• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • 5 Phone Hacks yang Wajib Diketahui Sebelum Traveling

5 Phone Hacks yang Wajib Diketahui Sebelum Traveling

Bukan cuma jadi senjata selfie aja, esensial satu ini juga wajib diperhatikan sebelum kamu liburan. Perhatikan phone hacks traveling ini.

Packing dari jauh-jauh hari, done. Kamera? Sudah rapi di dalam ransel. Gimana dengan handphone? Jangan kira barang mungil ini cuma barang sepele walaupun kalau kamu pikir nanti handphone hanya berguna ketika ada Wi-Fi. Bahkan di luar kota atau negeri orang sekalipun, smartphone kamu bakal jadi travel buddy jika kamu tahu cara memanfaatkannya.

Matikan data roaming

sub-buzz-904-1467913890-1

Kenyataannya memang pahit, kamu belum menjadi esmud yang rela kebobolan tagihan telepon saat liburan. Makanya, matikan data roaming sebelum kamu berangkat liburan. Pasalnya, kamu tetap dikenakan biaya roaming bahkan saat ada telepon masuk dan nggak kamu angkat. Caranya gampang, kok. Di iOS, klik Settings > Cellular > Cellular Data Options dan slide Data Roaming ke pilihan OFF. Untuk Android, pilih menu Settings > Connections > Data Usage > International Data Roaming dan uncheck International Data.

Simpan lokasi di map secara offline

Screen Shot 2016-11-01 at 12.48.09 AM

Nggak di negara sendiri atau orang lain, mau nggak mau, kamu masih jadi fakir Wi-Fi. Lantas, gimana ceritanya kalau kamu butuh arah sedangkan peta konvensional nggak bisa diandalkan? Tenang, kamu masih bisa mengandalkan teknologi dengan download lokasi di Google Maps supaya mudah diakses secara offline. Buka Google Maps dan cari area-area yang akan kamu kunjungi, pasang pin di beberapa tempat seperti hotel dan obyek wisata, lalu klik Download offline area. Nggak pake nyasar dan nggak pake bayar lagi, deh.

Gunakan offline translate apps

Screen Shot 2016-11-01 at 12.50.14 AM

Kursus suatu bahasa sebelum traveling ke negaranya, rasanya nggak memungkinkan, ya. Bawa kamus saku kemana-mana pun yang ada malah ribet. Lagi-lagi, smartphone kamu bisa dimaanfatkan untuk masalah satu ini. Pertama, kamu harus download Google Translate. Selanjutnya, pilih deh bahasa apa yang mau kamu simpan. Lebih praktis, kan? Walaupun begitu, nggak ada salahnya juga belajar beberapa kata dari bahasa asing untuk jaga-jaga.

Simpan dokumen perjalanan di HP

Screen Shot 2016-11-01 at 12.57.27 AM

Di zaman serba modern ini, tiket pesawat pun bentuknya sudah digital. Kamu memang diwajibkan bawa dokumen perjalanan dalam bentuk fisik, tapi ada beberapa dokumen yang bisa kamu simpan di HP untuk mempermudah perjalanan. Tiket pesawat, pemesanan hotel, atau asuransi perjalanan, misalnya. Dokumen-dokumen tersebut bisa kamu simpan di Dropbox atau Google Drive. Mau diakses secara offline? Bisa juga, kok!

Beli case paling aman

maxresdefault

Selama traveling, kamu nggak bisa memprediksi apa aja yang bakal terjadi karena nyatanya, kamu benar-benar “buta” soal kondisi destinasi liburan. Nggak mau dong, kalau harus ambil resiko HP rusak gara-gara keciprat air pas snorkeling atau mendarat di atas batu saat hiking. Solusinya cuma satu: pasang case paling aman. Kalau perlu, bawa underwater case sekalian saat liburan ke pantai. Atau beli smartphone yang water-resistant dulu, kali ya? Hehe.

Baca juga: Cara Merawat Earphone Agar Tahan Lama

Daripada liburan jadi kacau gara-gara HP, mending jaga-jaga dari sebelum berangkat. Setuju?

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza