5 Cara Merawat Earphone agar Tahan Lama

Rasanya nggak ada ya yang nggak punya earphone? Sudah tahu cara merawatnya?​

Di dalam tas kamu sekarang pasti ada earphone yang selalu kamu bawa kemanapun. Kalau benda elektronik ini sampai ketinggalan, alamat mati gaya, deh. Nggak bisa dengerin musik dan lebih parahnya lagi harus ‘terpaksa’ dengerin basa-basi orang yang paling ganggu sedunia. Saking seringnya digunakan, kerap kali kamu lupa merawatnya. Alhasil, earphone kesayangan jadi rusak tanpa sebab yang jelas. Padahal cara merawatnya nggak susah kok. Simak baik-baik sambil pasang earphone kamu, ya!

tips merawat earphone

Berhenti Menyetel Volume Terlalu Keras

Pasang EDM memang nggak bakal ‘pecah’ kalau volumenya kecil atau sedang-sedang aja. Nggak heran si earphone sering ‘disiksa’ dengan volume kencang apalagi pas di tengah keramaian. Nah, ternyata hal ini nggak baik bukan cuma untuk kesehatan telinga aja, tapi juga untuk earphone kesayangan kamu. Hal ini bisa merusak komponen earphone dan menurunkan kualitas suara.

Baca Juga: Earphone Lebih Ringkih buat Musik Keras, Mending Pakai Headphone Aja!

tips merawat earphone

Jangan Sampai Earphone Terkena Air Setetes Pun

Yang namanya barang elektronik kalau sudah ketumpahan air pasti langsung wafat–tapi nggak berlaku buat smartphone anti air ini! Tanpa disadari, kamu sering menggunakan earphone saat kondisi telingamu basah oleh keringat pas lagi nge-gym. Atau kamu sering dengerin lagu sambil hujan-hujan di motor? Wah, nggak heran kalau umur earphone kamu sebatas umur nyamuk.

Supaya awet, ganti kebiasaan kamu ini dengan lap telinga yang basah menggunakan handuk atau tissue. Nah, baru deh kamu siap dengerin musik lagi pakai earphone. Setelah digunakan, bersihkan juga earphone dengan lap kering.

tips merawat earphone

Sesekali Bersihkan Kepala Earphone dari Tumpukan Debu

Suara sumbang biasanya disebabkan oleh debu yang terperangkap di kepala earphone. Agar suaranya kembali nyaring, bersihkan dengan sikat gigi kering lalu gosokkan perlahan di kepala earphone. Kebiasaan meminjamkan earphone dengan teman juga nggak menutup kemungkinan earphone kamu bersih dari kotoran. Gunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalam alkohol 70%, lalu oleskan pada permukaan earphone supaya tetap steril. Nggak perlu takut earphone kamu kebasahan, alkohol ini lebih cepat menguap daripada air kok. Aman.

tips merawat earphone

Cara Melipat Kabel Earphone Juga Ada Triknya

Jangan salahkan merk earphone kalau kamu nggak memperhatikan cara meletakkannya dengan benar. Entah itu tertarik ke segala arah atau terlilit dengan benda lain di dalam tas, hal ini bisa bikin kabel lepas dan suara jadi nggak jelas. Capek dong kalau harus ganti earphone baru? Apalagi yang bagus harganya ratusan ribu.

Lebih baik simpan earphone dengan melipat secara benar. Caranya, lilitkan kabel earphone pada tiga jari tanganmu dengan pola seperti angka delapan. Sisakan beberapa bagian, lalu lilitkan pada bagian tengah. Setelah itu, masukkan ujung colokan pada lubang lilitan. Kamu juga bisa gunakan penjepit kabel kalau nggak mau ribet.

Baca Juga: Ini Tipe Film yang Paling Enak Ditonton di Laptop Pakai Earphone

tips merawat earphone

Siapkan Wadah Khusus untuk Simpan Earphone Kesayangan

Saking banyaknya kabel yang kamu punya, nggak heran kalau kabel charger dan earphone terbelit. Hal ini bisa jadi bencana untuk earphone kamu. Kebiasaan menyimpan earphone di dalam saku juga menambah resiko earphone pensiun dini lebih besar. Sebaiknya, simpan earphone dalam case kecil khusus. Kalau nggak mau beli, pakai aja kotak permen bekas atau plastik ziplock. Beres semua.

Yang namanya earphone juga butuh perhatian–nggak cuma pacar yang tukang ngambek itu doang. Jadi daripada beli yang baru terus, mending mulai peduli rawat earphone kamu dari sekarang. Dengerin Isyana Sarasvati nyanyi di kuping seharian juga jadi nggak masalah..

Photo Credit: lifehacker.com

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza