5 Cara Tambah Uang Saku dengan Bisnis Ramah Lingkungan

Bisnis ramah lingkungan bisa jadi pilihan lho buat kamu yang pingin nyelametin lingkungan sekaligus nambah uang jajan.

Berkomitmen untuk memiliki bisnis yang menghasilkan sekaligus ramah lingkungan memang penuh tantangan. Bisnis apa pun pasti memiliki dampak, baik itu bagi mereka yang terlibat di dalamnya, maupun orang atau lingkungan di sekitar. Tapi setidaknya, kalau dampak lingkungannya minim berarti bisnis kita masih tak terlalu jelek. Berikut beberapa ide bisnis hijau yang bisa kamu coba:

Eco friendly fashion/retail

Sudah ada yang membuat produk-produk dari limbah plastik. Misal mengumpulkan bungkus-bungkus produk yang kemudian diolah menjadi tas bergaya. Atau membuat pakaian dari katun organik lalu diwarnai secara natural, jadi tak mengotori udara atau air.

Baca juga: Menjual Pakaian Bekasmu Bisa Jadi Bisnis Ramah Lingkungan, Mungkin Bisa Coba Jual di sini?

Eco friendly furniture

Sudah banyak generasi muda yang melakukan ini sebenarnya. Konsep pertama yang bisa dicoba, membuat produk interior atau furnitur bru dari limbah kayu. Jadi hidup material kayu tersebut terus sambung menyambung, nggak pernah menjadi limbah. Datangi tempat-tempat dimana kita biasa melihat banyak limbah kayu dan kumpulkan (tentu harus minta izin biasanya). Dari situ, dibuat menjadi furniture baru yang memungkinkan. Atau semudah memperbaiki furniture lama, dan mengemasnya menjadi baru. Mengganti jok kursi, atau mengecat kursi tua yang mungkin akan dibuang orang.

Produk kecantikan

A post shared by Urbano Village (@urbanovillage) on

Bisnis yang butuh riset cukup panjang, namun sudah banyak pula yang melakukannya. Beberapa tahun terakhir, sudah banyak merek-merek perawatan tubuh lokal yang mencuri perhatian. Dan dibuat dengan bahan-bahan natural, bebas dari bahan kimia. Di luar negeri sih sudah banyak, tinggal menunggu pelaku bisnis lokal untuk mengejar trend ini. Bukan hanya produk perawatan, tapi juga termasuk alat-alatnya. Nggak harus mulai dengan skala besar, kita bisa mulai dari sabun atau parfum (yang bahkan cara membuatnya sudah bisa dipelajari di YouTube).

Katering organik

Salah satu yang paling mudah dilakukan tapi juga menuntut ongkos produksi yang besar. Makanan organik jaman sekarang makin disukai, dan makin dicari. Apalagi bisnis katering sebenarnya mudah untuk diorganisir. Dengan makin perhatiannya orang terhadap apa yang mereka konsumsi, serta gaya hidup sehat yang semakin populer, katering organik lumayan dicari orang-orang.Dan sebenarnya, jika kita mau berusaha sedikit di sekitar Jakarta saja kita sudah bisa menemukan sumber-sumber pendukung untuk usaha seperti ini.

Produk buatan tangan alami/organik

Baca juga: Masih Kuliah dan Mau Uang Saku Tambahan, Ini Ada 7 Kerja Sampingan yang Cocok Buatmu

Bisnis hijau atau ecofriendly business tak sesulit yang dibayangkan kok. Dan nggak harus mulai dengan skala besar. Jika kita punya komitmen untuk menjaga lingkungan, ini akan jadi salah satu bisnis yang benar-benar bikin hati kita puas. Puas dapat uangnya, puas karena sekaligus bisa menjalankan misi positif.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza