• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Hobbies
  • >
  • Guide
  • >
  • 5 Cara Tetap Semangat Puasa Tanpa Dukungan Pacar Yang Kini Jadi Mantan

5 Cara Tetap Semangat Puasa Tanpa Dukungan Pacar Yang Kini Jadi Mantan

Tanpa dukungan pacar, tunjukkan kalau kamu tetap bisa lancar berpuasa.

Kata orang, bulan Ramadan bisa jadi salah satu bulan yang paling berkesan bagi pasangan. Bagi pasangan baru, atau yang sudah lama, menghabiskan waktu menahan lapar dan haus bersama bisa jadi pengalaman yang nggak terlupakan. Apalagi, selama bulan Ramadan, pasangan biasanya lebih kreatif dalam memilih kegiatan saat kencan.

Namun sayangnya, bulan Ramadan kali ini nggak bakal kayak tahun lalu lagi. Dia yang menemani kamu buka puasa setiap hari, nggak bisa lagi bersama karena hubungan percintaan itu sudah kandas. Daripada terus menerus bersedih, ada baiknya manfaatkan bulan Ramadan untuk move on dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

Luangkan waktu bersama keluarga

via GIPHY

Dengan nggak adanya pacar, kamu bisa meluangkan waktu lebih banyak bersama keluarga. Jika biasanya setiap hari kamu berbuka dan makan malam bareng si dia, sekarang kamu bisa coba pulang cepat untuk mengejar waktu berbuka di rumah. Jika nggak memungkinkan, makan malam bareng juga lebih dari cukup kok. Ya, hitung-hitung menebus banyak waktu yang kamu habiskan di luar rumah bulan Ramadan kemarin.

Sibukkan diri bersama teman-teman lama

via GIPHY

Bukan rahasia lagi, bulan Ramadan biasanya dijadikan momen untuk reunian dengan label buka puasa bersama. Dari mulai teman kuliah, SMA, hingga teman SD yang nggak pernah ngumpul biasanya bakal bikin acara. Mumpung nggak punya pacar, kamu datengin deh sebanyak mungkin acara bukber bareng teman-teman kamu. Toh nggak ada yang ngelarang kamu datang ke bukber yang ada mantan kamunya.

Salurkan hobi di bulan Ramadan

via GIPHY

Bulan puasa bukan berarti berhenti berolahraga. Kelaparan di siang hari, dan kekenyangan di malam hari biasanya jadi excuse mengurangi intesitas olahraga selama sebulan penuh. Apalagi, jika pacar kamu kemarin bukan tipe yang suka berolahraga di malam hari. Tebus segala penyesalan kamu di timbangan lebaran kemarin dengan memperbanyak olahraga di bulan puasa kali ini. Nge-gym di malam hari, atau jogging ringan di pagi hari jika mampu.

Berbakti pada sekitar

via GIPHY

Nggak ada waktu yang lebih tepat untuk sedikit lebih peduli pada lingkungan selain bulan Ramadan. Terlebih, karena pahala yang kamu dapatkan bisa berlipat di bulan ini. Biasanya, jomblo baru bakal punya banyak waktu luang karena belum bisa beradaptasi dengan kesendirian. Maka dari itu, inilah waktu paling tepat untuk mulai ikut kegiatan bakti sosial yang biasanya sering dilakukan oleh beberapa komunitas.

Rajin Salat Tarawih

Terakhir, ada baiknya kamu menghabiskan waktu di bulan puasa untuk menunaikan ibadah salat Tarawih di masjid terdekat. Nggak perlu setia pada satu masjid selama sebulan penuh, jika kamu berjiwa adventurous, maka cobalah berbagai masjid agar tahu perbedaan di antara masjid-masjid ini. Selain jumlah rakaat, biasanya beda masjid beda juga kultur dan susunan acaranya. Siapa tahu, kamu bisa ketemu jodoh saat ngantri di parkiran.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza