5 Film Hollywood yang Menyebut Indonesia

Kamu suka nonton film? Tapi kamu sadar nggak kalau ternyata ada film-film Hollywood yang ternyata sempat nyebut nama Indonesia.

Ingatkah kamu adegan ketika Mia (Emma Stone) diajak makan di restoran oleh Greg (Finn Wittrock) di sebuah restoran mewah bersama dengan kakaknya di film La La Land? Ya, Sang kakak memberi saran agar Greg pergi ke Indonesia. La La Land bukan satu-satunya film Hollywood yang menyinggung soal Indonesia. Ini lima di antaranya.

La La Land (2016)

via GIPHY

Nama Indonesia disebut dalam dialog antara Greg dengan kakaknya. Sang kakak memberi saran kepada Greg untuk pergi ke Indonesia sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi. Dialognya begini nih.

Kakak Greg: Aku punya saran untukmu. Indonesia
Greg : Aku belum pernah mendengarnya.
Kakak Greg: Aku tidak ingat semuanya, tapi itu mengubah hidupku. Tempat itu (Indonesia) sangat mempengaruhiku dan luar biasa.
Greg: Apakah semenarik itu?
Kakak Greg: Penginapannya bintang lima dan bernuansa hutan serta ramah lingkungan. Kau takkan mempercayainya.

The Accountant (2016)

via GIPHY

Dalam film The Accountant, aktor Ben Affleck memerankan seorang akuntan bernama Christian Wolff. Wolff adalah seorang berkebutuhan khusus yang tinggal bersama ayahnya yang seorang tentara dan adiknya, Braxton. Mereka sudah pindah ke 34 lokasi berbeda. Salah satunya Indonesia.

Dalam sebuah adegan, selama beberapa menit, tampak Wolff kecil berada di Indonesia. Ia dan Braxton belatih pencak silat, sementara sang ayah mereka membaca koran berjudul Jakarta.
Saat latihan tersebut, sang pelatih sempat meminta Wolff untuk menghentikan latihan karena mereka tampak kewalahan.

Wolff lantas menjawab dalam bahasa Indonesia. “Tidak apa-apa…lanjutkan saja,” ujarnya.

Mission Impossible- Rogue Nation (2015)

via GIPHY

Ibu Kota Indonesia, Jakarta, disebut dalam film Mission Impossible: Rogue Nation yang dibintangi Tom Cruise. Saat bercerita tentang kelompok sindikat yang diburunya kepada Benji Dunn (Simon Pegg), agen IMF Ethan Hunt yang diperankan Cruise tersebut menyebut Jakarta.

Menurut Hunt, sindikat terkait dengan beberapa penyerangan di berbagai kota besar di dunia seperti Istanbul dan Jakarta. Hunt mengatakan di Jakarta, sindikat diduga berada di balik tragedi jatuhnya pesawat di Pasifik yang menewaskan sekitar 200 orang.

Blackhat (2015)

via GIPHY

Film yang dibintangi Chris Hemsworth ini tidak hanya menyebut Indonesia, tapi juga syuting di Jakarta. Blackhat mengisahkan Nick Hathaway yang diperankan Hemsworth memburu jaringan kejahatan siber dunia yang dicari Amerika Serikat karena mengebom nuklir di Asia. Jaringan tersebut diduga bersembunyi di Jakarta.

Eat Pray and Love (2010)

via GIPHY

Hidup bagi Elizabeth Gilbert, wartawan dan novelis New York, Amerika Serikat sepertinya sudah sempurna. Pekerjaan yang mapan, apartemen yang bagus, dan suami tampan. Tapi ternyata kehidupannya tidak menyenangkan. Sampai dia memutuskan untuk berkelana ke tiga negara.
“I used to have this appetite for food, for life, and it’s just gone. I want to go some place where I can marvel at something … I’m going to Italy, and then I’m going to India and I’m going to end the year in Bali.” Salah satu penggalan dalam dialog Liz.

Bagaimana? Kadang-kadang kamu sering nggak sadar kan kalau ada kata Indonesia dalam sejumlah film Hollywood? Kalau lagi iseng, coba deh cari tahu lagi nama Indonesia disebut di film mana lagi.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza