• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Lifestyle
  • >
  • Guide
  • >
  • 5 Cara Mudah Kumpulkan Uang Supaya Pas Lebaran Bisa Mudik dan Beli Baju Baru

5 Cara Mudah Kumpulkan Uang Supaya Pas Lebaran Bisa Mudik dan Beli Baju Baru

Hidup itu selalu punya kejutan. Supaya nggak terkejut, prinsipnya adalah harus selalu siap. Sama dengan mudik lebaran yang sudah di depan mata.

Hari Raya itu selalu seru dan menyenangkan. Makan kue-kue lebaran, liburan, kalau sudah kerja bisa dapat THR, dan berkumpul dengan keluarga. Yang kurang menyenangkan, periode libur Hari Raya itu identik dengan pengeluaran yang akan lebih besar dari biasanya. Nggak heran, kalau sebagian orang berpendapat, kerja sepanjang tahun supaya bisa mudik dan berhari raya dengan keluarga besar di kampung halaman. Lebay? Bisa iya, bisa tidak. Karena, agak konyol kalau memikirkan bahwa penghasilan 12 bulan bekerja, dipakai untuk lebaran saja, ya nggak? Dan apa yang nggak konyol? Selalu punya uang, hasil kerja keras dan saat harus mudik nggak kaget. Dan bonusnya, bisa beli baju baru. Walau beli baju saat Hari Raya itu bukan kewajiban, sih. Lalu bagaimana supaya siap mudik? Ada tips yang bisa diikuti, nih. Ini 5 cara mudah kumpulkan uang supaya Lebaran bisa mudik dan beli baju baru.

Jual baju lama


Logikanya, pakaian yang sudah nggak kamu pakai 6 bulan terakhir sudah layak untuk dikeluarkan dari lemari. Kalau masih dalam kondisi bagus, jual saja. Bisa dikumpulkan dan minta tolong kerabat yang suka membuat bazaar untuk jualkan, atau jual secara online.

Baca juga:5 smart watch yang tak menguras kantong

Tukar tambah


Alternatif lain, selain dijual, tukar tambah. Ya, ini cara yang gampang-gampang susah. Tapi, bisa saja, ada orang yang mau pakaian lama kita dan berniat menukarkannya dengan pakaian lama mereka juga. Ini yang pasti memang terserah masing-masing pihak. Kalau dirasa bahan pertukaran cukup layak, dan modelnya keren silakan dicoba saja. Rasanya sama saja, kok, dengan mendapatkan barang baru.

Atur penyaluran THR


Selalu bijak dengan penyaluran THR. Sebisa mungkin, selalu ada bagian THR yang bisa ditabung, mungkin 20% dari total jumlah yang kamu terima. Dari total THR, 40-50% bisa untuk persiapan mudik dan memberi THR ke Ob di kantor, sampai orang tua, 20%-nya boleh deh dipakai untuk beli baju baru. Dan yang harus diingat, belanja sesuai besar dana yang dipunya. Kalau bisa bersikap seperti ini, pasti bisa menggunakan dana apa pun dengan bijak.

Belanja saat promo atau cari sale


Gunanya sale atau periode promo memang membantu kita mendapatkan barang-barang yang kita inginkan di harga yang istimewa. Sekali lagi, belanja dengan dana yang sudah disiapkan. Bukan belanja di luar besar dana. Yang ada tekor. Bukan hanya pakaian, bisa juga barang-barang yang mungkin ingin dibawa mudik dan jadi hadiah untuk orang-orang di kampung halaman.

 

Baca juga:5 cara gampang tumbuhkan brewok yang bikin macho

Cari kerja tambahan


Kenyataannya, kadang gaji kita yang utama tak cukup memenuhi kebutuhan. Jadi, bersyukurlah punya bakat atau kreativitas lebih yang bisa diolah menjadi uang. Secara natural, kalau kita punya kemampuan, atau bakat lebih, akan ada orang-orang yang menawari kita melakukan sebuah pekerjaan yang pastinya diikuti dengan imbalan sejumlah uang. Kalau nggak mau THR kamu diganggu gugat dan ingin menabung lebih besar, mungkin bisa rencanakan untuk membeli pakaian lebaran dengan uang dari hasil kerja tambahan ini.

Mudah-mudahan dengan semua perencanaan di atas, kita bisa menghadapi mudik Lebaran dengan lebih siap. Karena bagaimana pun, inti dari berhari raya adalah bersuka cita dengan orang-orang yang dekat di hati kita, bukan? Jangan justru jadi pusing karena nggak punya dana buat mudik. Persiapkan dari jauh hari.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza