5 Olahraga yang Bisa Dilakuin Bareng Si Kecil

Kalo kamu punya adik kecil atau keponakan yang aktif, ajak si kecil olahraga agar tetap sehat dan fit sepanjang hari.

Wajah imut dan tingkah lucu bayi atau balita bisa bikin kamu selalu tersenyum dan terhibur. Kalo udah begini, mood kamu pasti akan selalu positif hingga selalu semangat melakukan aktivitas apa pun. Karena itu, kenapa nggak kamu ajak aja si kecil berolaharaga atau beraktivitas fisik bareng kamu? Perlu kamu tau, si kecil sebenernya juga perlu berolahraga lho, sama seperti kamu. Anak yang aktif bergerak akan mengembangkan kemampuan motorik dan memperkuat otot serta sendi. Kamu pun juga diuntungkan, jadi lebih bersemangat buat berolahraga karena ditemani si kecil yang menggemaskan. Lantas, olahraga apa aja yang bisa kamu lakuin berdua si kecil? Coba aja salah satu aktivitas fisik berikut ini.

Yoga

Yoga

Kalau adik atau keponakan kamu masih bayi, kamu sebenarnya bisa melakukan beberapa pose yoga yang melibatkan si kecil. Beberapa di antaranya yaitu Goddess Pose, Warior II Pose (virabhadrasana II), Boat Pose (paripurna navasana) dan Inverted Seal Pose (viparita karani). Si kecil yang kamu gendong pasti akan merasa senang seperti sedang ditimang-timang.

Kalau usia si kecil sudah cukup besar, cobalah ajak serta si kecil untuk melakukan beberapa pose yoga sederhana. Dengan ngebiasain si kecil ngelakuin Yoga secara rutin, maka aktivitas ini bisa ngebantu memperbaiki masalah postur si kecil, bisa nyembuhin si kecil dari asma, dan masih banyak manfaat lainnya.

Baca juga: 4 Macam Yoga yang Bisa Dipilih Sesuai Karakter Kamu

Berenang

berenang-61129

Ngajak adik atau keponakan kamu yang masih bayi buat berenang ternyata ngasih banyak manfaat lho buat si kecil. Dari hasil penelitian di Melbourne, Australia, IQ anak yang sejak balita sudah diajak berenang ternyata lebih tinggi ketimbang anak balita yang jarang berenang. Bayi yang baru lahir sampe 3 bulan kebanyakan bisa langsung nyemplung ke air dan berenang tanpa takut, karena di usia segitu mereka punya refleks buat terus melangkah biar tetap ngambang.

Tapi inget ya, kamu harus bener-bener ngawasin si kecil dengan seksama. Kalo gak yakin, mending kamu ajak Aqua Swim di tempat-tempat spa bayi. Di sini, kolam yang disediain hanya seukuran bayi. Di kolam kecil ini si kecil bakal diajak buat latihan berenang biar kemampuan motorik si kecil makin meningkat.

Jogging

shutterstock_539774245

Kamu bisa ngajak adik kecil atau ponakan kamu jogging dengan menggunakan stroller. Ya, ada beberapa stroller yang khusus dibuat untuk melewati permukaan yang tidak rata dengan nyamannya dan mampu bermanufer tanpa kesulitan. Si kecil pun bakal aman kok ada di dalam stroller itu, karena stroller yang didesain khusus sehingga bisa dipakai jogging, selalu dilengkapin sama berbagai macam sabuk pengaman yang nyaman buat si kecil.

Kalau anak kamu udah balita, ajaklah ia jogging atau jalan cepat di sekitar taman dekat tempat tinggal Anda. Jangan mengajak si kecil berolahraga saat matahari sudah menyenat, karena udara dipagi hari sangat bagus buat dihirup si kecil.

Angkat Beban

shutterstock_649630285

Ada juga aktivitas fisik yang nggak kalah serunya. Ketimbang kamu angkat beban di gym pakai dumbbell atau barbell, meding jadikan si kecil yang menggemaskan itu sebagai beban hidup kamu. Gendong si kecil dan lakukanlah Upright Rows dengan mengganti dumbbell menggunakan beban si kecil. Atau lakukan Leg Extetions. Letakkan bayi di atas kaki sebagai pengganti beban saat kamu ngangkat kedua kaki sampe lurus ke depan. Calf raises atau gerakan mengangkat beban di bahu dengan tumpuan ujung telapak kaki, bisa kamu lakuin dengan ngganti barbel menjadi si kecil sebagai beban.

Tapi karena olahraga ini ngelibatin si kecil dalam gerakan latihan kamu, maka kamu harus tetep fokus merhatiin si kecil agar terhindar dari hal-hal yang gak diharapin.

Baca juga: Percuma Nge-Gym Kalau Masih Melakukan 5 Hal Ini!

Olahraga Konsol

Two players playing video games on TV at home

Nah, kalo si kecil usianya udah di atas 3 tahun, coba deh ajak mainan olahraga dari permainan atau game konsol. Ini jauh lebih seru dan nyenengin buat dilakuin bareng si kecil. Kalo di rumah kamu kebetulan kamu punya game konsol seperti Nintendo Wii atau Playstation 4, kamu bisa bermain game olahraga yang nggak kalah capeknya dibanding olahraga beneran.

Di Nintendo Wii, lewat Wii Remote, kamu bisa bermain Tenis, Golf, Tinju, Baseball dan masih banyak lagi, dengan menggerakkan Wii Remote layaknya raket tenis atau sarung tinju. Sementara di Playstation 4, dengan PS Move, kamu bisa bermain beberapa aktivitas olahraga dan berbagai permainan seru yang dibuat khusus untuk bikin kamu dan si kecil bergerak. Kamu nggak perlu ngajak si kecil ke lapangan panas-panasan buat berolahraga lewat konsol ini.

Jadi, nggak ada alasan lagi males bergerak atau berolahraga. Dengan ngajak si kecil, kamu bakal lebih terpicu semangatnya untuk terus bergerak dan olah fisik, berkat senyum manis mereka yang menggemaskan.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza