10 Tahun Lalu, 5 Pekerjaan Ini Bahkan Belum Ada

Seiring perkembangan zaman, ada beberapa jenis pekerjaan baru yang mungkin 10 tahun lalu bahkan tidak ada.

Hanya satu hal yang pasti dalam hidup ini, perubahan. Dan kita harus mau berubah, bila tak ingin terkikis perkembangan jaman. Salah satu hal yang berubah cukup drastis dalam 10 tahun terakhir adalah ragam pekerjaan. Banyak jenis pekerjaan baru muncul karena perubahan dalam gaya hidup kita. Pekerjaan yang mungkin tidak dipahami oleh orang tua atau paman-tante, karena di jaman mereka nggak ada yang kayak begitu.

Social media manager/officer

shutterstock_225264403

Diperuntukkan bagi mereka yang betah ngubek-ngubek timeline, atau lini masa di platform media sosial apapun itu. Mereka yang betah di twitter, youtube, facebook, Instagram sangat cocok untuk pekerjaan ini. Biasanya yang bertugas di bagian ini akan mengendalikan akun-akun media sosial milik kantornya serta mempersiapkan strategi marketing lewat media sosial (targeted marketing). Salah satu pencapaian atau patokan kesuksesan di pekerjaan ini tak sekadar menaikkan jumlah pengikut tetapi juga engagement dari mereka.

App developer

shutterstock_534464629

Mereka yang membuat aplikasi di gadget mobile kita. Banyak yang berdiri sendiri, ada juga yang bergabung dengan perusahaan yang sudah besar. Berkutat di bidang ini memang punya potensi untuk jadi sangat-sangat kaya. Banyak anak muda di era internet ini menjadi kaya, hanya dengan membuat aplikasi. Berat sih, kita harus mencari sesuatu yang menjadi kebutuhan orang banyak, dan mewujudkannya lewat sebuah aplikasi.

Driver layanan transportasi online

A post shared by Uber (@uber) on

Sesuatu yang bisa dilakukan siapa pun, bahkan saat ia punya pekerjaan tetap sekalipun. Bahkan sekarang, orang bisa fokus dengan pekerjaan ini saja, kalau mereka mau. Karena memang kebutuhan akan transportasi di kota besar tak pernah habis. Kamu masih kuliah, punya kendaraan dan mau uang tambahan, jadi driver uber banyak dipilih orang. Lima tahun lebih yang lalu, orang mentok di taksi kalau mau ke mana-mana, atau kopaja, angkot dan lain-lain.

Baca juga: Nah, Ini 5 Profesi yang Bermula dari Hobi, Kamu Salah Satunya?

Content creator

A post shared by @swellsosh on

Pekerjaan ini masih ada hubungannya dengan semua pekerjaan lain yang menyangkut media sosial. Diawali dengan sosok-sosok yang bertaburan di lini masa media sosial, mereka membuat postingan bagus di blog, instagram, sampai youtube dan akhirnya didekati oleh merek-merek dagang besar untuk menjadi saluran pemasaran mereka. Di sini lah seseorang bisa memanggil diri mereka content creator. Akun media sosial mereka menjadi pekerjaan tetap mereka. Tiap postingan yang mereka buat bisa diukur dengan uang nilainya karena pengikut sudah ratusan ribu. Menggiurkan, bukan? Jadi jangan heran kalau melihat anak baru gede dengan pengikut instagram baru 5000 tapi sudah berani menaruh kata: open endorse di bio Instagram-nya.

Baca juga: Panduan Membeli Kamera untuk Calon Content Creator

Drone operator

Di era internet, media sosial, di mana dokumentasi adalah segalanya, gaya dokumentasi yang unik akan memberi nilai plus pada gambar yang kita hasilkan. Drone memang istimewa karena ‘pesawat’ mini ini bisa dilekatkan dengan kamera dan membuat rekaman gambar dari sudut-sudut yang fantastis. Sampai sekarang sih rasanya belum ada keseruan lain dari drone ini selain membuat atau merekam gambar dari udara. Tapi jasanya sudah mulai banyak digunakan: pembuatan video musik, film, iklan, atau dokumentasi biasa. Kayaknya sih cocok untuk yang jago main remote control, ya?

Baca juga: Ternyata Ada Juga Tempat Main Drone yang Oke di Jakarta

Intinya sih, mau menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Kalau dilihat-lihat, beberapa pekerjaan baru ini berasal dari hobi. Jadi, tetap lakukan hobi kita siapa tahu 5 tahun lagi malah jadi pekerjaan.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza