• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Lifestyle
  • >
  • 5 Menu Olahan Daging Kambing yang Bikin Idul Adha Makin Afdol

5 Menu Olahan Daging Kambing yang Bikin Idul Adha Makin Afdol

Hari raya kurban besok sudah siap dengan daging kambing favorit sekeluarga, tapi bingung mau diapain? Intip menu olahan daging kambing ini.

Setelah menyisihkan daging untuk dibagikan kepada yang tidak mampu, persediaan daging kambing idul adha di rumah sudah siap untuk diolah. Kira-kira akan dimasak apa? Pastinya sih banyak pilihan, karena daging kambing merupakan salah satu olahan yang paling favorit di Indonesia. Tapi memang, mengolah daging kambing itu harus sedikit lebih hati-hati, kalau nggak mau mencium bau prengus setelah masakan jadi.

Gulai

Kalau sapi lazim jadi rendang, maka gulai kambing adalah padanannya. Dan punya gulai kambing di rumah saat idul adha biasanya memang semacam hukum wajib (tentunya di keluarga penggemar daging kambing). Gulai kambing sendiri sebenarnya adalah jenis masakan yang gaya memasaknya di pengaruhi oleh di mana kita memasaknya. Misal, ternyata ada hidangan gulai kambing yang bergaya betawi, aceh, atau solo. Lalu, mau bikin versi dengan santan atau tidak. Yang jelas sih, gulai kambing dengan kuah santan akan terlalu berisiko buat yang kolesterolnya sudah tinggi.

Tongseng

A post shared by honeybee (@bebquinn) on

Hidangan satu ini adalah turunan dari gulai sebenarnya. Kuah gulai kambing yang ada bisa ditumis lagi dengan menggunakan jeroan dan sisa daging kambing lainnya. Beda tong seng dengan gulai juga ada di tambahan sayur seperti kol dan tomat di kuahnya, warna gelap dari kecap, yang biasanya punya sensasi asap dan rasa agak tajam. Tong seng ini dipopulerkan oleh daerah Jawa Tengah, dan memang sangat mendapatkan pengaruh besar dari orang-orang Arab yang datang ke Indonesia sambil menyebarkan agama Islam ratusan tahun lalu. Katanya sih, kebiasaan orang Indonesia suka makan daging kambing juga berasal dari mereka.

Baca juga: Doyan pedas? wajib coba beberapa tempat ini.

Sate

Kalau sudah ada gulai kambing di rumah saat idul adha, biasanya sih ada temennya, si sate kambing. Semacam nggak sah aja. Buat sebagian orang sih, sate kambing lebih enak daripada sate ayam yang standar. Apalagi yang pakai embel-embel untuk mempertahankan stamina. Tentunya, sate kambing dengan daging kambing yang masih muda akan menghasilkan sate yang lebih empuk. Paling pas makan sate kambing ini dengan cabe rawit, bawang merah segar, kerupuk melinjo, bertabur bumbu kacang yang agak manis, ditemani lontong. Ya, nggak?

Nasi goreng kambing

Nasi goreng kambing saat idul adha memang nggak biasa sih. Kurang bernuansa perayaan. Tapi, kalau bosan dengan yang berat-berat sementara masih ada sisa daging kambing di rumah – setelah semua diolah ala gulai atau sate, nasi goreng kambing bisa jadi alternatif. Nah, sama kayak gulai, membuat nasi goreng kambing juga musti ekstra hati-hati supaya nggak ada aroma prengus kalau daging kambingnya kurang matang. kuncinya memang pada penggunaan bumbu yang tepat dan pas yang jadi lawan untuk aroma prengus tadi. Tapi yang wajib diperhatikan juga, nasinya harus yang lumayan kering, bukan yang lembek. Nasi sisa kemarin yang masih oke juga bisa dipakai.

Baca juga: Ini 4 tempat nasi goreng terenak di Jakarta, sudah pernah mampir?

Nasi kebuli

A post shared by kiki (@dianandariskia) on

Hidangan satu ini juga mendapat pengaruh besar dari budaya Arab yang ada di Indonesia. Beda dengan nasi goreng yang ringan, hidangan nasi kebuli daging kambing ini masih punya suasana ‘pesta’ jadi rasanya masih pantas muncul saat merayakan Idul adha nanti. Nasi kebuli memang akan mengingatkan kita pada nasi biryani, karena aroma yang harum dan rasanya yang gurih. Gurihnya juga berasal dari taburan kuah di atas nasi yang membuatnya sedikit basah. Standarnya sih, nasi kebuli dimakan dengan sate kambing biar makin maknyus.

Sudah cukup tuh inspirasi hidangan daging kambing apa yang bisa dibilangin ke nyokap untuk disiapkan Idul Adha besok. Sebenarnya sih masih ada beberapa lagi hidangan daging kambing yang bisa dicoba, tapi jangan banyak-banyak juga. Khususnya yang menghindari naik berat badan drastis ya.

image cover: heneedsfood.com

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza