5 Cara Biar Nggak Cuma Awal Bulan Aja Bisa Jajan Mewah

Jajan mewah nggak cuma di awal bulan bisa kok asal kamu benar saat kelola keuangan. Nggak susah caranya, ikutin tips ini deh.

Bisa jajan mewah karena isi dompet masih penuh di awal bulan ya wajar, namanya juga baru gajian kan. Pertanyaannya, gimana sih caranya biar nggak makin melarat seiring waktu menuju akhir bulan? Karena biasanya emang pas fase tanggal tua itulah kita udah mulai ngerasain kondisi finansial yang sulit untuk dihadapi.

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita emang mesti mengingat balik tentang kebiasaan kita mengeluarkan uang. Karena untuk tetap bisa menjaga kondisi keuangan sampai akhir bulan, mengatur dan merencanakan pengeluaran jadi kunci utamanya.

Jadi, daripada pas akhir bulan mesti ribet pinjem uang sama teman buat beli makan siang, cengar-cengir doang pas diajakin patungan karaoke, atau malah sampai jalan kaki dari kantor ke rumah, ada baiknya kamu ikutin 5 kiat berikut ini.

Catat dan rencanakan pengeluaran

via GIPHY

Hal ini sebetulnya nggak sulit untuk dilakukan, seringkali yang bikin berat adalah konsistensi atau disiplin kamu dalam mencatat pendapatan dan pengeluaran. Tapi, kalau niat kamu untuk punya napas panjang sampai akhir bulan, mencatat dan merencanakan ini wajib kamu paksakan sampai akhirnya terbiasa.

Bikin daftar belanja keperluan kamu dalam sebulan. Perkirakan barang apa saja yang akan kamu beli dalam satu bulan ke depan. Pertimbangkan agar kamu benar-benar hanya membeli hal-hal yang kamu butuhkan. Jika hal ini tidak kamu lakukan, besar banget kemungkinan kamu bakalan boros, lalu membeli barang-barang yang nggak masuk pertimbangan kebutuhan kamu sehari-hari.

Selama menjalankannya, jangan terpengaruh untuk membeli apa pun di luar daftar belanja dan perencanaan tadi, walaupun mungkin nilainya tidak terlalu mahal. Terkait hal itu, jangan salah, karena justru yang kecil-kecil potensial banget bikin pengeluaran kamu membengkak dengan cepat.

Baca juga: Belum Gajian Tapi Kudu Belanja, Cuma Boleh Beli 5 Barang Ini

Menyisihkan uang di awal bulan

via GIPHY

Selain membuat perencanaan pengeluaran setelah menerima pendapatan bulanan, penting banget juga buat kamu langsung menyisihkan sebagian uang untuk tabungan dan jatah jajan di tanggal tua. Kenapa? Karena kalau nggak kamu sisihkan di awal, bisa-bisa nggak ada sisanya lagi di akhir bulan.

Seberapa banyak yang mesti disisihkan? Kamu bisa mulai, misalnya dengan memisahkan 25 persen dari penghasilkan kamu untuk langsung masuk ke tabungan. Sebut saja, misalnya Rp100 ribu, maka pisahkan Rp25 ribu, dan gunakan sisanya ke dalam perencanaan keuangan kamu di poin sebelunya.

Catat rencana pengeluaran secara rinci, seperti uang makan dan transportasi bulanan, membayar kamar kos, bayar listrik, dari sisa pendapatan tadi, Rp75 ribu. Tips lain adalah menyisihkan 10 persen untuk tidak untuk kebutuhan kamu mendadak di akhir bulan.

Walaupun tampak seperti solusi sementara yang ideal, hindari ngutang!

via GIPHY

Duh, pokoknya kalau nggak kepepet banget, sangat dianjurkan untuk nggak mengutang, apa pun bentuknya; entah pinjam uang dulu dari teman, atau kartu kredit. Fokus aja hidup sehari-hari dengan pengeluaran yang udah direncanain.

Selain itu, kalaupun kamu emang benar-benar perlu membeli sesuatu di luar dari perencanaan sebelumnya, dan terpaksa mesti berutang, pastikan barang itu memang hal yang tingkat urgensinya tinggi; seperti buku pelajaran yang bakal menunjang pembelajaran.

Dan setelah membeli dengan cara berhutang, jangan lupa untuk menyiapkan lagi perencanaan untuk membayar cicilan hutang tadi, segera. Jangan sampai kamu cuma pinjam uang aja sana-sini, tapi nggak ada usaha untuk mengembalikannya.

Menghemat uang makan

via GIPHY

Salah satu biaya paling besar yang biasanya kita keluarkan tiap bulan adalah untuk makan. Apalagi kalau emang kamu suka makan, dan di tempat yang hits dengan harga lumayan bikin dompet cepet tipis pula; dijamin kamu bakalan lebih cepat kehabisan uang dalam sebulan.

Kamu bisa mengatasinya dengan memisahkan antara kebutuhan makan pokok dengan makan hore-hore. Makan pokok itu ya secukupnya, asal kebutuhan dasar gizi kamu terpenuhi; untuk itu kamu bisa mendapatkannya di tempat yang relatif murah, atau bahkan membawa bekal dari rumah.

Sementara makan hore-hore adalah membeli makanan yang kamu suka, lagi pingin banget kamu cobain, atau makan sambil hangout bareng teman-teman. Buat makan hore-hore, atur agar kamu cuma melakukannya 1-2 kali cukup. Dengan begitu, peluang kamu untuk tetap punya pegangan uang sampai akhir bulan bakal makin aman.

Baca juga: Mau Jalani Karier di Pekerjaan Impian, Rintis dengan Cara Ini

Cari pendapatan tambahan

via GIPHY

 

Biar lebih pasti lagi memiliki keadaan finansial aman dari awal sampai akhir bulan, kamu bisa mengusahakan pendapatan tambahan; entah itu jadi pemain gitar di band cafe, atau jualan aksesori motor di Instagram. Kegiatan-kegiatan tambahan itu bisa kamu atur untuk dijalanin pada Sabtu atau Minggu, sehingga nggak mengganggu aktivitas utama kamu sehari-hari.

Lalu, jika nanti sudah menerima penghasilan dari pekerjaan tambahan ini, tetap pilah penghasilan yang didapatkan seperti yang kamu biasa lakukan untuk pendapatan rutin tiap bulan. Jangan semua langsung dihabiskan juga. Tetap pisahkan sebagian untuk ditabung atau dana darurat jika suatu saat kamu akan membutuhkan.

Demikian sederet tips buat kita yang ingin tetap memiliki kondisi finansial yang sehat, dari awal sampai akhir bulan, pokoknya nggak bikin kamu meringis.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza