• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Fashion
  • >
  • Surjan Khas Jawa Bisa Jadi Pengganti Jaket atau Cardigan, Lihat 5 Tipsnya

Surjan Khas Jawa Bisa Jadi Pengganti Jaket atau Cardigan, Lihat 5 Tipsnya

Surjan adalah jenis luaran untuk laki-laki yang biasa ditemukan di Jawa Tengah, khususnya Yogyakarta. Ini dia gaya pakai surjan yang oke.

Barangkali, lurik adalah salah satu jenis pakaian tradisional asli Indonesia yang hingga sekarang masih sangat populer, sehingga masih terus diproduksi. Tidak seperti banyak jenis pakaian tradisional, surjan lurik bisa bertahan karena jenis luaran satu ini dengan mudahnya dipakai begitu saja untuk segala kesempatan. Karena fungsinya sebagai luaran, jadi nggak heran, bisa saja kita memakai surjan lurik ini sebagai pengganti cardigan, atau jaket.

Surjan dulu dibuat dalam warna-warna itu-itu saja, namun dengan kreativitas, sekarang surjan dibuat dalam berbagai warna, tergantung kain lurik yang dipilih. Itu juga membuatnya semakin mudah dipadu-padankan dengan gaya sehari-hari. Dengan trik yang benar, kita selalu bisa mengenakan surjan lurik ini di kesempatan apa pun. Lihat beberapa idenya berikut:

Dipakai seperti kemeja

Kuncinya, cari potongan yang pas dengan badan, agar surjan bisa dipakai selayaknya kemeja. Karena surjan punya detail depan, leher, dan bawah yang khas maka memang sebaiknya surjan yang dipilih dapat dikancingkan dengan rapi. Pakai dengan celana kain yang juga berukuran fit, gaya ini sudah bisa dipakai ke kantor. Mungkin sebagai pengganti batik di hari Jumat.

Sebagai luaran/ outer santai

Untuk gaya ini, potongan nggak terlalu pengaruh, tapi memang sebaiknya pilih yang nggak terlalu kebesaran dan sudah licin (alias nggak kisut sana sini). Pakai dengan kaos sebagai dalaman (under garment), dan celana chinos favorit untuk gaya santai yang beraksen Jawa. Pilih surjan dalam warna agak gelap untuk dipasangkan dengan chinos warna gelap, kalau nggak ingin terlihat agak mencolok.

Dengan jeans dan boots

Bahkan surjan ini masih pantas dipakai dengan jeans dan sepatu boots untuk gaya yang lebih maskulin. Sekali lagi, pilih surjan dengan model klasik (dalam warna motif garis coklat hitam biasanya), bisa yang pas badan, tapi bagian tangan harus masih bisa digulung ke atas – setidaknya setengah lengan. Kalau bekerja di bidang kreatif, ini bisa sebagai alternatif pengganti kemeja.

Gaya lebih dandy

Ada pendekatan lebih dandy untuk surjan juga, untuk yang berani. Pilih surjan yang dibuat dengan kain lurik dalam warna-warna terang, bukan klasik, lalu pakai dengan celana yang juga sama dandy-nya. Misalnya, jeans atau chinos warna putih. Pilih sneakers model slip on (yang tinggal masukkan kaki tanpa ribet dengan tali sepatu) juga dalam warna putih. Ini memang mix and match yang nggak biasa, jadi bisa dicoba sesuai level keberanian.

Sebagai pengganti kimono

Surjan dengan model agak kebesaran sebenarnya punya siluet yang mirip-mirip dengan kimono. Luaran model kimono juga tren yang cukup besar setidaknya setahun terakhir. Kecuali memang ada bahan kain lurik yang dibuat sebagai kimono, cara memakai surjan ala ala kimono cukup dengan membuka kancing depan dan gulung kedua tangan. Sekali lagi, pilih yang setidaknya 2 ukuran lebih besar dari badanmu. Pakai dengan kaos lengan panjang di bagian dalam, warna hitam atau putih boleh, dan biarkan ujung lengan kaosmu terlihat di balik lipatan surjan. Gaya ini cocok dengan celana cargo atau joger yang warnanya tentu harus dipadankan.

Baca juga: Beli kimono nggak perlu ke Jepang, cek 5 brand lokal yang membuat kimono ini.

Dengan celana pendek dan sneakers

Surjan dengan celana pendek? Ya, sesantai memakainya untuk jalan-jalan akhir pekan atau cuma keliling komplek, atau nemenin nyokap belanja di supermarket. Buka bagian depan, lebih bagus yang ukurannya sedikit lebih besar dari badanmu, pakai kaos putih favorit di dalam. Ini berfungsi sebagai pengganti cardigan. Gaya ini paling pas dipakai dengan alas kaki model sandal gunung, atau sandal kulit lainnya. Gaya nongkrong akhir pekan yang Indonesia banget deh.

Baca juga: Batik dan celana chinos, wajib coba paduan yang kasual ini.

Melihat 5 ide gaya di atas bukan nggak mungkin kalau kita semacam ingin punya surjan dalam beberapa warna dan ukuran. Next time ke Yogyakarta, jangan lupa cari luaran ini di Pasar Beringharjo.

image cover: AHR Apparel & textile

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza