5 Destinasi Wisata Seru Buat Solo Traveling

Liburan tapi masih jomblo? Nggak masalah. Beberapa destinasi wisata solo traveling ini sangat cocok buat kamu yang petualang.

Jangan berkecil hati dulu. Solo traveling nggak selalu dikaitin sama mereka yang jomblo kok. Bahkan mereka yang udah punya pasangan pun banyak yang senang liburan atau jalan-jalan sendirian. Banyak juga yang pengen liburan tapi susah dapet temen jalan-jalan. Alasannya bisa karena temen-temen kamu mungkin nggak bisa dapet cuti ditanggal yang sama, atau susah buat bolos kuliah, atau mungkin lagi pada kena kantong kering. Kalo udah begini, jangan lantas mengendorkan semangat kamu buat liburan. Siapa bilang liburan sendirian itu nggak seru?

Banyak hal yang bisa lebih kamu eksplor disaat liburan sendiri. Kamu nggak perlu bergantung pada keinginan orang saat ingin pergi ke suatu tempat. Atau pernahkah kamu ngerasa waktu liburan begitu cepat berakhir gara-gara temen atau pasangan yang kamu ajak liburan ngabisin banyak waktu buat belanja? Di samping itu, banyak yang bilang kalo pengalaman traveling bisa lebih kamu rasain saat kamu solo traveling. Nah, kalo kamu mau nyobain solo traveling, mungkin bisa mulai dari beberapa tempat berikut ini.

1. Menyusuri Gang-Gang Seru di Bali

A post shared by Chevonne Gourlay (@crg76) on

Aura liburan di Bali emang memancing banyak orang buat datang dan bersenang-senang. Semarak suasana di pulau ini nggak bakal bikin kamu ngerasa kesepian walau dateng liburang sendirian. Bali juga cocok buat kamu yang ingin memuaskan diri menikmati keindahan pantai. Suara debur ombak dengan latar belakang pemandangan yang indah banget bisa nenangin pikiran kamu yang mumet karena kerjaan. Banyaknya pantai indah di Bali memungkinkan kamu buat berjemur sendirian, baca buku, yoga atau berenang.

Selain pantai, kamu juga bisa nyewa sepeda atau motor sendirian buat menelusuri gang-gang kecil yang ada di kota-kota dan desa di Bali. Di tempat-tempat seperti ini, kamu bisa nemuin hal-hal seru yang menarik. Mulai kedai kopi yang nyempil, pengrajin kecil hingga tempat makan hidangan khas Bali yang mungkin nggak keliatan dari pinggir jalan Besar.

2. Outlet Hopping di Bandung

A post shared by tripasik.net (@tripasik) on

Bandung mungkin jadi tujuan wisata yang paling gampang dijangkau dari Jakarta. Kamu yang punya waktu sempit dan pengen cuma sekadar ngabur sejenak untuk liburan, sepertinya lebih baik memilih berkunjung ke kota ini. Banyak banget objek wisata yang bisa kamu kunjungin sendirian seperti Museum Geologi, Saung Angklung Udjo, atau buat wisata kuliner mulai Pasar Cisangkuy sampe Paskal Food Market.

Tapi, ada lebih seru lagi buat kamu lakuin sendiri. Yaitu Factory Outlet (FO) Hopping. Yaitu singgah dari satu FO ke FO lainnya yang menjamur di Bandung. Kamu bisa mulai dari Jalan Riau yang penuh dengan deretan FO unik, lalu pindah ke Jalan Dago hingga ke Setiabudi. Kamu bakal nemuin banyak fashion item cowok yang jarang kamu jumpain di Jakarta.

3. Menjelajahi Bangunan Bekas Kerajaan Kuno di Jogja

A post shared by Hendhy T Purnomo (@hendhyfoto) on

Jogja memang terkenal dengan penduduknya yang ramah. Transportasinya pun murah. Jadi kamu bisa ke mana-mana dengan leluasa sendirian, apakah mau naik becak, angkot atau sewa motor. Di Jogja pun udah ada Trans Jogja lho! Bahkan udah menjangkau sebagian besar pelosok Jogja. Itu yang menjadikan kota ini layak buat yang pengen liburan sendirian.

Nggak perlu ke luar dari kota Jogja, kamu bisa keliling-keliling menikmati arsitektur bangunan tua yang ada di setiap sudut kota Jogja. Kalau kamu udah bosen dateng ke Keraton Yogyakarta, coba aja kamu datengin museum benteng Vredeburg, atau gedung Bank Indonesia lama, hingga bangunan tua di dekat jembatan Sayidan. Kamu bakal ngeliat indahnya detail-detail bangunan peninggalan kolonial Belanda itu dan bakal jadi latar belakang selfie yang keren banget.

4. Wisata Sejarah di Cirebon

A post shared by Ana Anita Wardani (@annward1818) on

Cirebon saat ini jadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungin, terutama buat solo traveler dari Jakarta. Letaknya yang juga nggak terlalu jauh dari Jakarta, dan gampang dijangkau baik pakai kereta maupun mobil, bikin orang pengen ngabur sejenak ke Cirebon buat wisata sejarah atau religi.

Nah, cara paling seru buat nikmatin wisata sejarah adalah dengan pergi sendirian. Kamu bisa lebih fokus mendalami sejarah tanpa ganguan temen-temen kamu yang ribut ngajakin makan empal gentong dan nasi jamblang. Tempat wisata sejarah di Cierebon di antaranya Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan.

5. Menikmati Uniknya Bukittinggi

A post shared by satya oktri vonda (@satyaoktri) on

Bukittinggi adalah tempat yang paling tepat buat solo traveling. Karena beberapa tempat wisata utama di Bukittinggi terpusat di satu kawasan. Di antaranya ada Jembatan Limpapeh, Jam Gadang, Pasar Atas, Pasar Bawah dan Kebun Binatang. Plus di daerah sini banyak hotel-hotel murah. Bayangin aja, kamu nggak perlu sewa kendaraan, udah bisa muter-muter di kawasan wisata ini.

Nggak cuma itu, kamu bakal disuguhi dengan berbagai makanan seru di sekitar sini. Mulai dari pisang epe yang manis dan gurih, teh talua yang nikmat, sampai nasi kapau yang lezat dan bikin liur kamu netes saat liat deretan lauk berjajar di depan mata.

Udah kebanyang mau liburan sendiri ke mana bulan ini? Jangan lupa pastikan keamanan kamu selama di perjalanan dan pada saat tiba di tempat wisata. Karena kali ini, nggak ada orang yang ngejagain di belakang kamu.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza