5 Suplemen Penurun Kolesterol buat Kamu yang Jarang Olahraga

Kamu jarang olahraga tapi sukanya makan yang tinggi kolesterol? Ada kok suplemen penurun kolesterol, tapi makannya tetap dijaga ya.

Saat Idul Adha, berat badan pasti naik banget, begitu juga kolesterol. Jangan khawatir, ini ada cara buat nuruninnya! Kamu bisa mengurangi kadar kolesterol dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung zat-zat berikut ini.

Niacin atau Vitamin B3

shutterstock_453934420
Niacin atau vitamin B3 bisa didapatkan lewat resep dokter atau pun tanpa resep dokter. Niacin efektif menurunkan LDL hingga 30 persen jika dikonsumsi 1 sampai 3 gram per hari. Namun niacin juga bisa didapatkan dari makanan bukan sebagai suplemen atau obat. Seperti jamur, ikan tuna, ikan salmon, dada ayam, asparagus, daging rusa, hati domba, daging sapi, telur.

Stanol dan Sterol

plant-sterols-stanols-nuts-e1443437217109
Stanol dan Sterol dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) 9 sampai 20 persen jika dikonsumsi 2 gram per hari. Stanol dan Sterol pun tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (kolesterol high density – HDL). Konsumsi sterol dan stanol secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Selain dari suplemen, stanol dan sterol terkandung di gandum, kubis, bunga matahari, biji wijen, almond, kacang, jagung, serta minyak zaitun.

Ekstrak Ragi Beras Merah

red-rice-modified-MF
Ekstrak ini dibuat dengan cara memfermentasi ragi beras merah. Kandungan utamanya adalah monacolik K yang bisa menurunkan produksi kolesterol di liver. Penelitian telah menunjukkan beras merah dalam bentuk pil bisa mengurangi kolesterol jahat sebesar 10 sampai 30 persen.

Suplemen Serat Larut

Oatmeal-modified-MF
Salah satu bentuk suplemen serat larut adalah psyllium. Psyllium biasa dijual sebagai obat pencahar. Zat ini bisa menurunkan kolesterol jahat 5-15 persen. Selain psyllium, ada pula beta glucan. Beta glucan adalah serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol serta meningkatkan kesehatan jantung. Kamu disarankan mengkonsumsinya 3-6 gram per hari.

Kacang Kedelai

Raw Organic Dry Soy Beans against a Background
Mengkonsumsi makanan yang mengandung kedelai bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 3 persen. Protein kedelai mengandung senyawa lesitin yang melarutkan kolesterol dalam darah sehingga tidak ada lagi penyempitan dan penyumbatan. Kedelai pun mengandung isoflavon yang mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Nah kamu yang merasa sudah terlalu banyak makan makanan berkolesterol tinggi saat Idul Adha, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung zat-zat di atas. Salam sehat!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza