5 Cara Hemat Listrik AC Tanpa Kepanasan

Sering kepanasan tapi takut boros listrik? Bisa kok hemat listrik AC meski kamu pasang AC. Ikutin tips berikut ini deh.

Sadarkah kamu kalau belakangan ini cuaca sangat panas? Maklum, saat ini merupakan musim pancaroba menjelang musim hujan. Agar tidak kepanasan, penggunaan AC di rumah pun seakan menjadi suatu keharusan.

Namun, yang menjadi masalah adalah bagaimana berhemat ketika kamu harus menggunakan AC agar tidak kepanasan. Apalagi, sekitar 40-60 persen tagihan listrik biasanya berasal dari penyejuk ruangan. Berikut tips menggunakan AC secara hemat

1. Pastikan Jendela dan Pintu Tertutup Rapat

A post shared by Ameline Lieb (@ameuhlieb) on

Jendela yang terbuka bisa membuat udara dari AC keluar. Udara dingin dari AC pun bakal keluar dari lubang-lubang jendela. Akibatnya, AC bakal bekerja lebih keras lagi sehingga menyedot listrik.

2. Pasang Thermostat yang Bisa Diprogram

A post shared by Andru Edwards (@andru) on

Thermostat yang bisa diprogram dapat menghemat listrik karena mengatur temperatur saat kamu pergi atau tidur. Kamu bisa memprogramnya sendiri bahkan ada yang bisa diprogram dengan aplikasi. Kamu bisa berhemat 10 persen dengan thermostat tersebut.

Baca juga: 7 Hal yang Dijamin Bakal Bikin Bad Hair Day Kamu Langsung Hilangs

3. Bersihkan Penyaring Udara di AC

A post shared by L’air Serein (@lairserein) on

Entah itu AC yang terpusat maupun AC di dinding, penyaring udara yang kotor bakal mengurangi efisiensi kerja AC. Kotornya penyaring udara berarti udara tidak akan dingin lantaran terhambat kotoran. Dianjurkan untuk membersihkan penyaring udara tiap bulan. Bahkan, kamu juga disarankan mengganti penyaring udara secara berkala.

4. Panggil Tukang Servis AC Secara Berkala

Memanggil tukang servis AC sangat penting untuk mengecek kondisi AC mu. Sebab, tukang AC bakal mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi pada AC-mu atau inefisiensi dalam kerja AC-mu. Disarankan untuk memanggil tukang AC tiap tahun untuk mengecek kondisi AC-mu.

5. Atur Suhu Mendekati Suhu Ruangan

A post shared by @cv.sjt_service on

Seringkali AC diatur dengan suhu 16 derajat. Padahal, akan sulit mencapai suhu ruangan 16 derajat di negara tropis seperti Indonesia. Walhasil, AC bakal bekerja keras untuk mencapai suhu 16 derajat. Karena itu, kamu disarankan mengatur suhu AC minimal 24 derajat.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuat harimu tetap dingin meski suhu di luar panas?

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza