5 Film tentang Pahlawan yang Wajib Kamu Tonton

Film tentang pahlawan Indonesia selalu inspiratif. Kamu nggak cuma kenal bisa update di sosmed tapi juga jadi kenal sama pahlawannnya.

Masih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, 10 November kemarin, kamu bisa merayakannya dengan menonton film-film pahlawan yang bisa membangkitkan semangat nasionalisme. Toh kata Bung Karno, Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenang jasa para pahlawannya.

Ada banyak film bertema perjuangan atau film biopic pahlawan nasional yang bisa kamu tonton. Kami memilihkan daftar film tentang pahlawan yang kudu kamu tonton.

Battle of Surabaya (2015)

musa

Battle of Surabaya merupakan film animasi produksi MSV Pictures-anak perusahaan kampus STMIK AMIKOM Yogyakarta. Ceritanya tentang petualangan bocah 13 tahun, Musa, di Surabaya pada 1945. Musa, sebenarnya hanya ingin bertahan hidup dan membantu keluarga sebagai tukang semir sepatu. Namun perang membuatnya terlibat dalam pertempuran di Surabaya sebagai kurir lantaran tidak dicurigai tentara sekutu.

Baca juga: Bikin Bangga, Ternyata Film Animasi Ini Buatan Indonesia

Tjoet Nja’ Dhien (1988)

tjoetnjadhien

Film arahan Eros Djarot ini berceritra tentang perjuangan gigih Tjoet Nja Dhien melawan tentara Belanda yang menduduki Aceh pada masa penjajahan Belanda. Digambarkan bagaimana Tjoet Nja’ Dhien dikhianati orang kepercayaannya dan teman setianya, Pang Laot yang iba dengan kesehatan Tjoet Nja’ Dhien. Yang epik adalah perjuangan terakhir Tjoet Nja dalam kondisi renta dan nyaris buta, tapi berjuang hingga tetes darah penghabisan melawan penjajah dengan rencongnya.

Soekarno

filmsoekarno

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo pada 2013 ini membeberkan masa kecil Sukarno, pembuangannya di Bengkulu, masa Jepang, dan Proklamasi. Film ini secara khusus menyoroti Sukarno di masa proklamasi dan masa yang membuat presiden pertama Indonesia itu banyak dituding sebagai kolaborator Jepang.Film ini memenangkan ajang ASEAN International Film Festival and Awards 2015.

Jenderal Soedirman

jenderalsoedirman1

Film yang digarap Viva Westi pada 2015 ini menceritakan tentang Jenderal Soedirman pada masa gerilya selama tujuh bulan setelah agresi militer Belanda ke Yogya. Diceritakan bagaimana Soedirman mengorbankan harta seperti perhiasan istrinya untuk bekal gerilya. Sejarawan Asvi Warman Adam mengatakan pesan film ini adalah tentang kesederhanaan hidup dan keteguhan memegang prinsip.

Kartini

Kartini
Film karya sutradara Hanung Bramantyo pada 2017 ini menceritakan Kartini saat berusia 16 hingga 25 tahun. Berbeda dengan film Kartini karya Syuman Djaya pada 1983 yang menggambarkan sosok Kartini yang introvert, di film ini Hanung menggambarkan Kartini yang cerdas, lincah, bahkan jahil. Disoroti juga bagaimana Kartini berani menatap dan menjawab dengan fasih lawan bicaranya, sesuatu yang tabu bagi perempuan saat itu.

Bagaimana? Di antara 5 film tersebut ada yang belum kamu tonton?

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza