5 Hal yang Bikin Orang Tua Senang Saat Usia Kita 20-an

Mungkin kamu nggak menyadarinya, tapi setidaknya ada 5 hal yang bisa bikin orang tua senang saat usia 20-an.

Standar setiap orang itu beda-beda. Dan nggak semua orang bergerak maju dengan cara dan kecepatan yang sama. Jadi, nggak heran kalau kamu perhatikan teman-teman di sekeliling, pencapaian hidup kita juga cenderung nggak sama. paling mudah sih misalnya, ada yang di umur 25 udah berani memutuskan nikah. Ada yang belum kepengen. Daftar di bawah ini kurang lebih inceran semua cowok di usia 20 tahunan. Kalau inceranmu nggak sama, nggak usah kecewa atau bikin jadi mikir. Wajib diingat, nggak semua orang itu siap untuk melakukan sesuatu hal yang sama, di waktu yang bersamaan.

Lulus kuliah

Tak ada yang lebih menggembirakan orang tua, saat anak-anaknya di usia 20an sudah lulus kuliah. Main-main boleh saat kuliah, tapi jangan lupa lulus harus tepat waktu. Kebanyakan main mungkin setelah lulus kuliah, yang begitu lama itu, yang lebih diingat justru main-mainnya, ketimbang ilmu yang sempat dipelajari. Dan yang lebih penting sih, tentu biaya kuliah semakin membengkak kalau lulusnya molor.

Punya pekerjaan

Yang sering membuat kita terlena adalah, sibuk mengejar lulus kuliah tapi nggak mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Intinya sih, setidaknya setahun sebelum lulus kuliah, kamu sudah tahu akan bekerja di mana atau sudah punya incaran kantor. Bahkan kalau bisa, setahun sebelum lulus kamu sudah melamar ke kantor yang ditaksir. Tentu dengan pertimbangan bahwa kamu sudah pasti lulus di waktu yang diinginkan. Bayangkan lulus kuliah, belum terbayang kantor yang diinginkan, lalu berencana untuk selo selo dulu setidaknya 3 bulan sebelum melamar kerja. Tidak efisien dan terlalu berjudi. Seram pula. Kece banget itu, sebulan lulus kuliah kamu sudah bekerja dengan status fresh graduate di kantor yang lamaran bekerja di sana sudah kamu kirim 6 bulan sebelumnya. Ini strategi yang oke.

Punya calon pasangan

Nah, kalau dua poin di atas sudah kamu matangkan, poin yang satu ini kudunya sih sepaket ya. Sudah bekerja, punya penghasilan tetap, pertanyaan berikutnya dari orang tua sudah pasti: kapan berkeluarga. Ya, kalau kamu tipe yang jaman kuliah sudah serius pacaran sih enak ya. Karena skenario klasiknya sih, cewek kita dari jaman kuliah, itu yang bakal dikawinin. Ya, nggak? Tapi kalau nggak seberuntung itu, ya pas udah kerja sambil-sambil lirik-lirik lah.

Baca juga: Belum punya calon pasangan? Mungkin perlu upgrade diri sendiri dengan 5 cara ini.

Punya tabungan dan punya rencana keuangan

Sebagai laki-laki yang bakal jadi kepala keluarga, punya tabungan dan rencana keuangan itu penting. Mau nikahin anak orang perlu duit lho guys. Nanti istri hamil sampai melahirkan juga butuh duit. Punya anak sudah pasti butuh duit juga. Dan nggak itu saja sih. Kalau dari zaman kuliah, kamu sudah yakin dengan pasangan dan berniat menikahi dia saat sudah punya pekerjaan, uang yang ditabung nggak hanya untuk biaya kawin, tapi juga mungkin untuk kredit rumah. selain biaya kawin, kredit rumah, kendaraan untuk berdua adalah pengeluaran berikutnya.

Memang terlihat seperti perencanaan yang serius, tapi orang tua bakal senang banget punya anak yang mempersiapkan hidupnya dengan matang – tanpa terlalu banyak merepotkan mereka.

Pernah ke luar negeri

Ke luar negeri untuk liburan bersama keluarga, atau jalan-jalan dengan teman sih biasa saja ya. Tapi, kalau di usia 20an, kamu baru bekerja secara profesional mungkin 2 tahun, tapi sudah dapat kepercayaan dari kantor untuk menghadiri event atau pertemuan di luar negeri sebagai bagian dari perjalanan dinas, ini bakal jadi bahan cerita orang tuamu ke teman-teman dan saudaranya. Cerita yang membanggakan, pastinya.

Baca juga5 Cowok Sukses Ini Bisa Jadi Inspirasi untuk Rintis Jalan Sukses

Lima poin di atas bikin stress? Bisa iya, bisa nggak. Tapi, sebenarnya sih ini siklus biasa dari hidup kita. Lambat laun akan kita jalani dan lewati. Dan, kalau memang untuk membahagiakan orang tua, kejarlah.

image cover: Instagram Blogger boyfriends

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza