5 Menu Sahur Gampang Buat Anak Kos

Bosen sahur pake mie instan? Sesekali kamu musti praktikkin resep menu sahur mudah dan sehat biar bertahan sampe buka puasa tanpa rasa lapar.

Kebanyakan anak kos kalo udah urusan sahur, pasti ngandalin mie instan karena praktis dan siap saji. Ditambah anggapan bahwa mie instan bakal bikin kamu kenyang seharian karena mie bisa ngembang dalam perut dan membuat efek penuh dalam usus kamu. Padahal, mie instan itu bisa dikategoriin sebagai junk food, karena nggak bisa gantiin makanan bernutrisi. Ini karena mie instan mengandung banyak sekali karbohidrat tapi nggak ada vitamin, mineral dan serat. Belum lagi kandungan lemak jenuh, lemak trans dan MSG yang ada di dalamnya. Kesehatan kamu bisa terancam kalo sahur dengan mie instan berturut-turut.

Lupain juga beli makanan malam sebelumnya untuk kamu panasin saat Sahur. Ngebiarin makanan semaleman memicu perkembangan bakteri dalam makanan, bahkan bakteri ini bisa mulai berkembang dua jam setelah makanan dimasak. Sementara manasin ulang makanan akan ngilangin sebagian besar kandungan nutrisi seperti vitamin yang ada dalam makanan itu.

Nah, jadi biasain kamu masak sendiri saat sahur. Beberapa resep gampang ini bisa kamu coba sendiri buat dimasak ketika sahur, selain caranya yang gampang buat anak kos, nggak bikin kamu boros, penyajiannya juga cepat dan nutrisinya juga terjamin.

Orak Arik Kembang Kol dan Bakso

A post shared by Fifi Kuo (@vv_luv_eat) on

Kembang kol sangat kaya nutrisi sementara telur dan bakso bakal ngasih kamu asupan protein dan karbohidrat yang dibutuhin tubuh selama puasa.

Bahan untuk 1 porsi: Kembang kol secukupnya, 3 bakso kecil dipotong-potong, 1 telur ayam, 1 siung bawang merah dan putih, 1/2 buah wortel diiris-iris, cabe rawit dan merah sesuai selera, garam, saus tiram, kecap, ½ sendok teh kaldu bubuk dan mentega.

Caranya: Panasin mentega, tumis irisan bawang dan cabe sampai harum, masukin potongan kembang kol, wortel dan bakso, setelah layu masukkan kocokan telur lalu diorek. Tambahin sedikit air, kaldo bubuk, garam, saus tiram dan kecap secukupnya.

Baca juga: Trik Tetap Kenyang Seharian Saat Puasa

Salad Kentang

A post shared by ARTTU (@carrotsandcloudberries) on

Kalo kamu malas masak nasi, kentang bisa jadi pengganti nasi buat memenuhi kebutuhan karbohidrat kamu. Sebagai tambahan protein, kamu bisa pakai telur rebus atau potongan daging ayam rebus, dan timun untuk kebutuhan vitamin.

Bahan untuk 1 porsi: 2 buah kentang kukus dipotong dadu, telur rebus dipotong-potong sesuai selera, ½ potong timun diiris kecil, Minyak zaitun, Mayones.

Caranya: Campur semua potongan bahan di atas dalam sebuah mangkuk. Lalu, tambahin minyak zaitun secukupnya dan mayones. Kamu bisa tambahin potongan kecil selada kalau mau.

Bubur Ayam Oatmeal

A post shared by Roslitha Haryani (@roslitha) on

Sebagai pengganti nasi, kamu juga bisa pakai oatmeal yang super sehat. Oatmeal udah terbukti ampuh nurunin koleterol, ngejaga kesehatan jantung dan kaya serat sehingga kamu bakal ngerasa kenyang lebih lama.

Bahan untuk 1 porsi: 4 sendok makan Oatmeal instan, 1 siung bawang merah dan putih, 1 ½ gelas air ditambah 1 sendok teh kaldu bubuk, ayam rebus suwir secukupnya, kecap, mentega, kerupuk dan bawang goreng.

Caranya: Panasin mentega, tumis irisan bawang hingga wangi. Tuang air kaldu hingga masak, masukkan oatmeal, aduk hingga menjadi bubur. Tuangkan di mangkok lalu beri ayam suwir di atasnya, tambahin bawang goreng, kerupuk dan kecap secukupnya.

Egg Burger

A post shared by Kulineran (@kuliner_rbo) on

Jangan menyamakan semua burger sebagai junk food, karena burger yang ini nggak pakai daging olahan yang berbahaya buat diet dan kolesterol kamu. Kamu bisa dapat manfaat karbohidrat dari roti, protein dari telur dan keju, dan vitamin dari selada dan tomat segar.

Bahan untuk 1 porsi: 1 roti burger, 1 telur, 1 lembar keju, mentega, 1 lembar selada, 2 iris tomat dan garam.

Caranya: Buatlah telur mata sapi dengan mentega, lalu tabur garam secukupnya. Susun selada, irisan tomat, lembar keju dan telur mata sapi di atas roti, lalu tutup dengan sisa potongan roti. Tambahin saos sesuai selera.

Baca juga: Nggak Ada Kurma? Kamu Bisa Juga Buka Puasa Dengan 5 Buah Ini

Nasi Goreng Sayur

A post shared by Lina Mai (@dapurlinna) on

Ini adalah menu wajib orang Indonesia. Tapi, daripada beli di abang-abang nasi goreng, lebih sehat kalo kamu masak sendiri. Karena kamu bisa tambahin protein dari telur atau udang dan berbagai macam vitamin dari sayur-sayuran.

Bahan untuk 1 porsi: 1 piring nasi putih, 1 telur, 2 sendok makan sayuran beku (biasa berisi kacang polong, butiran jagung dan potongan wortel). 4 ekor udang (bisa diganti bakso atau potongan ayam), 1 siung bawang merah dan putih diiris, cabe, kecap, garam, mentega.

Caranya: Panasin mentega, tumis bawang dan cabe hingga harum, masukin udang yang sudah dibersihin. Ketika udang udah berubah warna, tambahin kocokan telur lalu diorek. Masukin sayuran beku, lalu nasi kemudian aduk hingga kecampur. Tambahin kecap dan garam secukupnya.

Gampang kan? Semua resep di atas, cuma perlu waktu kurang dari 10 menit lho untuk menghidangkannya. Kamu juga gak perlu ribet-tibet nakar pake timbangan. Dan yang paling penting, sahur kamu lebih bergizi sehingga kamu punya banyak tenaga sampai buka puasa.

Categorised in: , , ,

This post was written by Kak Moza