• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Hobbies
  • >
  • 5 Rekomendasi Film yang Pas Banget untuk Penggila Musik

5 Rekomendasi Film yang Pas Banget untuk Penggila Musik

Termasuk orang yang suka memperhatikan musik yang ada di sebuah film? Kalau begitu, kamu wajib nonton film-film ini.

Buat kamu yang hobi mendengarkan musik, menikmati suasana konser nggak cuma bisa dirasakan dengan hanya datang langsung ke venue acaranya, tapi juga menontonnya lewat media film. Tak jarang, beberapa film malah kasih vibe musik yang lebih seru. Tak cuma film dokumentasi konser, film-film drama atau komedi dengan latar konser akan ‘membawa’ kamu merasakan aura pesta musik yang seru. Berikut lima film musik di antaranya.

northern soul

Northern Soul

Film musik ini mengisahkan tentang anak-anak muda Inggris yang sedang kecanduan musik soul impor Amerika. Salah satu klub esensial, Wigan Casino, jadi latar film ini. Cerita yang ber-setting tahun 1974 ini sekaligus kasih gambaran sejarah scene Northern Soul di Inggris, juga kasih lihat kamu serunya tarian, cara DJ merepresentasikan lagu yang diputar, sampai sisi gelapnya.

Shut_Up_and_Play_the_Hits (1)

Shut Up and Play the Hits

Yang ini merupakan dokumenter dari proyek musik elektronik keren asal New York, LCD Soundsystem. Walau penuh dengan keriuhan penonton, cerita di film musik ini malah terasa sentimentil karena konser yang akan dilakukan James Murphy–founder-nya LCD Soundsystem–adalah yang terakhir kalinya. Seru dan galau di saat yang bersamaan, karena James semacam merasa akan ‘berpisah’ melalui proyek pretensiusnya ini dari hadapan khalayak. Bisa bayangin kerennya gimana kan?

weekender

Weekender

Berlatar awal tahun ’90-an, film drama ini kasih kamu suasana Ibiza di era pasca-Balearic–yang kini lebih dikenal sebagai electronic dance music, lalu kemudian musik house besar di Inggris lewat pesta-pesta rave yang diadakan secara underground. Bukan film musik yang sukses secara rating dan testimoni dari para kritikus, tapi lumayan akurat menggambarkan hebohnya rave party di era awal, di negeri asalnya.

Spike_Island (1)

Spike Island

Judul film musik ini diambil dari nama sebuah area di Inggris yang jadi saksi konser fenomenal band indie rock The Stone Roses. Ada banyak adegan konyol dan lelucon khas Inggris di sini. Menggabungkan drama, komedi, dan road movie dalam satu paket, Spike Island secara akurat memperlihatkan hebohnya anak-anak indie pada tahun 90an rela bela-belain melakukan hal apa pun demi band kesayangannya.

almost famous

Almost Famous

Kalau kamu hobi menulis soal musik, tampaknya kamu harus masukkan Cameron Crowe sebagai idola. Di saat orang lain membuat buku biografi untuk mengulas kehidupan, Crowe justru menggunakan media film demi memenuhi kebutuhan ini. Di sini dikisahkan bahwa sang tokoh adalah penulis musik untuk Rolling Stone dan sedang menulis tentang band Stillwater yang digambarkan sebagai band fenomenal. Siap-siap untuk ikut terinspirasi jadi penulis musik selepas menonton film ini.

Dari kelima film musik di atas, yang mana yang jadi favoritmu? Agar lebih lengkap, baca juga buku-buku yang diadaptasi dari film ya.

Photo Credit: Stubborn Heart Films, Pulse Films, Benchmark Films, Bankside Films, Columbia Pictures

Baca Juga:
Serunya Nonton Konser Paul McCartney Pakai Google Cardboard
4 Film Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Langsung Pengin Liburan

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza