5 Cara Ampuh Mencegah Pencurian Di Kamar Hotel

Jangan kira koper kamu udah aman begitu nyampe kamar hotel. Baca ini biar liburan kamu nggak berantakan karena kehilangan barang.

Nggak selamanya kamar hotel kamu aman. Di saat kamu ngerasa barang-barang kamu udah aman begitu nyampe di kamar hotel, kadang di situlah kamu mengalami kehilangan. Kadang ada aja tangan jahil yang bisa bikin rencana liburan kamu berantakan. Lebih parah lagi kalau kamu baru sadar udah kehilangan barang begitu sampai di rumah. Untuk menghindari itu terjadi, berikut 5 cara mengamankan bawaan kamu di hotel.

BACA JUGA: Hotel yang Desainnya Keren Tapi di Bawah Harga 400 Ribu

Bawa selalu kunci kamar kamu

A photo posted by @b_sides_photography on


Terutama kalau kamu nginep di hostel atau hotel-hotel kecil yang masih pakai kunci. Di belakang meja resepsionis hotel lama atau hostel, sering terdapat rak kunci dengan nomor-nomor kamar. Ini artinya, kamar mana saja yang sedang kosong atau ditinggal penghuninya terekspos jelas dan bisa jadi kesempatan buat maling. Lebih baik kamu bawa kuncinya tiap kali mau ninggalin hotel. Satu lagi, kamar yang masih memakai kunci untuk membuka pintu, bukan kartu, berisiko digandakan kuncinya. Ada kemungkinan orang jahat lebih dulu check in dan menggandakan kunci kamar yang sekarang kamu tempati itu. Jadi, kamu harus lebih waspada.

Selalu kunci koper kamu walau di dalam kamar


Ninggalin koper dalam keadaan terbuka atau nggak dikunci bisa jadi mengundang tangan jail buat ngambil barang-barang berharga kamu. Jadi, selalu masukkan barang-barang berharga kamu ke dalam koper atau backpack dan kunci dengan gembok yang punya keamanan dari TSA. Pikirin juga untuk mengaitkan koper atau backpack kamu ke kaki meja atau kursi agar nggak ada orang yang bisa membawanya keluar kamar. Untuk itu kamu perlu cable lock atau gembok kabel.

Buat suasana seperti ada orang

A photo posted by Helen (@luxuryglaminterior) on


Walau penting buat kamu menghemat energi, tapi kamu perlu satu benda elektronik untuk menjaga kamar kamu biar nggak ada yang masuk saat kamu keluar. Ingat, kamu nggak berada di rumah sendiri. Jadi, nyalain lampu, radio atau televisi. Kalau kamar kamu makai kontak listrik dari kartu, gantilah dengan kartu lain yang tebalnya sama dan nggak kamu pakai. Tapi jangan pakai kartu kredit atau KTP, apalagi kartu ATM, karena kedua kartu itu bisa digunakan untuk hal-hal yang merugikan kamu jika berada di tangan orang jahat. Dengan nyala lampu dan suara TV atau radio, biarin orang lain menganggap di dalam kamarmu ada orangnya.

Selalu manfaatin brankas


Kalau kamu nginap di hotel bintang tiga ke atas, kamar kamu selalu dilengkapi dengan safe deposit box atau brankas. Bahkan hotel-hotel murah pun sekarang udah banyak yang ngasih fasilitas brankas di kamar. Jangan sia-siakan ini. Manfaatin buat nyimpen paspor, ipad, kamera, sisa uang perjalanan dan hal-hal berharga lain yang kamu bawa berlibur. Kebanyakan orang males makai brankas karena nggak tau caranya. Memang tiap brankas punya cara yang berbeda-beda buat makainya. Tapi, hotel selalu ngasih petunjuk di tiap brankas mereka. Kalau nggak ngerti juga, minta bantuan room service buat ngasih kursus singkat. Jangan sampe kamu nggak sengaja ngunci brankas dengan semua duit kamu di dalam tapi nggak tau cara bukanya.

Hindarin minta bantuan cleaning service


Bagaimanapun juga, mereka manusia. Ada sisi lain yang kamu nggak bakal bisa tebak. Jadi, lebih baik kamu nggak minta bantuan cleaning service buat bersihin kamar kamu kalau nggak kotor-kotor amat. Maka itu, jaga supaya kamar kamu nggak terlalu berantakan. Gantungkan tulisan “Do Not Disturb” di pintu sebagai penanda kalau kamu nggak pengen diganggu atau kamar kamu jangan diutak-atik.

BACA JUGA: Hindari 5 Masalah Yang Bikin Bete Ini Saat Liburan

Jadi, mulailah waspada dengan barang bawaan kamu selama liburan. Hal-hal kecil bisa nyelametin liburan kamu dan kamu nggak bakal dibikin ribet sama manager hotel yang sibuk ngebelain nama baik hotel.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza