adalah dengan mengkonsumsi air yang lebih banyak saat kamu melakukan sahur dan berbuka puasa. Sehingga tubuh kamu memiliki cadangan cairan yang cukup untuk digunakan selama menjalankan puasa.

Baca juga: 5 Pertanyaan yang Canggung Ditanyakan ke Teman yang sedang Berpuasa

Tahan godaan dan ingat puasa

5 Tantangan Berat Bagi Mahasiswa Saat Ramadhan3

Sumber gambar: Jazz Guy

Sebagai mahasiswa muslim, kamu perlu ingat bahwa nggak semua orang menjalankan puasa. Di lain sisi nggak semua orang ingat bahwa kamu sedang menjalankan puasa. Terkadang kesalahan polos dapat terjadi dalam situasi ini. Misalnya ada teman kamu yang non-muslim secara nggak sengaja mengajak kamu untuk makan siang. Hal ini tentunya bisa terjadi karena mereka mungkin nggak ingat bahwa kamu sedang melakukan puasa.

Lalu apa yang akan kamu lakukan? Kamu bisa saja tertawa kecil, dan menggoda kembali teman kamu, jika mereka hampir saja membatalkan puasa yang sedang kamu jalani. Pada saat yang bersamaan kamu bisa mengingatkan mereka bahwa kamu sedang melakukan puasa.

Kontrol hubungan kamu dengan si dia

5 Tantangan Berat Bagi Mahasiswa Saat Ramadhan4

Sumber gambar: Vincent Diamante

Buat yang lagi punya pacar, pasti tahu senangnya bisa ketemu pacar kamu. Akan tetapi kamu harus selalu ingat, selama menjalankan puasa harus tahan hawa nafsu. Namun, itu bukan berarti pacar harus ditelantarkan selama puasa juga. Toh, nggak ada salahnya selalu berhubungan dengan pacar kamu. Hanya saja kamu harus bisa menjaga batasan hubungan kamu dengan si dia selama bulan puasa berlangsung. Sehingga kamu nggak sampai batal puasa.

Berbuka dengan sabar

5 Tantangan Berat Bagi Mahasiswa Saat Ramadhan5

Sumber gambar: Xynn Tii

Selain sahur, waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang yang menjalankan puasa adalah waktu berbuka. Karena sudah menahan lapar hampir seharian, banyak orang yang nggak sabaran untuk memenuhi nafsu makannya. Jadi agar puasa kamu nggak batal, kamu harus bisa mengontrol nafsu kamu dan dengan sabar menunggu waktu berbuka.

Misalnya jangan tergoda untuk mengambil tempat orang lain saat makan di restoran atau memotong antrian. Intinya, apa yang sebaiknya kamu lakukan adalah sesuai dengan makna dalam bulan Ramadhan yang sesungguhnya, yaitu dengan menahan dahaga, lapar, amarah, dan hawa nafsu.

Sumber gambar utama: GeoLeo

Categorised in: , ,

This post was written by Maximilian Marcel Surjadi