5 Panduan Traveling Praktis dan Bebas Stres

Pastikan rencana liburan udah tertata rapi, buat ngehindarin hal-hal yang nggak diinginkan selama perjalanan. Ikutin panduan traveling ini!

Kadang kamu mutusin pergi liburan buat ngilangin stres. Tapi, kamu mungkin nggak sadar kalau kadang liburan justru bikin kamu nambah stres. Ya, hal-hal kecil yang nggak kamu perkirakan bisa jadi sumber kacaunya rencana perjalanan kamu. Dari mulai budgeting yang membengkak, ketinggalan pesawat, tempat duduk pesawat yang nggak nyaman sampai koper yang bikin repot. Apalagi kalau kamu pergi liburan di saat high season. Jangan pernah nutup mata dan nyerahin nasib kamu begitu aja di tangan maskapai penerbangan. Manfaatin panduan perjalanan bebas stres ini, dan ambil kendali di tangan kamu! Bonus buat kamu: Selain kamu bakal terbebas dari stres, pengeluaran kamu bisa jadi lebih irit!

1. Pinter-pinter mesen tiket dan hotel
laptop-958239_1280

Beli tiket penerbangan atau pesan kamar hotel secara online memang lagi jadi favorit kebanyakan orang. Karena selain banyak promo, harga yang ditawarkan juga menarik dan kita bisa membandingkan harga dengan maskapai atau hotel lain.
Beli tiket penerbangan atau pesan kamar hotel secara online memang lagi jadi favorit kebanyakan orang. Karena selain banyak promo, harga yang ditawarkan juga menarik dan kita bisa membandingkan harganya dengan maskapai atau hotel lain. Tapi ada satu hal yang mungkin nggak banyak orang tau soal online tiket. Situs atau website pemesanan tiket maskapai atau kamar hotel, didesain sangat pintar untuk mengingat seberapa sering kamu masuk ke situs itu lewat cookie dari browser kamu. Dan semakin sering kamu ngunjungin situs itu, maka harga yang tadinya keliatan murah bakal naik secara bertahap. Biar nggak kejadian sama kamu, cara terbaik adalah ngaktifin ‘private browsing’ di browser kamu. Kalau kamu pakai Chrome, coba buka menu, lalu pilih “New Incognito Window” atau “Jendela Penyamaran Baru”. Kalau kamu pakai Mozilla, pilih menu tools dan pilih “Start Private Browsing”.

2. Konfirmasi melalui telepon

woman-851446_1920

Kadang kamu terlalu semangat mesan tiket perjalanan lewat online, lalu cetak tiket yang udah kamu check in online dan berpikir kalau semuanya udah beres. Kamu salah! Jangan sepenuhnya percaya sama sistem! Jadwal penerbangan kamu sebenarnya bisa berubah sewaktu-waktu. Apalagi kalau kamu mesen tiket perjalanan beberapa bulan sebelumnya atau di saat high season. Memang pihak maskapai akan menginformasikan perubahan ini. Dan kamu tau mereka akan ngabarin kamu lewat apa? SMS! Bayangin dari sekian banyak penumpang, kemungkinan SMS nggak kekirim atau apesnya kamu ketika kamu salah masukin nomor HP, maka kamu kemungkinan besar nggak tau kalau penerbangan kamu jadwalnya diganti. Jadi, angkat telepon sehari atau dua hari sebelum jadwal keberangkatan kamu, tanyakan kembali ke costumer service maskapai penerbangan itu, apakah jadwal kamu tetap atau berubah. Hal kecil bisa menyelamatkan kamu dari ketinggalan pesawat.

Baca juga: Dapetin Harga Hotel Super Murah dengan 7 Aplikasi Ini

3. Hindarin bagasi

luggage-1436515_1280

Salah satu yang bakal bikin kamu stres di perjalanan adalah bagasi. Kamu dipaksa buat ngantre lama di counter check in dengan bagasi, belum lagi waktu sampai di kota tujuan kamu perlu nunggu koper kamu nongol di conveyor belt. Plus, kalau koper kamu keselip di penerbangan lain. Kalau perjalanan liburan kamu cuma 2 sampai 4 hari, kamu bisa bawa koper kabin atau tas ransel. Lalu mulailah belajar nge-pack koper yang ringkas. Dengan koper kabin atau tas ransel, kamu bisa langsung melenggang masuk melewati security dengan tiket yang udah kamu check in sebelumnya.

Baca juga: Liburan 10 Hari Cuma Bawa 1 Koper Kabin? Ini Tips Packing

4. Melenggang saat pemeriksaan

airport-1543008_1280

Nggak paham sama aturan keamanan bandara bisa bikin kamu ketahan lama di bagian pemeriksaan. Jadi, bikin persiapan untuk mempercepat pemeriksaan. Pastiin kamu nggak bawa benda tajam atau runcing di dalam tas kamu, karena bisa berujung dengan pembongkaran tas atau koper kamu. Pastiin nggak ada satu pun produk perawatan tubuh kamu yang kemasannya lebih dari 100ml. Hindari pakaian yang terlalu banyak unsur logamnya. Pakai gesper ikat pinggang dari bahan non-logam, dan jangan pakai sepatu boot karena kebanyakan boot memakai lapisan logam di bagian ujungnya. Ada satu tips lagi yang bisa kamu lakukan saat ngantre pemeriksaan, pergilah ke sisi kiri. Karena berdasarkan penelitian, kebanyakan orang yang nggak kidal akan spontan pergi ke arah kanan saat ngelewatin pemeriksaan keamanan, akibatnya antrean di sisi kiri lebih pendek.

5. Pilih kursi yang nyaman

aircraft-1036959_1920

Kamu nggak hanya bisa ngintip lay out tempat duduk pesawat yang bakal kamu naikin buat liburan nanti dari jauh-jauh hari. Tapi kamu juga bisa nyari tau tempat duduk mana yang paling nyaman saat penerbangan kamu lewat review dari penumpang lain. Kunjungi aja website www.seatguru.com. Kamu hanya perlu masukin nama maskapai penerbangan kamu, nomor penerbangan dan tanggal penerbangan. Maka SeatGuru bakal nampilin lay out pesawat dan tempat duduknya. Lengkap dengan review tempat duduk paling nyaman yang bisa kamu pilih. Kalau kamu bisa duduk dengan nyaman di pesawat, dijamin kamu bakal punya banyak energi sampai di tempat tujuan.

Asal kamu tahu, hampir 90% kekacauan yang bikin perjalanan kamu berantakan biasanya terjadi di bandara. Jadi pastiin kamu bisa ngelewatin semua hal di atas tanpa kendala.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza