5 Cara Nyelametin Bumi Mulai Dari Kantor

Pemborosan energi dan sumber perusakan lingkungan justru banyak berasal dari tempat kerja, yuk mulai go green di kantor.

Sekarang, Go Green udah jadi konsep hidup yang banyak diterapin di berbagai sektor kehidupan kita. Kebanyakan orang fokus dengan apa yang mereka lakukan di rumah untuk menyelamatkan lingkungan, padahal di kantor kamu, banyak banget pemborosan energi dan material yang sebenernya bisa kamu cegah.

Nah, nggak susah kok membiasakan diri buat go green di kantor. Mungkin kamu pernah denger istilah 3R: Reduce (mengurangi), Reuse (memakai ulang), dan Recycle (mendaur ulang). Sekarang, versi barunya adalah 5R, yaitu dengan nambahin Repair (memperbaiki) dan Rethink (berpikir ulang). Apapun yang kamu terapin di kantor dari kelima hal tadi, itu udah bisa jadi langkah awal kamu buat mulai nyelametin lingkungan. Pengen tau langkah yang lebih nyata? Coba aja lima cara berikut ini.

1. Aktifin “Sleep Mode” di komputer kamu

apple-1834328_1280

Mau pulang kantor atau pergi makan siang? Jangan lupa aktifin “Sleep Mode” di komputer kamu. Kebanyakan orang sengaja ninggalin komputer dalam keadaan nyala. Alasannya? Karena males nyimpen dokumen-dokumen yang lagi dikerjain. Jadi kalo udah kelar makan siang, tinggal langsung ngerjain apa yang tadi ditinggalin. Padahal, komputer kamu itu bisa ngeluarin emisi karbon dioksida selama dipakai. Dan kebiasaan mengaktifin “Sleep Mode” untuk satu komputer aja bisa ngurangin emisi karbon dioksida sebanyak 136 kg dalam setahun. Ingat, aktifin “Sleep Mode” beda dengan “Screen Saver” ya! Karena dengan kamu aktifin “Screen Saver” itu artinya komputer kamu masih tetep nyala.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Rumah Green Living

2. Ganti lampu di meja kerja kamu

light-fixtures-1219458_1280

Orang Indonesia masih terbiasa dengan lampu incandescent, atau lampu yang cahayanya didapat dari pemanasan dan lampu ini bisa didapat dengan harga murah. Tapi jangan salah, watt yang dihasilin lampu ini tinggi sekali. Walau bukan kamu yang bayar tagihal listrik kantor, tapi cobalah kamu pikirkan efek pemborosan energi dan hasil pemanasan dari lampu jenis ini. Coba kamu ganti dengan Compact Fluorescent Lightbulb (CFL) yang punya daya listrik yang lebih kecil. CFL bisa bertahan sampe dua sampai 10 tahun! Tapi kalau kamu mau lebih hemat energi, kamu bisa pilih lampu Light-Emitting Dioda (LED). Walau cost awal lebih mahal, tapi lampu ini bisa berpijar lebih terang dengan watt kecil, dan bisa bertahan sampai 20 tahun lho!

3. Daur ulang limbah elektronik kantor kamu

computers-814257_1280

Pernah lihat tumpukan komputer bekas dan barang-barang elektronik jadul di kantor kamu yang teronggok begitu aja? Nah, tumpukan ini bisa disebut limbah elektronik atau e-waste. Kebanyakan kantor nggak peduli sama barang bekas ini, tapi ngerasa terlalu sayang buat ngebuangnya. Nggak hanya di Indonesia, bahkan menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), hanya 18% limbah elektronik yang di daur ulang. Padahal limbah elektronik itu perlu ditanganin dengan hati-hati di tempat khusus daur ulang elektronik. Ini karena di dalam limbah elektronik itu terkandung racun kimia seperti mercury, beryllium, cadmium hingga arsenic. Jika racun tersebut lepas ke tanah, maka berpotensi mencemari air tanah kita. Jadi, cari tempat daur ulang elektronik di kota kamu, dan segera salurkan limbah elektronik dari kantor kamu.

4. Pelihara tanaman di meja kerja kamu

cactus-1842260_1280

Dengan melihara tanaman di kantor kamu, maka kamu udah ikut membantu membersihkan udara di ruang kerja kamu. Satu tanaman bisa bantu kamu ngurangin debu di kantor sebanyak 20%, nekan pertumbuhan bakteri sampai 50% dan nurunin perkembangan jamur hingga 60%. Satu tanaman juga bisa ngasih udara bersih untuk tiga orang di sekitar kamu. Bonusnya, memelihara tanaman ternyata bisa ningkatin produktivitas dan menambah mood kamu lho! Bingung milih tanamannya? Kamu bisa pilih Sirih Gading yang perawatannya gampang banget, cukup ditaruh di toples kaca dengan ditambahkan air.

5. Ganti kopi kamu!

coffee-568939_1280

Minuman wajib di kantor ini seolah nggak pernah ada habisnya. Hampir setiap karyawan nyeduh kopi tiap hari di kantor. Tau nggak kalau kamu bisa nyelamitin lingkungan dengan ngganti kopi kamu dengan yang organik? Ya, kopi organik ditanam tanpa menggunakan pestisida dan herbisida. Kalo kamu membiasakan minum kopi organik di kantor, ini artinya kamu udah nurunin kebiasaan minum kopi biasa yang banyak terkena paparan zat kimia yang ngerusak lingkungan.

Baca juga: 4 Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi yang Mungkin Kamu Nggak Tahu

Gampang kan? Jadi, jangan tunda lagi ya buat nyelametin lingkungan di kantor kamu. Siapa tahu bos kamu sadar dengan apa yang kamu lakuin dan ngasih kamu kenaikan jabatan.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza