5 Profesi Seru yang Bermula dari Hobi

Profesi-profesi seru yang lagi naik daun ini ternyata bisa berawal dari sebuah hobi. Cari tahu apakah hobi kamu termasuk di dalamnya.

Melakukan hobi memang nyenengin banget. Saking serunya, kadang suka lupa waktu kalau lagi asyik sama hobi kamu. Hobi sendiri bisa dibilang adalah bagian dari ambisi kamu. Jadi, bayangkan kalau kamu bisa punya pekerjaan yang ada hubungannya sama hobi kamu itu. Dijamin kamu betah dan nggak akan pernah bosan ngejalaninnya.

Beruntunglah kamu yang masuk generasi sekarang, karena banyak sekali profesi-profesi baru yang bermunculan saat ini. Dan beberapa di antaranya ternyata sama sekali nggak ada hubungannya dengan pendidikan formal seseorang, tapi malah bermula dari hobi yang kamu tekuni. Seru kan? Nah, coba kamu liat mana dari profesi berikut ini yang sesuai dengan hobi kamu.

Food Stylist

via GIPHY

Buat kamu yang hobi kuliner dan seneng banget jeprat-jepret makanan sebelum disantap, lalu di-upload ke sosmed, sepertinya profesi Food Stylist cocok untuk kamu geluti. Kamu yang sering memotret makanan biasanya punya seni fotografi yang bagus. Mata kamu jadi terlatih buat melihat sudut mana makanan tersebut keliatan menarik dan menggiurkan. Itu artinya kamu cukup jago bikin follower kamu ngiler ngeliat makanan-makanan yang kamu posting ke sosmed kamu. Belakangan ini sejak dunia kuliner makin hits, profesi Food Stylist jadi banyak dicari. Tugas mereka adalah menata makanan biar keliatan menarik saat difoto. Keliatannya gampang, tapi buat yang nggak punya seni fotografi dan kecintaan sama dunia kuliner, pasti bakal jadi sulit. Karena butuh proses yang sangat detil dan perlu ketepatan waktu buat bikin sebuah hidangan keliatan segar, indah dan menggiurkan.

Fashion Consultant

via GIPHY

Mungkin kebanyakan dari kamu pernah denger istilah Fashion Stylist. Nah, Fashion Consultant adalah profesi yang berbeda tapi sama-sama diperuntukkan bagi kamu yang punya passion dan hobi di dunia fashion. Seorang Fashion Consultant sebenernya bertugas memberikan saran dan nasihat tentang trend fashion terbaru kepada kliennya. Keahlian Fashion Consultant biasanya lebih tinggi dari seorang Fashion Stylist. Biasanya artis-artis yang ingin mengubah image mereka butuh seorang Fashion Consultant. Selain itu, mereka juga dibutuhin buat milihin baju pengantin, membantu orang yang ingin tampil sempurna waktu lamaran kerja, nentuin seragam kerja sebuah institusi, dan masih banyak lagi. Yang penting kamu tau, jasa Fashion Consultant itu nggak murah lho!

Baca juga: 5 Tips Berpakaian Biar Sukses Wawancara Kerja Berdasarkan Bidang Pekerjaan

Komikus

via GIPHY

Dunia komik di Indonesia saat ini makin berkembang. Kamu yang punya hobi gambar, jangan sia-siain bakat kamu. Karena kamu bisa jadi komikus. Profesi ini makin banyak dicari seiring banyaknya komik-komik lokal di Indonesia. Memang nggak semua orang yang hobi gambar cocok buat profesi ini, karena menggambar banyak sekali alirannya. Kamu yang suka gambar karakter biasanya lebih pas buat profesi komikus ini. Banyak yang mahir secara autodidak karena hobi, tapi akan lebih profesional kalau kamu ngambil kursus singkat menggambar animasi buat mempertajam keahlian kamu ini. Profesi ini akan lebih sempurna lagi bila kamu punya banyak imajinasi untuk membuat sebuah cerita. Saat ini, banyak perusahaan asing melirik studio-studio komik di Indonesia buat menggarap proyek mereka.

Music Director

via GIPHY

Kalo kamu hobi musik tapi nggak jago nyanyi atau mainin alat musik, profesi Music Director ini cocok banget buat kamu. Seorang Music Director atau yang lebih dikenal dengan sebutan MD biasanya punya skill buat nyusun daftar lagu hingga rangkaian lagu-lagu itu terasa enak dan pas buat didenger. Setiap stasiun radio pasti butuh Music Director untuk nyiptain daftar lagu sesuai dengan mood dan program yang sedang berlangsung. Nggak hanya di radio, Music Director juga dibutuhin di stasiun TV, produksi film hingga rumah produksi iklan. Pada pagelaran-pagelaran seperti fashion show, kompetisi tari, hingga beauty pageant juga butuh seorang Music Director.

Writerpreneur

via GIPHY

Dulu, mereka yang hobi nulis mungkin udah ngebayangin profesi yang bakal asik buat dijalanin adalah sebagai jurnalis, blogger, atau penulis novel dan biografi. Tapi, seiring pergembangan teknologi, kamu-kamu yang punya hobi nulis bisa menjadi seorang Writerprenuer. Profesi ini memungkinkan kamu buat ngejual jasa menulis buat perusahaan-perusahaan yang membutuhkan konten-konten tulisan untuk website atau sosial media mereka. Seorang Writerpreneur juga dibutuhin buat nulis rilis media saat perusahaan ingin menyampaikan informasi ke media-media. Nggak hanya itu, dengan menjamurnya sinetron-sinetron di televisi swasta kita, banyak rumah produksi sinetron yang perlu banget seorang atau beberapa Writerpreneur buat nulis skenario atau naskah sinetron.

Baca juga: 5 Travel Blogger Indonesia yang Punya Akun Instagram Keren

Hobi kamu termasuk salah satu yang bisa jadi profesi di atas? Kalau kamu belum menjadikannya profesi, segera beralih profesi biar kamu dua kali lebih semangat ngejalaninnya.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza