• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Kegiatan Pengusir Kantuk Saat Bangun Sahur

5 Kegiatan Pengusir Kantuk Saat Bangun Sahur

Biar nggak ngantuk lagi pas bangun sahur, segera menjauh dari bantal dan lakukan 5 hal ini

Bangun malam untuk makan sahur adalah salah satu kegiatan ikonik di bulan Ramadhan. Namun karena dilakukan dini hari, biasanya tubuh kita masih kaget dan susah banget untuk menahan kantuk. Kalau kamu termasuk orang yang sulit menahan diri untuk tidak tidur lagi, kami punya beberapa tipsnya.

1. Main Game

1-min

Kalau mau melakukan hal-hal yang kamu suka, biasanya mata kamu akan lebih mudah melek. Kalau kamu suka main game, coba deh ganti nama alarm kamu dari ‘Bangun Sahur’ menjadi ‘Main Game’ dan kamu atur waktunya agar berbunyi 60-90 menit sebelum waktu imsak.

Game yang kamu mainkan sebisa mungkin yang ringan-ringan saja ya. Sebab jika kamu main game yang lumayan kompetitif dalam keadaan mata masih mengantuk, kamu akan mudah kehilangan fokus dan akhirnya kalah. Hal ini bisa merusak mood kamu.

2. Cek Akun Socmed Gebetan

2-min

Kalau ada hal yang bisa bikin kamu lebih fresh dari main game, pasti hal itu berhubungan sama gebetan kamu. Mungkin kamu belum berani ngomong sama dia. Atau mungkin kalian sudah dekat tapi masih nunggu momen yang tepat.

Stalking akun Instagram, Path atau Twitter gebetan pasti bisa bantu mata kamu langsung fresh. Apalagi kalau kamu dan gebetan mulai saling no mention di social media. Kamu akan mulai memikirkan hal-hal yang kreatif untuk menarik perhatian dia dan kegiatan ini akan membuat otak kamu mulai bekerja dengan menyenangkan.

3. Belanja Online

3-min

Siapa sih yang matanya gak langsung fresh kalau melihat kata diskon? Faktanya adalah tubuh kamu akan langsung lebih semangat dengan melihat potongan yang ditawarkan meskipun kamu nggak belanja!

Berhubung tidak ada mall di Indonesia yang buka tengah malam, mending kamu cek MatahariMall aja! Di sana ada Flash Sale seru di waktu sahur. Siapa tahu kamu bisa share promo seru dari produk incaran mama/papa atau om/tante kamu. Lumayan, bisa jadi bahan obrolan di Grup Whatsapp Keluarga.

4. Olahraga / Ibadah

4-min

Gerakan sholat sudah terbukti secara medis dapat membantu memperlancar peredaran darah. Dan kebetulan juga: waktu sahur itu termasuk ke dalam waktu terbaik untuk melakukan sholat malam seperti tahajud. Lumayan kan, badan jadi segar plus pahala pun nambah.

Selain sholat, senam ringan juga bisa membantu tubuh kamu jadi lebih segar. Nggak perlu siapin matras dan melakukan gerakan yoga yang sulit, kamu bisa ngusir kantuk secara instan dengan melakukan push-up, sit-up, dan squat masing-masing selama satu menit.

5. Jalan-Jalan Keluar

5-min

Kalau di komplek perumahan kamu masih ada tradisi bangunin orang sahur, coba ikutan deh. Kamu bisa mempererat tali silaturahmi dengan tetangga yang selama ini jarang ketemu karena sama-sama sibuk beraktivitas.

Kamu juga bisa ikutan trend baru: sahur on the mosque. Sahur di masjid bisa bantu kamu lebih khusyuk beribadah, plus kamu juga bisa membantu kaum dhuafa meski sesederhana memberi makan sahur. Mengawali hari kamu dengan berbuat baik bisa sangat meningkatkan mood kamu lho!

 

Di luar 5 tips di atas, ada satu hal yang harus kamu lakukan untuk mengusir kantuk, yaitu buang bantal dan guling kamu jauh-jauh. Begitu terbangun oleh alarm, langsung beranjak dari tempat tidur, wudhu/cuci muka, dan minum segelas air. Setelah itu baru deh lakukan salah satu tips di atas. Selamat berpuasa!

Categorised in: , , , , ,

This post was written by Lendra Bayu